Keseruan Liburan ke Sungai Oyo Gunung Kidul Yogyakarta

 

Keseruan Liburan ke Sungai Oyo Gunung Kidul Yogyakarta

Sungai Oya menjadi salah satu sungai yang sangat populer di Yogyakarta. Aliran sungai ini menyimpan banyak keindahan salah satunya yaitu yang berada di Gunung Kidul. Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan di Jogja, maka bisa memilih Sungai Oyo Gunung Kidul sebagai salah satu destinasi wisata.

Objek wisata ini menawarkan banyak sekali keindahan sehingga akan membuat setiap pengunjung merasa puas berlibur di Jogja. Perlu untuk Anda ketahui bahwa Sungai Oya ini memiliki aliran yang panjang dan membelah bukit kapur. Pada aliran Sungai Oyo Gunung Kidul terdapat perubahan temperatur yang berbeda karena memang melalui jalur berkapur dan terpengaruh erosi batu karst.



Kegiatan di Sungai Oyo Gunung Kidul

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika Anda memilih berlibur di Sungai Oya gunung Kidul. Beberapa kegiatan seru tersebut diantaranya:

1. Susur Sungai

Kegiatan seru pertama yang bisa dilakukan oleh setiap pengunjung adalah melakukan susur sungai. Di Gunung Kidul, Anda bisa melakukan kegiatan ini dipandu oleh pemandu yang profesional.

Kebanyakan wisatawan yang mampir ke Sungai Oya adalah mereka yang sudah mampir ke goa Pindul. Lokasi dari objek wisata ini memang dekat dengan Goa yaitu hanya sekitar 1 km.



2. Menikmati PemAndangan Alam Sambil Mancing Rafting

Ketika mengunjungi objek wisata ini juga bisa melihat pemandangan alam terbuka sembari melakukan susur sungai. Bisa dikatakan konsep dari wisata ini seperti goa Pindul. Akan tetapi, pemandangan di Sungai Oya lebih terbuka.

Bnyak dari wisatawan yang justru tertarik berwisata ke sungai Oyo di saat musim hujan. Hal ini karena debit air sungai lebih besar sehingga sensasi rafting juga semakin menantang.

Jika ternyata debit air tidak memenuhi syarat rafting, atau airnya masih terlalu tenang maka wisatawan bisa tetap melakukan tubing menggunakan ban tubing seperti ketika berlibur di goa Pindul.

Kecepatan arus di saat musim hujan juga lebih besar dibandingkan musim kemarau. Anda bisa menikmati rafting dengan jarak lebih panjang yaitu sampai 4 kali lipat daripada panjang sungai untuk rafting saat kemarau.

3. Tubing Santai

Kegiatan lain yaitu bisa melakukan tubing santai di aliran sungai Oya yang lebih tenang. Kegiatan ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai kegiatan ekstrem seperti rafting. Pemandu akan mengukur dan memastikan debit air tetap aman.



4. Berfoto

Jika Anda mengunjungi objek wisata ini tentu akan merasa kagum dengan keindahan sungai Oya dengan air yang jernih. Setiap wisatawan bisa mengambil gambar di banyak spot foto yang ada di sungai oyo.

Semakin bagus kemampuan Anda untuk memilih spot terbaik, hasil foto yang didapatkan juga akan semakin menarik. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan dengan berbagai usia. Namun jika Anda berlibur bersama dengan anak-anak, pastikan untuk selalu mengawasi mereka.

5. Mandi di Air Terjun

 Di Sungai Oyo Gunung Kidul juga terdapat air terjun yang sangat indah. Di sana Anda bisa mandi di bawah air terjun karena airnya sangat jernih terutama saat musim kemarau. Ketinggian air terjun ini bisa mencapai 9 meter. Jika Anda cukup berani, maka bisa mencoba melompat dari atas tebing.

Mandi di bawah air terjun akan menambah pengalaman liburan Anda selama di Jogja. Bagi yang tidak mahir berenang, Anda bisa menyewa jaket pelampung. Kedalaman sungai di bawah air terjun adalah sekitar setengah sampai 12 meter sehingga Anda harus berhati-hati.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata Sungai Oyo Gunung Kidul maka bisa langsung datang ke sana. Lokasi objek wisata ini berada di Gelaran II, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta.Jika bingung, manfaatkan Google maps agar mudah menemukan lokasinya.

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN

TRANSAKSI PAKET WISATA AMAN
via TOKOPEDIA kami