Museum Wayang Kekayon Yogyakarta


 

 Belajar Banyak Hal Tentang Wayang di Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon merupakan salah satu museum yang bisa ditemukan ketika berada di Yogyakarta. Pendiri museum ini yaitu profesor Dr Soedjono prawirohadikusumo yang merupakan salah satu guru besar UGM. Museum ini sudah diresmikan sejak tahun 1991.

Indonesia memang begitu kaya akan kekayaan budaya. Wayang menjadi salah satu hal menarik yang perlu untuk selalu dilestarikan. Di dalam museum ini Anda bisa menemukan banyak sekali koleksi wayang.

Hingga saat ini wayang masih tetap eksis. Pertunjukannya juga masih diadakan terutama di wilayah-wilayah sekitar Yogyakarta meskipun tidak sesering jaman dahulu. Meskipun demikian masyarakat modern sekarang sudah mulai lupa dengan kekayaan yang satu ini. Budaya-budaya modern yang masuk sangat mempengaruhi minat masyarakat terhadap kesenian wayang.

Apabila Anda merupakan penggemar wayang dan ingin ikut melestarikan kesenian ini maka bisa berkunjung langsung ke Museum Wayang Kekayon. Di sana Anda bisa belajar banyak hal terutama tentang wayang.

Kebanyakan dari wisatawan atau pengunjung yang datang ke museum wayang kekayon adalah mereka yang ingin belajar tentang seni budaya. Bahkan banyak juga para pengunjung yang melakukan penelitian di dalam museum ini.

Wayang Merupakan Kekayaan Indonesia

Mengunjungi museum wayang kekayon akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang berkualitas. Bukan hanya bisa menikmati berbagai macam koleksi wayang akan tetapi juga bisa belajar berbagai macam hal tentang kesenian yang satu ini.

Kita perlu berbangga karena Indonesia memiliki kekayaan seni dan budaya yang luar biasa. Wayang menjadi salah satu warisan pusaka dunia yang sudah diakui oleh UNESCO.

Di museum ini Anda bisa mendapati banyak koleksi wayang yang cukup lengkap. Semuanya tertata dengan sangat bagus dengan berbagai macam penjelasan yang membantu Anda untuk bisa menambah wawasan.

Keindahan Museum Wayang Kekayon

Keindahan dari museum wayang kekayon ini bisa dirasakan bukan hanya dari koleksi wayang nya saja. Setiap pengunjung akan merasa senang memasuki museum ini karena memiliki desain bangunan yang megah. Di sana terdapat parkiran yang luas dengan berbagai macam bangunan dengan design yang menarik.

Dari pendopo bangunan saja sudah terlihat sangat megah. Sedangkan di sana ada banyak bangunan lain yang juga memiliki desain unik. Pendopo di museum ini bisa disewa untuk berbagai macam kegiatan seperti acara pernikahan, acara pameran, pertemuan dan berbagai macam kegiatan lainnya.

Koleksi Wayang di Museum Wayang Kekayon

Ketika Anda memasuki bangunan museum nantinya akan menemukan banyak koleksi wayang. Bisa dikatakan  jika koleksi wayang yang ada di museum ini cukup lengkap. Beberapa jenis wayang yang bisa ditemukan antara lain seperti wayang madya, Purwo, golek, diponegaran, wayang Kurawa dan jenis wayang lainnya.

Bahkan di sini juga terdapat koleksi wayang yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Siapa sangka jika wayang-wayang yang ada di sini memiliki sejarah yang luar biasa. Beberapa contoh wayang dengan usia yang mencapai ratusan tahun antara lain seperti wayang Madura, wayang golek thengul, wayang Bali dan lain sebagainya.

Selain terdapat koleksi wayang, disini juga terdapat koleksi lain seperti topeng, busana wayang wong, patung wayang wong dan aksesoris-aksesoris yang biasa digunakan dalam pertunjukan wayang wong.

Fasilitas di Museum Wayang Kekayon

Mengunjungi Museum Wayang Kekayon akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan. Fasilitas yang ada di museum ini juga sudah terbilang bagus. Pengunjung bisa menikmati fasilitas seperti audio visual yang digunakan untuk menjelaskan informasi kepada para pengunjung, gedung induk, pendopo, pringgitan, parkiran, toilet, dan berbagai macam fasilitas penunjang lainnya.

Di dalam museum juga terdapat informasi yang bisa digunakan oleh setiap pengunjung untuk membaca zodiak dari tokoh wayang.

Untuk bisa menikmati koleksi yang ada di dalam museum wayang kekayon, setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp7.000 untuk para pelajar dan umum. Sedangkan para wisatawan asing juga bisa masuk akan tetapi harga tiketnya adalah sekitar Rp10.000.

Jika Anda memutuskan masuk ke dalam museum dan membawa kamera maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000. Di sini juga tersedia kegiatan seru seperti workshop wayang. Apabila tertarik untuk mengikuti workshop maka bisa membayar Rp20.000 untuk setiap orangnya.

Museum Wayang Kekayon buka mulai dari hari Senin sampai Sabtu. Di hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 08.30 sampai 14.00 WIB. Sedangkan di hari sabtu museum tutup pada pukul 12. 00 WIB.

Demikian informasi tentang Museum Wayang Kekayon yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda.