Pantai Mbuluk Gunung Kidul


Pantai Mbuluk, Pantai Baru Nan Cantik di Gunungkidul

Salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta yaitu Gunung kidul memiliki pesona yang luar biasa. Kabupaten ini terkenal akan keindahan pantai-pantainya yang memiliki pasir putih. Beberapa pantai yang paling terkenal di Gunung Kidul antara lain seperti pantai Kukup, Krakal dan juga Baron. Saat ini ada pantai baru yang tidak kalah menarik yaitu Pantai Mbuluk.

Mengunjungi pantai baru bisa memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Seperti yang kita tahu memang di Wonogiri ada begitu banyak sekali pantai dengan pasir putih yang cantik. Pantai Mbuluk merupakan pantai baru yang saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh para wisatawan.

Meskipun saat ini sudah ada begitu banyak pantai yang ada di Gunung kidul, akan tetapi ternyata masih tersimpan banyak pantai baru. Pantai Mbuluk lokasinya memang cukup tersembunyi sehingga ramai dikunjungi oleh wisatawan baru-baru ini.

Pantai Mbuluk masih sangat baru dan belum banyak orang yang mengetahui mengenai lokasinya. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi sehingga dibutuhkan perjuangan untuk bisa sampai ke sana. Setiap pengunjung yang datang ke sana bisa menikmati pesona keindahan alam yang luar biasa. Pantai ini masih sangat sepi pengunjung, Anda bisa merasakan suasana seperti sedang berada di pantai pribadi.

Lokasi Pantai Mbuluk

Lokasi dari pantai mbuluk berada di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pantai Baron. Setiap wisatawan kini bisa sampai ke pantai mbuluk dengan mudah karena aksesnya juga sudah bagus. Hanya saja nantinya setiap wisatawan perlu berjalan kaki melalui jalanan berbatu dari lokasi pembelian tiket.

Meskipun pantai ini terbilang cukup terpencil akan tetapi pesona yang ditawarkan tidak kalah dengan pantai populer yang ada di Gunung kidul. Dari tempat pembelian tiket setiap wisatawan harus berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai ke pantai tersebut.

Pesona Pantai Mbuluk

Setiap wisatawan akan merasa terpesona dengan keindahan yang dimiliki oleh Pantai Mbuluk. Pantai ini memiliki dua karang dengan ukuran besar yang terlihat seolah mengapit pantai tersebut. salah satu karang yang ada di pantai ini juga memiliki bentuk seperti goa. Di dalamnya terdapat bebatuan yang tajam sehingga membuat pantai ini terlihat sangat unik.

Banyak dari para wisatawan menjadikan karang besar dengan bentuk gua ini sebagai spot foto. Gambar yang didapatkan sangat memuaskan. Anda bisa mendapatkan foto cantik dengan background gua yang di belakangnya terdapat panorama laut luas dengan air yang jernih dan langit yang biru.

Pantai ini menawarkan sesuatu yang berbeda dari pantai yang lainnya. Batu karang yang mengapit pantai tersebut menjadi daya tarik utama. Selain itu pantai ini juga masih sangat asri. Pasir putih di pantai terlihat begitu cantik dan bersih. Anda bisa bersantai di pinggir pantai dengan suasana yang sangat tenang. Pengunjung yang masih sedikit membuat pantai ini terasa begitu tenang dan syahdu.

Pantai Mungil dengan Beragam Biota Laut

 Meskipun Pantai Mbuluk tidak berukuran besar seperti pantai-pantai yang lainnya akan tetapi di sini ada tetap bisa melakukan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Panjang garis pantai bulu hanyalah sekitar 25 meter saja. Akan tetapi, di pantai ini setiap wisatawan bisa dengan leluasa bermain air dan juga bermain pasir.

Pantai ini terlihat sangat cantik karena di sana terdapat karang-karang indah yang menghiasinya. Dari atas permukaan air setiap wisatawan bisa melihat terumbu karang serta beragam biota laut yang hidup dengan damai. Anda bisa melihat ikan-ikan kecil, bintang laut, dan beragam biota laut lainnya dengan jelas dari permukaan air.

Pantai ini sangat nyaman dikunjungi oleh siapa saja. Lokasinya yang diapit oleh dua orang besar membuat pantai ini memiliki ombak yang tenang. Anda bisa bermain air dengan leluasa dan bisa berenang di pinggir pantai. Akan tetapi tetap saja Anda harus tetap berhati-hati. Ombak di pantai Selatan dikenal sangat ganas dan membahayakan terutama di waktu sore hari.

Perjalanan untuk sampai ke pantai ini tidaklah terlalu sulit. Dari pusat kota Jogjakarta anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan yang dilalui memang sedikit menantang karena melalui jalan yang berkelok dan juga banyak tanjakan. Namun, jalanan menuju ke pantai Gunung kidul sudah sangat bagus karena semuanya sudah diaspal.

Bila anda mengunjungi pantai ini Maka jangan kaget jika menemukan fasilitas yang masih sangat terbatas. Pantai ini hanya terdapat sekitar 2 warung yang menyediakan makanan dan minuman. Di sini juga baru tersedia 1 toilet umum. Harga tiket masuk ke pantai ini cukup murah. Setiap pengunjung hanya dikenakan tiket parkir mulai dari Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan sekitar Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Mbuluk yang bisa disampaikan. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin merencanakan liburan ke Yogyakarta.