Wisata Kali Code Yogyakarta


Wisata Kali Code Yogyakarta, Bantaran Sungai Cantik Tak Seperti Biasanya

Bantaran sungai biasanya identik dengan kampung yang terkesan kumuh. Namun hal ini tidak seperti bantaran sungai kali kode yang saat ini menjadi wisata. Bantaran sungai terus dibenahi dan dipercantik sehingga kini menjadi wisata Kali Code Yogyakarta yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Lokasi dari wisata Kali Code ini berada di bantaran sungai code atau tepatnya di bawah jembatan Sardjito. Tidak sulit untuk menemukan wisata ini karena berada di tengah kota.

Berkunjung ke wisata kali kode bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan karena Anda bisa mendapatkan pemandangan yang unik. Perkampungan ini memiliki konsep warna-warni yang indah pada bangunannya, serta terdapat banyak tanaman bunga yang menghiasi kampung tersebut.

Pengunjung bisa menikmati taman kecil yang berada di sebelah warung angkringan. Pada pintu masuk wisata kampung Kali Code ini terdapat sebuah plang dengan bahasa Inggris yaitu welcome to kampung kode riverside.

Di kampung ini juga terdapat sebuah kandang burung yang ukurannya cukup besar. Di dalam kandang tersebut terdapat berbagai jenis burung seperti merbah cerukcuk, gelatik Jawa dan juga jalak uren. Kandang ini dibuat seperti tempat penangkaran yang di dalamnya terdapat pohon-pohon sehingga burung dapat terbang bebas di dalamnya.

Pesona Wisata Kali Code Yogyakarta

Inisiator dari wisata Kali Code yaitu bapak Totok terus berupaya untuk menjadikan sungai code menjadi tempat yang indah dan asri. Pak Totok pernah menjadi ketua rw Jetisharjo dan pernah juga mendapatkan penghargaan kalpataru di tahun 2015.

Bantaran Kali Code yang tadinya kumuh dan tidak tertata kini penuh warna sehingga bisa menjadi tempat wisata instagramable. Setiap pengunjung bisa menikmati suasana kali kode yang asri dengan air yang bersih. Di sana juga bisa ditemukan berbagai macam spot foto menarik yang akan menambah serunya liburan di Yogyakarta.

Kegiatan Seru di Wisata Kali Code

Ketika Anda berkunjung ke Kali Code Yogyakarta maka akan ada banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan. Pengelola menyediakan banyak wahana yang membuat wisatawan merasa senang berlibur di sana. Para wisatawan yang datang ke wisata ini biasanya akan melakukan susur sungai dan juga melakukan blusukan di kampung Kali Code. Selain itu bagi yang ingin menikmati suasana kali sudah lebih lama juga bisa menginap.

Di sana terdapat homestay yang disediakan bagi para wisatawan. Awal mula diresmikannya wisata ini kebanyakan pengunjung adalah dari kalangan pelajar, mahasiswa atau bahkan pegawai. Namun sekarang sudah semakin banyak wisatawan yang mengenal Kali Code sehingga tertarik untuk mengunjunginya.

 Melakukan Sekolah Sungai

Terdapat sebuah paket wisata sekolah sungai yang mampu memberikan liburan yang berkesan karena terdapat edukasi di dalamnya. Nantinya para pengunjung akan diajak untuk menjelajahi sungai dan bahkan juga diajak untuk menginap selama kurang lebih dua hingga tiga hari.

Sekolah sungai banyak menarik para wisatawan yang berasal dari instansi atau yang memang tertarik dengan hal-hal yang berbau lingkungan. Sekolah ini mengandung banyak informasi menarik seputar  pengelolaan lingkungan sekitar sungai agar terjaga.

Pembicara dari sekolah sungai ini berasal dari akademisi yang profesional. Di sana setiap pengunjung yang mengikuti sekolah ini akan diberikan teori dan juga praktek bersama-sama di lapangan.

Ada banyak sekali informasi penting yang didapatkan mulai dari bagaimana masyarakat mendapatkan akses air bersih, cara-cara pengelolaan sampah warga bantaran sungai, penataan ruang agar masyarakat lebih etis, cara-cara penanggulangan bencana di daerah bantaran sungai dan hal-hal menarik lainnya.

Berlibur ke wisata Kali Code Yogyakarta mampu memberikan Anda pengalaman liburan yang tak terlupakan. Kegiatan susur sungai, rafting, jelajah kampung dan kegiatan lainnya menjadi hal-hal yang sangat menarik. Wisatawan bisa berbaur dengan warga kampung kali kode dan ikut serta dalam kegiatan sehari-hari.

Disini terdapat event tahunan seperti mancing bersama, penampilan kesenian dan lain sebagainya. Setiap kegiatan yang dilakukan tentu selalu melibatkan masyarakat sekitar. Pengelola hanya mengarahkan masyarakat agar nantinya wisatawan bisa mendapatkan tempat menginap yang nyaman atau bisa berkegiatan langsung dengan masyarakat.

Wisata Kali Code Yogyakarta memang sangat menarik karena kampung ini kini sangat terawat dan juga rapi. Anda dapat menemukan banyak spot foto menarik yang instagramable. Meskipun objek wisata ini berada di bantaran kali akan tetapi pengelola berhasil menyulap bantaran sungai yang berantakan menjadi objek wisata yang mengagumkan.