Kulineran di Omah Tobong Godean, Mencicipi Makanan dengan Suasana Khas nDeso



Setiap rumah makan memiliki ciri khas utama. Ada rumah makan dengan rumah joglo, panggung, gubug, dan sebagainya. Rumah makan yang mempunyai ciri khas unik akan menarik pengunjung. Jogja sudah menjadi tempat tujuan utama wisata kuliner. Tak heran jika dari waktu ke waktu rumah makan semakin  menjamur. Apalagi warung makan yang membawa konsep alam pedesaan. Semakin membuat masyarakat umum dari luar maupun dalam daerah berbondong-bondong kulineran ke Jogja.


Omah Tobong adalah satu dari sekian banyak rumah makan yang membawa konsep pedesaan. Omah Tobong terletak di wilayah Sleman bagian barat, tepatnya di Godean. Dinamakan Omah Tobong, karena di sana terdapat Tobong. Tobong adalah sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat membakar genteng atau batu bata dari tanah liat.

Daerah Godean memang terkenal dengan kerajinan gentengnya. Genteng yang dihasilkan oleh para pengrajin berkualitas sangat bagus. Tak heran kalau ada pembeli dari luar daerah yang datang ke Godean untuk mencari genteng.

Godean tak hanya terkenal dengan kerajinan gentengnya saja. Kalau anda termasuk orang yang suka kulineran pasti tahu. Godean terkenal akan wisata kuliner belutnya. Belut menjadi produk kuliner Godean yang sudah melegenda. Hampir di daerah Godean terdapat warung makan yang meyediakan belut sebagai menu andalan. Sebut saja, sambel belut, keripik belut, dan lainnya.


Kembali ke tempat wisata kuliner Godean, Omah Tobong. Kompleks Omah Tobong terletak di Klajuran, Godean, Sleman. Omah Tobong sangat cocok  digunakan untuk acara ngumpul-ngumpul, reuni, kopdar (kopi darat), dan acara keluarga.

Aneka masakan yang dihidangkan harganya murah dan terjangkau. Selain karena murah, yang membuat orang-orang ingin kembali kulineran di sini adalah karena cita rasa masakan yang super enak dan mantap.

Pemilik Omah Tobong juga mendekorasi kompleks Omah Tobong menjadi tempat yang juga instagrammable. Tak heran banyak pengunjungnya yang berswafoto atau sekedar selfie. Beberapa latar belakang foto yang disediakan seperti bangunan tobong atau tempat untuk membakar genteng, akuarium ikan hias, kandang burung parkit, serta berbagai macam jenis tanaman.

Siapapun yang mencoba wisata kuliner Omah Tobong pasti akan ketagihan untuk datang lagi. Ada banyak kesan baik yang diperoleh mereka yang pernah mengunjungi Omah Tobong. Terutama akan masakan dan lingkungannya yang sangat mendukung. Letaknya yang masih suasana pedesaan membuat pengunjung semakin lahap dan menikmati kuliner yang mereka pesan.

Rute Menuju Omah Tobong

Rute menuju Omah Tobong sangat mudah aksesnya. Anda bisa menggunakan Google Maps untuk panduan menuju lokasi. Lokasinya terletak di Klajuran, Sidokarto, Godean. Anda bisa menuju Jalan Godean, setelah kira-kira beberapa ratus meter sebelah timur pasar Godean, akan menjumpai penunjuk menuju lokasi. Lokasinya agak masuk dari jalan raya. Lokasinya berada di area persawahan. Membuat anda akan merasakan suasana khas pedesaan yang masih asri.

Di Omah Tobong berkonsep resto dengan semi terbuka. Dari luar Omah Tobong seperti bangunan yang khas jawa. Tapi setelah sampai di dalam, terdapat halaman yang luas. Halaman luas inilah yang  digunakan untuk tempat makan. Terdapat beberapa pohon yang teduh, payung-payung peneduh, hamparan rumput hijau, kandang burung, serta beberapa ayunan dan mainan anak-anak lainnya.

Omah Tobong memang didesain menjadi tempat yang ramah anak. Fasilitas permainan yang edukatif membuat anak-anak menjadi semakin betah di tempat tersebut. Jadi tak ada alasan bagi orang tua untuk tidak mengajak anak-anak mereka. Orang tua bisa kumpul dan makan-makan sambil mengasuh anak.

Menu Makanan dan minuman di Omah Tobong

Omah Tobong mempunyai tagline menu bakmi dan bebakaran. Tapi, menu yang disediakan tak hanya bakmi dan bakar-bakaran. Beberapa menu yang bisa anda nikmati di sini adalah nasi goreng, magelangan, mi goreng, mi rebus, soto ayam, sate, ayam bakar,  dan ikan air tawar bakar. Cemilan juga ada seperti tempe goreng, pisang goreng, dan lain sebagainya. Sedangkan minumannya adalah mulai dari teh, teh tarik, es jeruk, jus  buah, dan wedang uwuh.     

Harganya makanan dan minuman di Omah Tobong sangat terjangkau. Harga makanan mulai 15 ribuan sudah dengan nasi. Minumnya biasanya mulai dari 3000an sampai 5000an saja. Dengan harga yang terjangkau dan masakannya yang sangat enak, rugi kalau tidak menyempatkan mampir di Omah Tobong.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA