Wisata Baru Pantai Bidara dengan Suasana Berbeda

 

Wisata Baru Pantai Bidara dengan Suasana Berbeda

Di kabupaten kulon Progo, terdapat objek wisata baru yang bernama pantai Bidara. Objek wisata ini lokasinya berada di kelurahan Bugel, kecamatan panjatan, kulon Progo, Yogyakarta. Pantai Bidara lokasinya sangat dekat dengan pantai Bugel yang cukup populer di kulon Progo.

Banyak dari masyarakat Kulonprogo terutama yang lokasinya cukup jauh dari pantai ini, belum terlalu familiar dengan nama pantai Bidara. Popularitas dari pantai ini memang belum tersebar secara luas karena baru dibuka sejak tahun 2021.

Pantai Bidara merupakan salah satu tempat wisata budaya dan menjadi tempat edukasi maritim. Lokasinya berada di dataran rendah dan tidak terlalu jauh dari pusat kota Kulonprogo atau Wates.



 Daya Tarik Pantai Bidara

Sebagai objek wisata baru, pemerintah setempat berusaha untuk mempromosikan pantai ini agar semakin dikenal luas. Objek wisata ini tidak jauh dari pantai Bugel karena jaraknya hanya sekitar 200 meter saja. Setiap pengunjung yang datang biasanya menyempatkan diri juga untuk mampir ke pantai Bugel.

Terdapat Aktivitas Nelayan

Pantai bugel dan pantai Bidara merupakan pantai yang sering digunakan oleh para nelayan untuk memarkirkan perahu. Di sana Anda juga bisa melihat pemandangan pantai yang luas dan indah.

Setiap pengunjung, selain bisa melihat aktivitas nelayan juga bisa berkunjung ke pelelangan ikan. Konsep dari pantai Bidara ini adalah sebagai edukasi maritim kepada masyarakat.

Jadi pengunjung bukan hanya bisa menikmati keindahan pantai, namun sekaligus belajar tentang kelautan.



Terdapat Banyak Pohon Bidara

Nama Bidara berasal dari banyaknya tanaman Bidara yang ada di sekitar pantai tersebut. Masyarakat banyak mempercayai jika tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan. Dari sinilah muncul ide untuk memberi nama pantai ini sebagai pantai Bidara.

Terdapat Gapura Jingking

Setiap wisatawan yang akan memasuki ke objek wisata ini nantinya akan menemukan gapura unik berbentuk gapura jingking. Gapura ini memang menjadi ikon dari pantai Bidara. Jingking merupakan salah satu hewan ketam yang hidup di pantai Selatan.

Bahkan jika Anda berkunjung ke pantai ini,  juga akan menemukan banyak hewan jingking di sekitar pantai. Masyarakat sekitar biasanya mengolah jingking untuk dijadikan sebagai bahan makanan. Anda juga bisa membeli oleh-oleh rempeyek jingking sebagai salah satu jajanan khas pantai Selatan Yogyakarta.



Belajar Proses Pembuatan Garam

Kegiatan seru lain yang juga bisa dilakukan oleh pengunjung adalah belajar tentang pembuatan garam. Pantai ini memang merupakan wisata maritim untuk mengedukasi masyarakat.

Anda bisa melihat bagaimana proses pembuatan garam menggunakan sistem tunnel. Proses pembuatan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berkualitas dan tetap menjaga lingkungan.

Selain itu, di sana juga bisa belajar tentang pelestarian lingkungan dengan rumah konservasi tukik. Program ini menjadi salah satu visi misi gubernur Yogyakarta. Gubernur memiliki visi "Among Tani Dagang Layar" yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat di sekitar kulon Progo dengan pembangunan kemaritiman.

Objek wisata ini masih terus dikembangkan agar target untuk menjadikan pantai ini sebagai objek wisata unggulan kulon Progo bisa segera terwujud. Pantai ini nantinya akan menjadi tempat menarik untuk belajar pembuatan garam dan konservasi Tukik.

Berwisata ke kulon Progo memang tidak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang ada di sana. Jika Anda ingin mencoba berkunjung ke pantai selain pantai Bidara, maka bisa mengunjungi pantai Glagah, Bugel atau bahkan ke panti Congot Kulonprogo. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN
via TOKOPEDIA kami