Indahnya PemAndangan Alam dari Puncak Gunung Ijo

 

Indahnya PemAndangan Alam dari Puncak Gunung Ijo

Keindahan alam kulon Progo sudah sangat populer di tengah masyarakat Jogja. Di kabupaten ini, Anda akan menemukan banyak objek wisata alam termasuk Gunung Ijo. Objek wisata ini merupakan wisata baru dengan konsep pemandangan alam yang indah khas pegunungan menoreh.

Objek wisata ini lokasinya berada di perbatasan antara kabupaten kulon Progo, Magelang, Jawa tengah, dan Purworejo. Ketika Anda naik ke puncak Gunung Ijo, nantinya bisa melihat pemandangan pegunungan yang indah dari berbagai wilayah seperti Magelang hingga Purworejo.



Masyarakat sekitar sering menganggap bahwa pegunungan menoreh menjadi tempat pangeran Gunadarma untuk merancang candi Borobudur. Kepercayaan masyarakat juga menyebutkan bahwa pangeran tersebut tidur di dekat candi Borobudur hingga berwujud hamparan pegunungan menoreh.

Jika diamati dari atas ketinggian memang terlihat jika pegunungan ini mirip seperti orang yang berbaring lengkap dengan mahkotanya. Pegunungan ini melintasi kabupaten Kulonprogo dan berbagai wilayah di sekitarnya.

Untuk bisa sampai ke objek wisata Gunung Ijo, Anda bisa menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Jogjakarta. Objek wisata ini berada di desa hargotirto, kokap, kulon Progo, Yogyakarta.

Keindahan Gunung Ijo

Objek wisata ini memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan penasaran untuk berkunjung ke sana. Lokasinya yang berada di atas ketinggian membuat setiap wisatawan bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya.



1.      Menikmati Sunset dan Sunrise

Beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan ketika berada di puncak adalah melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam. Untuk bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset, tentunya Anda harus datang di waktu yang tepat.

Anda bisa datang di pagi hari sebelum matahari terbit dan di sore hari sebelum matahari terbenam. Saat cuaca cerah pemandangan matahari terbit dan terbenam akan terlihat sangat indah. Bahkan Anda juga bisa menikmati pemandangan pegunungan menoreh yang tertutup kabut terutama saat udara sedang dingin.

2.      Mendaki

Kegiatan yang juga tidak kalah seru ketika mengunjungi objek wisata ini adalah mendaki ke puncak Gunung Ijo. Pendakian bisa dilakukan dengan melalui beberapa pilihan rute. Namun hampir semua rute tersebut memiliki jalur yang ekstrem.

Bagi para wisatawan yang senang mendaki, tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Sebelum memutuskan untuk mendaki puncak, Anda harus mempersiapkan berbagai macam perlengkapan. Hal ini agar perjalanan mendaki ke puncak Gunung Ijo tetap nyaman dan selamat.



3.      Mampir ke Waduk Sermo

Lokasi Gunung Ijo ini satu jalur dengan waduk sermo. Jadi, ketika Anda ingin naik ke puncak sebaiknya mampir ke Waduk Sermo yang memiliki pemandangan mengagumkan.

Waduk Sermo menjadi waduk kebanggaan masyarakat kulon Progo. Anda bisa menikmati pemandangan Waduk Sermo yang sangat luas. Bahkan di sana ada banyak spot foto menarik dan wahana yang bisa dinikmati. Hal ini tentu akan membuat pengalaman Anda berlibur di kulon Progo Yogyakarta semakin tak terlupakan.

4.      Melihat Pemandangan Gunung

Ketika Anda berada di puncak gunung nantinya bisa melihat pemandangan pegunungan menoreh, bahkan berbagai macam gunung besar yang ada di sekitarnya. Pemandangan gunung Merapi, gunung sumbing, gunung Sindoro dan bahkan pantai di kulon Progo juga terlihat dari atas puncak Gunung Ijo.

Ketinggian puncak gunung ini adalah sekitar 675 m di atas permukaan laut. Anda tentu tidak akan melewatkan kesempatan berfoto dari atas ketinggian.

Untuk menikmati keindahan objek wisata Gunung Ijo ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 saja. Sekarang Anda bisa segera merencanakan liburan ke objek wisata ini, dan nikmati keseruan liburan bersama teman di sana.