Wisata Embung Kledung yang Cocok untuk Refreshing

 

Wisata Embung Kledung yang Cocok untuk Refreshing

Objek wisata di Jawa tengah sangatlah banyak. Banyak dari wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta namun sekaligus merencanakan liburan di Jawa tengah. Salah satu objek wisata yang bisa anda kunjungi dan lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Jogja adalah Embung Kledung Temanggung.

Objek wisata embung banyak digemari oleh masyarakat karena bukan hanya menyuguhkan pemandangan danau buatan yang indah. Disana juga biasanya juga dikelilingi dengan pegunungan yang sejuk. Jika anda ingin menikmati suasana pegunungan di tempat yang nyaman, maka bisa mengagendakan untuk berkunjung ke Embung Kledung Temanggung.



Daya Tarik Embung Kledung Temanggung

Objek wisata ini sudah cukup populer di tengah masyarakat Temanggung. Biasanya wisata ini banyak dikunjungi saat akhir pekan. Daya tarik utama yang membuat embung Kledung sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata adalah keindahan alam yang mengagumkan.

Sebenarnya embung Kledung dibangun sebagai tempat penampungan air hujan. Air tersebut nantinya digunakan sebagai cadangan air untuk perkebunan yang ada di sekitar embung tersebut.

Pembangunan embung berada di lokasi yang memiliki pemandangan indah. Sehingga tidak heran tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Semakin lama, popularitas embung juga semakin meningkat sehingga bukan hanya wisatawan dari Temanggung saja yang berkunjung.

Ketika anda berkunjung ke embung, nantinya bisa melihat pemandangan gunung sumbing dan gunung Sindoro. Di sekitar embung terdapat perkebunan penduduk yang membuat suasana semakin sejuk dan asri.



Rute ke Embung Kledung

Embung Kledung berlokasi di Parakan, Wonosobo, Tlahap, Kledung, Temanggung. Untuk sampai ke sana, Anda bisa melalui jalan raya jalur Magelang Wonosobo. Setelah sampai di perbatasan Wonosobo- Temanggung maka Anda akan menemukan pom bensin. Di dekat pom bensin tersebut terdapat kuburan dengan jalan setapak.

Anda bisa ambil jalan setapak yang berada di kanan jalan dan ikuti jalan tersebut maka akan sampai ke Embung Kledung Temanggung. Jalan untuk menuju ke embung ini adalah jalan setapak yang berbatu. Jadi, harap berhati-hati saat berjalan.

Jarak embung dengan gang adalah sekitar 500 m. Anda bisa menikmati perjalanan ketika berjalan kaki menuju ke embung. Pemandangan perkebunan serta udara yang masih sangat sejuk akan membuat Anda tetap bersemangat untuk sampai ke embung.

Harga Tiket

Untuk bisa menikmati keindahan yang dimiliki oleh embung Kledung, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan harga tiket. Tiket masuk ke objek wisata ini hanya sebesar Rp2.000 saja. Selain itu ada tambahan Rp2.000 untuk biaya parkir.



Sunset dan Sunrise Embung Kledung

Daya tarik lain yang membuat objek wisata ini cukup menarik adalah pemandangan sunset dan sunrise nya. Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit dan juga terbenam dari atas ketinggian.

Untuk menikmati pemandangan tersebut, Anda bisa datang di pagi hari sebelum matahari terbit atau di sore hari sebelum matahari terbenam. Anda akan merasa terkagum dengan pemandangan yang ada di objek wisata Embung Kledung Temanggung.

Objek wisata ini buka setiap hari dan tidak ada jam buka. Anda bisa datang saat matahari masih belum terbit agar bisa mendapatkan sunrise yang indah. Ketika Anda berkunjung ke sana, nantinya juga bisa mampir ke objek wisata lain yang lokasinya dekat dengan embung Kledung seperti Posong Temanggung.

Jika Anda berencana untuk liburan ke Jogja dan Jawa tengah, maka bisa menjadikan Embung Kledung Temanggung sebagai salah satu destinasi wisata anda.