Pantai Ngetun Gunung Kidul yang Kaya Keindahan

 

Pantai Ngetun Gunung Kidul yang Kaya Keindahan

Pantai yang ada di Gunung Kidul terkenal akan keindahannya di kalangan wisatawan lokal bahkan luar daerah. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Salah satu pilihan pantai yang sangat layak dikunjungi ketika berada di Jogja adalah Pantai Ngetun.

Objek wisata ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Anda akan puas ketika berkunjung ke pantai ini. Hal ini karena di sana bisa melihat hamparan laut luas yang masih bersih dengan pasir putih.



Harga Tiket Pantai Ngetun

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, harga tiket masuk yang dibayarkan sangat murah yaitu hanya biaya parkir kendaraan saja. Untuk motor dikenakan tarif Rp3.000 sedangkan mobil dikenakan tarif Rp5.000.

Lokasi Pantai Ngetun

Lokasi dari wisata Pantai Ngetun yaitu di Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai ke sana, Anda bisa melalui jalan Wonosari lalu ke arah pantai Baron.

Selanjutnya menuju ke pertigaan mulo dan lanjutkan ke kecamatan Tepus. Berikutnya Anda bisa melakukan perjalanan melalui pantai pulang Syawal Indrayanti, lalu pok tunggal, lalu pantai seruni, dan barulah akan sampai ke Pantai Ngetun ini.



Daya Tarik Pantai Ngetun

Mengunjungi Pantai Ngetun bisa memberikan pengalaman baru yang seru. Ada banyak sekali hal menarik yang bisa dinikmati ketika berada di pantai yang satu ini antara lain:

1. Laut Luas yang Bersih

Di sana setiap pengunjung bisa melihat pemandangan hamparan laut biru yang luas dan masih sangat terjaga. Pantai ini masih sepi pengunjung sehingga jarang ditemukan sampah.

Saat langit sedang cerah, air juga terlihat semakin jernih. Pasir di pantai ini juga berwarna putih sehingga membuat gradasi antara laut dan pantai semakin terlihat jelas.

2. Bukit yang Indah

Pantai Ngetun memiliki panjang pantai yang kecil akan tetapi di sana terdapat dua bukit indah yang mengapit pantai tersebut. Bukit yang ada di pantai ini sangat hijau dan biasanya dijadikan tempat untuk memancing masyarakat sekitar.

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, maka bisa sekaligus membawa alat pancing. Biasanya di sekitar batu karang terdapat banyak ikan dan juga lobster.

3. Sunrise dan Sunset

Hal menarik lain yang juga bisa ditemukan di pantai ini adalah pemandangan sunrise dan sunset yang mengagumkan. Objek wisata ini buka selama 24 jam, sehingga Anda bisa datang di pagi hari sampai malam hari.

Banyak dari wisatawan yang senang untuk melihat sunset dari pantai ini. Pantulan warna jingga langit di atas air membuat suasana terasa begitu romantis di sore hari.



4. Tempat Camping yang Asik

Keindahan dan juga keaslian pantai ngetun, membuat objek wisata ini juga cocok untuk camping. Anda bisa mendirikan tenda di pikiran pantai.

Ketika berkunjung ke pantai ini, diharapkan agar setiap pengunjung menjaga kebersihan pantai. Jangan sampai sampah dari makanan atau minuman yang dibawa dibuang sembarangan.

5. Melihat Penyu

Daya tarik lain dari pantai ngetun adalah di sana termasuk tempat penyu tinggal dan bertelur. Jika beruntung Anda bisa menemukan penyu yang sedang berenang atau sedang mengubur telurnya di pantai. Ketika berenang di dekat pantai ini, Anda juga bisa melihat pemandangan bawah air yang indah.

Banyak biota laut yang bisa ditemukan seperti ubur-ubur, ikan, bintang laut dan lain sebagainya. Seringkali pengunjung menemukan penyu yang sedang bertelur di pinggir pantai. Hal ini tentu akan menambah pengalaman Anda ketika berlibur di Gunung Kidul.

6. Naik ke Bukit

Ketika berada di pantai ini, biasanya pengunjung juga naik ke atas bukit yang bernama watu gentong dan watu bangku. Dari atas bukit tersebut, Anda bisa melihat pemandangan laut dari spot terbaik.

Fasilitas di Pantai Ngetun

Meskipun pantai ini belum terlalu ramai akan tetapi fasilitasnya sudah cukup lengkap seperti adanya tempat parkir, tempat sampah, toilet mushola dan bahkan ada warung di pinggir pantai.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Ngetun gunung kidul yang bisa menjadi destinasi liburan selama di Yogyakarta.