Embung Pager Gunung Magelang

 


 Embung Pagergunung, Wisata Baru Magelang

Kecamatan ngablak Magelang gini terdapat embung baru. Embung ini kabarnya dibangun menghabiskan dana sebesar 4 miliar lebih. Pembangunan embung memiliki tujuan yang sangat menarik. Salah satunya adalah sebagai destinasi wisata baru yang diharapkan menjadi ikon di kecamatan Ngablak tersebut. Nama embung baru yang memiliki pesona pemandangan alam yang menarik ini adalah Embung Pager Gunung.

Lokasi pembangunan Embung Pagar Gunung berada di atas perbukitan. Embung ini dibangun dengan tujuan sebagai penampungan air yang nantinya bisa dialirkan ke persawahan dan perkebunan. Dikabarkan jika pada bulan Desember tahun 2020 embung sudah bisa digunakan.

Pembangunan embung memang biasanya bertujuan untuk penampungan air. Akan tetapi pembangunan embung tersebut juga dibuat dengan perhitungan dan desain yang menarik agar bisa menarik wisatawan. Embung ini dibangun pada lokasi yang cukup strategis. Pengunjung yang datang ke Embung Pager Gunung bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah.

Pesona Embung Pager Gunung

Saat ini banyak sekali wisatawan yang senang berkunjung ke embung atau waduk buatan. Embung Pager Gunung tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Apabila Anda berkunjung ke embung ini maka bisa melihat pemandangan alam yang indah.

Embung berada pada dataran yang cukup tinggi. Di sana setiap pengunjung atau wisatawan bisa melihat pemandangan gunung yang terlihat hijau dan megah. Pembangunan embung juga sangat memperhitungkan desain serta bentuknya. Proyek pembangunan ini menghabiskan biaya sekitar 4 miliar lebih. Sehingga hasil pembangunan embung juga terlihat mengagumkan.

Embung Pager Gunung dibangun pada lahan sekitar 1000 meter persegi. Ukuran embung ini juga terbilang luas yaitu dengan panjang 80 meter dan lebar 40 meter. Kedalaman embung hanya sekitar 3,55 meter saja. Embung tersebut bisa menampung air mencapai 8000 meter kubik.

Air yang ditampung pada embung ini berasal dari mata air yang ada di Desa Seno Projo dan juga dari air hujan. Saat musim kemarau tiba maka air bisa digunakan untuk membantu mengairi perkebunan dan persawahan yang ada di bawahnya.

Pemandangan di embung ini terlihat begitu istimewa. Bagaimana tidak, Anda bisa melihat beberapa gunung yang megah seperti Merbabu, Telomoyo dan gunung Andong sekaligus. objek wisata ini sangat menarik dikunjungi kapan saja mulai dari pagi hari hingga sore hari.

 Meskipun saat ini pengerjaan embung masih belum selesai 100%, namun antusias dari para wisatawan sudah sangat tinggi. Embung Pager Gunung sudah ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Di sini para wisatawan bisa melihat pemandangan pegunungan dan bahkan bisa berburu sunset dan sunrise.

Spot Selfie dengan Pemandangan Alam

Saat ini pembangunan memang sudah hampir selesai. Keindahan dari embung semakin terlihat apabila fasilitas yang tersedia sudah dibangun. Apabila Anda berkunjung di tempat wisata ini maka bisa melihat pemandangan yang indah dari atas ketinggian.

Pemandangan yang paling cantik bisa didapatkan apabila ada datang di waktu pagi buta. Saat matahari terbit akan terlihat begitu mempesona. Bahkan terkadang apabila saat musim kabut tiba, para pengunjung bisa menikmati pemandangan gumpalan awan seolah-olah seperti sedang berada di atas negeri langit.

Pemandangan cantik juga bisa didapatkan apabila datang di waktu sore hari. Anda bisa nongkrong di pinggir embung sembari melihat pemandangan matahari terbenam. Di objek wisata ini memang belum tersedia fasilitas-fasilitas seperti warung atau fasilitas penunjang lainnya. Sehingga bagi yang berencana datang kesini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman.

Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Embung Pager Gunung adalah berfoto. Ada banyak spot yang nantinya dapat menghasilkan foto dengan background istimewa. Tempat ini bisa memanjakan mata sekaligus merelaksasi pikiran.

Bagi yang tertarik untuk melihat pemandangan indah dari embung Pager Gunung sebaiknya datang langsung ke kecamatan Ngablak. Di sini Anda bisa melakukan kegiatan seru seperti berfoto, joging, piknik atau sekedar bersantai.

 Tiket masuk ke embung ini masih belum ditetapkan. Untuk saat ini Anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Akan tetapi bisa saja dikenakan biaya parkir apabila ada penjagaan parkir di sekitar embung tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai Embung Pager Gunung yang baru selesai dibangun. Buktikan sendiri keindahan objek wisata ini dengan mengunjunginya. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi liburan Anda.