Gunung Kendil, Wisata dengan View Pegunungan di Kulonprogo

 

Gunung Kendil, Wisata dengan View Pegunungan di Kulonprogo

Kabupaten kulon Progo Yogyakarta menyediakan banyak objek wisata baru dengan suasana yang berbeda-beda. Salah satu yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah objek wisata Gunung Kendil. Kabupaten ini memang dikenal memiliki perbukitan yang indah dengan suasana yang sejuk.

Keindahan alam yang dimiliki oleh objek wisata ini membuat banyak wisatawan dari berbagai daerah tertarik untuk berkunjung. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat yang sejuk dan asri.



Daya Tarik Gunung Kendil

Sebagai objek wisata baru, Gunung Kendil memiliki pesona yang tidak kalah dengan wisata lainnya. Wisata ini menjadi salah satu objek wisata yang ada di perbukitan menoreh bagian utara.

Bisa dikatakan jika objek wisata ini menawarkan pemandangan kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Puncak gunung kendil termasuk sebagai salah satu yang tertinggi dari banyaknya perbukitan menoreh kulon Progo. Ketinggian gunung kendil mencapai 1019 mdpl.



1.       Pemandangan Gunung

Jika Anda naik ke gunung kendil, nantinya bisa melihat pemandangan 360°. Jadi hampir semua arah dari puncak ini terlihat begitu indah. Anda bisa melihat pemandangan gunung sumbing, kota Magelang, kota Yogyakarta dan lain sebagainya.

Paling menarik Apabila Anda datang di saat cuaca sedang sangat cerah. Pemandangan gunung sumbing akan terlihat begitu jelas. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan gunung merapi dan Merbabu dari ketinggian.

2.      Sunset dan sunrise

Banyak juga wisatawan yang memutuskan datang di pagi hari atau sore hari menjelang petang. Dari atas perbukitan ini, Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam dengan sangat jelas. Bisa Anda bayangkan sendiri betapa pemandangan ini begitu memukau.

Lokasi dari Gunung Kendil berada di atas perbukitan hijau. Hal ini membuat suasananya selalu terasa sejuk meskipun di siang hari. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari pagi dan sore sembari menikmati bekal makanan yang dibawa.

3.      Foto Instagramable

Siapapun yang mengunjungi Gunung Kendil, tentu saja tidak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto. Bahkan banyak juga yang sudah sengaja menyiapkan drone agar bisa mendapatkan hasil foto terbaik. Anda bisa berfoto dari atas puncak ini dengan background pemandangan yang indah.

Selanjutnya Anda bisa mengedit foto agar semakin terlihat estetik. Hasil foto tersebut bisa di posting di sosial media seperti Instagram, Facebook, atau yang lainnya.



Lokasi Wisata Gunung Kendil

Objek wisata ini lokasinya berada di dusun Nglambur, Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jika anda ingin berangkat dari kota Jogjakarta, perjalanan yang harus ditempuh adalah kurang lebih 33 km dengan waktu perjalanan 90 menit.

Setelah sampai di atas puncak gunung kendil,  Anda  melihat keindahan kota Jogja dan Magelang yang terlihat kecil. Pemandangan dari semua sisi akan terlihat jelas, karena gunung ini termasuk puncak yang tertinggi di kulon Progo.

Pemandangan perbukitan menoreh yang begitu hijau, akan membantu merelaksasi pikiran. Dari atas puncak, Anda juga bisa melihat objek wisata lain seperti puncak Suroloyo yang cukup terkenal di kulon Progo.

Setiap pengunjung akan merasa betah berlama-lama berada di atas puncak gunung. Di sana Anda bisa bersantai sembari menikmati berbagai macam perbekalan makanan minuman. Liburan juga akan semakin seru jika bersama dengan teman-teman.

Di waktu sore hari, keindahan matahari terbenam juga bisa anda nikmati. Pemandangan ini tentu tidak akan membuat liburan Anda terkesan biasa saja. Justru banyak dari wisatawan yang memang menantikan momen matahari terbenam dari atas puncak.

Objek wisata Gunung Kendil, sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba mendaki akan tetapi tidak ingin terlalu lelah. Ketinggian puncak yang tidak terlalu tinggi seperti gunung-gunung besar lainnya, membuat pengunjung tetap bisa menikmati perjalanan dan mendapatkan pemandangan terbaik.