Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta


Menjelajahi Sejarah di Museum Istana Kepresidenan

Di Yogyakarta terdapat banyak sekali museum yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan berlibur adalah museum Istana Kepresidenan. Museum yang satu ini cukup populer dan banyak dipilih oleh para wisatawan.

 Alamat Museum Istana Kepresidenan

Museum ini berada di jalan Ahmad Yani, Ngupasan, kec Gondomanan, kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah Yogyakarta dan cukup mudah untuk ditemukan. Anda bisa mengunjungi museum ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan kendaraan umum.

Sejarah Museum Istana Kepresidenan

Museum Istana Kepresidenan dibangun sudah sejak lama. Agresi militer yang dilakukan Belanda pada tahun 1946 menyebabkan pemerintahan Indonesia harus pindah ke Yogyakarta.

Presiden Soekarno beserta keluarganya tinggal di sebuah bangunan yang dahulunya juga merupakan rumah bekas presiden Belanda. Bangunan atau rumah inilah yang saat ini menjadi museum. Dahulu masyarakat menyebut bangunan atau rumah ini sebagai Gedung Agung.

Istana Kepresidenan yang ada di Yogyakarta sudah pernah dikunjungi oleh sekitar 65 pemimpin negara. Luas lahan yang digunakan untuk bangunan ini adalah sekitar 4,2 hektar. Pada bagian gerbangnya terdapat sebuah patung besar yang dengan ukuran sekitar 2 meter. Dari depan bangunan saja sudah terlihat kesan yang megah apalagi jika kita masuk ke dalamnya.

Hal menarik di dalam museum yang bisa ditemukan oleh setiap pengunjung adalah ruangan-ruangan dengan desain yang menarik. Di sana terdapat ruangan yang disebut dengan ruang Garuda. Ruangan tersebut digunakan untuk penyambutan para tamu.

Selain itu terdapat juga ruang Diponegoro serta ruang Sudirman. Kedua ruangan tersebut digunakan untuk mengenang jasa dari 2 pahlawan yaitu pahlawan Diponegoro dan pahlawan Sudirman.

Di sisi lain bangunan terdapat banyak bangunan dan ruangan yang memiliki fungsi tersendiri. Dahulu terdapat wisma-wisma yang biasa digunakan untuk tempat beristirahat para tamu yang menginap.

Koleksi Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta

Saat memasuki bangunan museum istana kepresidenan, Anda akan menemukan beberapa ruangan. Masing-masing ruangan yang ada di museum memiliki koleksi yang berbeda-beda. Ruangan yang berada di lantai 1 terdapat beberapa koleksi menarik.

Di lantai satu Anda akan menemukan banyak sekali foto-foto dari presiden Soekarno. Di sana juga terdapat sebuah galeri yang berisi lukisan dari banyak seniman seperti lukisan karya Basuki Abdullah, lukisan Raden Saleh dan lukisan dari seniman ternama lainnya.

Anda juga bisa menikmati koleksi barang-barang antik dari banyak negara seperti guci guci antik. Desain dari guci-guci tersebut sangat menarik karena merupakan cenderamata dari para pemimpin negara pada masa itu.

Di lantai dua Anda juga bisa menemukan banyak koleksi seperti foto dari wakil presiden republik Indonesia. Selain itu ada juga foto tokoh pendamping presiden. Ada juga foto para pejabat republik Indonesia di masa kepemimpinan presiden Soekarno. Bukan hanya di lantai satu saja akan tetapi di lantai dua juga terdapat beragam koleksi barang-barang antik serta galeri lukisan.

Jam Buka Museum

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi wisata Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta maka bisa datang di hari Senin hingga Kamis. Museum ini buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang saja. Pada pukul 12. 00 hingga 13.00 WIB merupakan waktu istirahat. Jadi sebaiknya Anda berkunjung ke museum ini pada waktu pagi hari sebelum jam 12 siang.

Harga tiket masuk ke museum ini masih gratis. Namun setiap pengunjung yang akan datang sebaiknya mengirim surat izin dan melakukan permohonan izin terlebih dahulu.

Apabila Anda ingin berkunjung bersama rombongan, misalnya saja atas nama sekolah atau instansi maka membutuhkan surat izin resmi. Setelah mendapatkan surat izin, setiap pengunjung wajib untuk mengisi buku tamu yang disediakan.

Fasilitas di Museum Istana Kepresidenan

Fasilitas yang ada di museum istana kepresidenan sudah sangat lengkap. Setiap pengunjung bisa menikmati souvenir shop, wardrobe, toilet, perpustakaan, parkiran, dan mushola.

Syarat yang tidak boleh dilewatkan Apabila ingin berkunjung ke museum ini adalah sebaiknya menggunakan pakaian yang sopan dan yang datang juga diharapkan untuk mengenakan sepatu. Saat berada di dalam museum, setiap pengunjung dilarang berfoto. Anda hanya diperbolehkan berfoto di bagian luar saja