Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul


Wisata Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul, Unik dan Ngangenin

Air terjun bisa menjadi objek wisata yang sangat menarik. Apalagi seperti yang kita tahu ada begitu banyak sekali air terjun yang bisa ditemukan di Yogyakarta. Salah satu yang juga bisa menjadi pilihan terbaik adalah wisata Kedung Kandang Gunung Kidul. Wisata ini memiliki keunikan yang membuatnya terlihat istimewa.

Air terjun Kedung kandang lokasinya cukup tersembunyi. Meskipun demikian, pesonanya tetap membuat para wisatawan mudah menemukannya. Keunikan yang dimiliki oleh air terjun ini adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat hingga 6 tingkatan.

Lokasi dari objek wisata ini berada dekat dengan persawahan milik masyarakat sekitar. Hal ini membuat pemandangannya terlihat sangat alami dan asri. Setiap pengunjung akan merasa senang mengunjungi objek wisata ini karena menawarkan pemandangan yang memukau dengan suasana yang menenangkan.

Air Terjun Kedung Kandang Masih Alami

Setiap dari wisatawan tentu ingin menghabiskan waktu di tempat yang indah. Objek wisata air terjun Kedung Kandang akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Objek wisata ini masih berada di lingkungan wisata nglanggeran. Hingga saat ini masih belum dikelola secara resmi sehingga fasilitas di sini juga masih terbatas.

Di dekat objek wisata air terjun Kedung Kandang bisa ditemukan rumah penduduk. Wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan air terjun bisa menitipkan motor di rumah penduduk tersebut. Di sana memang belum banyak fasilitas yang tersedia. Jika Anda ingin membeli makanan ringan dan minuman, Anda bisa membelinya di warung-warung milik penduduk sekitar.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Lokasi dari objek wisata ini berada di Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Setiap wisatawan tidak perlu merasa bingung untuk bisa sampai ke sana. Air terjun ini tidak terlalu jauh dari beberapa objek wisata seperti Gunung Api Purba Nglanggeran dan juga Embung Nglanggeran.

Pesona Air Terjun Kedung Kandang

Perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke objek wisata ini memang cukup panjang. Jalan yang harus dilalui juga menantang. Meskipun demikian apabila Anda sudah sampai ke objek wisata ini maka akan merasa terpesona dengan keindahannya.

Dalam perjalanan menuju ke air terjun Anda akan disambut dengan keramahan para penduduk. Pemandangan yang ada di sekitar air terjun juga begitu indah. Untuk bisa sampai ke sana ,Anda harus melakukan perjalanan kaki dari tempat parkir.

 Setiap pengunjung harus berhati-hati karena jalanan yang dilalui masih berupa tanah yang licin. Anda bisa sambil menikmati suasana pedesaan di sana ketika berjalan menuju ke air terjun.

Banyak dari wisatawan yang merasa terpukau dengan hamparan tebing-tebing batu dan juga sawah yang luas. Bebatuan yang ada di sekitar objek wisata ini terlihat kokoh dan besar. Anda juga bisa melihat objek wisata Gunung Api Purba yang terlihat gagah.

Setelah sampai di air terjun Kedung Kandang, Anda bisa melihat pemandangan air terjun yang tinggi dan bertingkat. Bentuk air terjun ini seperti piramida yang semakin besar ke bawah. Sebaiknya pengunjung yang ingin menikmati air terjun ini datang di saat musim hujan. Ketika musim kemarau, air terjun tidak terlaluderas atau bahkan mengering.

Sebenarnya air terjun yang ada di lokasi ini terdapat 3 titik beberapa air terjun yang ada di sana antara lain Kedung Temanten, Kedung Keris dan juga Kedung Kandang. Namun memang objek wisata Kedung Kandang adalah air terjun yang paling besar dan cantik

Hal yang perlu diperhatikan Apabila Anda ingin berkunjung ke air terjun ini adalah jangan sembarangan mandi di air terjun. Terdapat larangan mandi di air terjun karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda tetap bisa bermain di sekitar air terjun namun jangan berenang pada genangan yang dalam.

Harga tiket

Setiap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini tidak perlu membayar tiket masuk. Namun di sana terdapat kotak yang bisa diisi dengan uang seikhlasnya. Selain itu, Anda harus membayar parkir kepada pemilik rumah yang digunakan untuk memarkir kendaraan.

Objek wisata ini buka setiap hari. Apabila Anda tertarik mengunjungi objek wisata ini bisa berkunjung kapan saja. Namun sangat direkomendasikan jika Anda datang pada saat musim hujan. Semoga informasi tentang wisata air terjun Kedung kandang bisa menjadi referensi liburan anda di Yogyakarta.