Museum OHD, Museum Gratis yang Mengagumkan

 

Museum OHD, Museum Gratis yang Mengagumkan

Banyak dari wisatawan yang senang berkunjung ke museum karena di sana bukan hanya bisa melihat sesuatu yang unik namun juga sekaligus belajar. Jika Anda termasuk orang yang senang berkunjung ke museum, ada satu museum gratis yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Magelang yaitu museum OHD.

Benar sekali jika museum OHD atau museum Oei Hong Djien ini bisa dikunjungi oleh masyarakat umum secara gratis. Museum ini merupakan milik dari seorang kolektor seni rupa yang cukup terkenal di kota Magelang yang bernama Oei Hong Djien.

Seniman ini memamerkan dan membagikan koleksinya untuk bisa dilihat masyarakat publik secara gratis. Lokasi dari museum ohd berada di Jl P Diponegoro No 74, Magelang. Tidak sulit untuk menemukan museum ini apalagi sekarang Anda bisa memanfaatkan Google maps.



Daya Tarik Museum OHD

Jika berkunjung ke Museum OHD, Anda bisa langsung menikmati berbagai macam karya seni mengagumkan dari seorang Oei Hong Djien. Anda akan sangat terpesona dengan banyaknya karya seni yang ada di dalam Museum tersebut.

Kebanyakan hasil karya yang dipajang di museum ini adalah lukisan berwarna-warni. Ada sekitar 1500 karya seni yang ditampilkan di museum ini.

Salah satu lukisan yang sangat menarik adalah lukisan besar dengan ukuran 3 m * 2 m. Bahkan ada juga yang memiliki ukuran panjang hingga 6 m.



Meskipun seniman ini tidak sepopuler seperti seniman Affandi yang ada di Yogyakarta, akan tetapi karya-karyanya patut untuk dikagumi. Apalagi untuk bisa menikmati keindahan karya seni tersebut masyarakat tidak dikenakan tiket masuk.

Seniman ini ingin mengenalkan karya seni yang indah yang sebenarnya tidak kalah dengan karya seni rupa internasional. Diharapkan masyarakat bisa menyukai dan lebih tertarik dengan karya seni milik seniman lokal dibandingkan karya seni luar negeri.

Museum ini terdiri dari dua tempat yang masing-masing memiliki koleksi seni yang berbeda. Pada museum pertama terdapat karya seni dari seniman di masa sebelum kemerdekaan. Sedangkan pada museum kedua terdapat banyak koleksi seni rupa dari seniman modern.

Tentu saja dua lokasi tersebut menawarkan suasana yang berbeda karena koleksinya juga sangat berbeda. Museum ini memang terbagi menjadi dua tempat akan tetapi tetap dalam satu bangunan.

Sekat yang memisahkan antara museum 1 dan 2 adalah patung-patung unik yang berjajar rapi. Anda bukan hanya akan menemukan koleksi lukisan yang dibuat di atas kanvas. Namun banyak juga lukisan yang dibuat di berbagai macam media seperti boneka, bekas pesawat, kayu,  besi dan lain sebagainya.

Ciri khas dari seni rupa yang ada di museum ini adalah lukisan abstrak yang penuh warna. Bangunan museum ini memiliki luas sekitar 400 meter persegi yang di dalamnya dipenuhi dengan berbagai macam seni rupa yang indah.



Tiket masuk ke museum ini gratis dan siapapun boleh masuk untuk menikmati berbagai macam koleksi yang ada di dalamnya. Pemilik museum ini berharap agar masyarakat bisa semakin mengenal dan dekat dengan seniman Indonesia melalui karya-karya yang dipajang.

Meskipun museum ini dibuka secara umum dan gratis untuk masyarakat, setiap pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga ketertiban dan kebersihan.

Jika Anda berkunjung ke sini, harap untuk selalu berusaha menghargai karya seni dengan tidak membuat coretan atau merusaknya.

Berkunjung ke Museum OHD bisa memberikan Anda pengalaman liburan tak terlupakan. Apalagi museum ini dibuka untuk umum dan tidak memasang tarif masuk yang mahal. Jika Anda berkunjung ke Magelang, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi museum OHD Magelang.