Wisata Goa Nagasari


Wisata Goa Nagasari Yogyakarta Cocok untuk Menepi

Goa menjadi salah satu objek wisata yang cukup menarik dan cocok bagi para pecinta alam. Di Yogyakarta terdapat banyak sekali goa yang masih sangat asri dan menantang. Salah satu buah yang layak untuk Anda kunjungi adalah Wisata Goa Nagasari Yogyakarta.

Mungkin Anda belum pernah mendengar mengenai Goa Nagasari. Goa ini memang terbilang sepi pengunjung karena lokasinya yang berada di tengah hutan dan juga memiliki akses cukup sulit.

Meskipun tidak seperti goa populer yang lainnya, Wisata Goa Nagasari Yogyakarta tetap memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Ketika Anda mengunjungi wisata ini maka akan menemukan sesuatu yang unik dan berbeda dari goa pada umumnya.

Hal yang Menarik Dari Goa Nagasari

Bagi pecinta wisata ekstrem berkunjung ke goa Nagasari bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Tempat ini sangat sepi dan terkesan wingit. Tempatnya berada di tengah hutan dan oleh masyarakat sekitar disebut-sebut sebagai goa yang keramat.

Dahulu goa ini banyak digunakan sebagai tempat untuk menyepi atau bahkan untuk bertapa. Anda yang membutuhkan waktu menyendiri atau merenungi banyak hal bisa langsung mengunjungi goa ini.

Goa yang Menantang

Goa Nagasari memiliki akses jalanan yang masih sangat ekstrem. Untuk bisa ke sana Anda harus melalui jalanan yang berbatu. Bahkan bisa dikatakan jika jalanan menuju goa ini tidak seperti jalan ke tempat wisata.

Meskipun demikian tetap saja goa ini menarik terutama bagi mereka yang senang dengan hal-hal yang berbau ekstrem atau menawarkan tantangan. Anda yang senang tracking atau menggunakan motor trail bisa mencoba kemampuan mengemudi sampai ke goa Nagasari.

Goa yang Sunyi

Bagi para pecinta alam menemukan goa yang masih sangat asri dan belum terjamah adalah hal yang sangat berkesan. Saat berada di dalam gua terasa sekali suasana yang sunyi dan senyap.

Dahulu goa ini dijadikan sebagai tempat bertapa oleh Sultan Hamengkubuwono ke-9. Tempatnya yang sangat sepi memang sangat cocok bagi siapa saja yang membutuhkan ketenangan dan menjauhi hiruk pikuk perkotaan.

Meskipun lokasi jalan raya jaraknya hanya sekitar 100 meter dari goa akan tetapi dari sini Anda tidak akan mendengarkan suara kendaraan. Anda bisa menghabiskan waktu di dalam goa untuk merenung atau bahkan merilekskan diri sendiri melihat pemandangan alam yang ada di sekitar.

Harga Tiket Masuk

Lokasi goa yang sangat terpencil serta belum ada pengelolaan dari pemerintah membuat masyarakat bisa mengunjungi goa secara gratis. Tidak ada biaya tiket masuk. Siapa saja bisa melakukan ritual atau pertapaan di dalam goa dengan leluasa.

Meskipun tidak ada biaya tiket masuk akan tetapi Anda perlu untuk meminta bantuan pemandu ketika ingin menyusuri goa. Detiap pengunjung bisa memberikan uang seikhlasnya kepada pemandu.

Tips Berkunjung ke Wisata Goa Nagasari Yogyakarta

Apabila Anda ingin berkunjung ke goa Nagasari sebaiknya mempersiapkan perbekalan dengan baik. Goa ini masih sangat terpencil sehingga Anda tidak akan menemukan penjual makanan di sekitarnya.

Selain membawa perbekalan makanan dan minuman Anda juga perlu untuk mempersiapkan kendaraan karena jalan yang harus dilalui cukup ekstrem. Pastikan jika kendaraan memiliki mesin yang prima dan ban yang masih bagus. Periksa rem agar kendaraan mudah untuk dikendalikan. Perjalanan menuju Wisata Goa Nagasari Yogyakarta membutuhkan tenaga dan keberanian sehingga tidak semua orang berani untuk mengunjungi goa ini.

Rute Menuju Goa Nagasari

Jalan yang harus dilalui menuju ke Goa Nagasari cukup terjal. Anda dapat melalui terminal Giwangan lalu menuju ke arah Imogiri timur. Selanjutnya Anda akan menemukan pertigaan kemudian Anda harus menuju ke arah Selopamioro. Ikuti jalan yang ada dan nantinya Anda akan menemukan jembatan persimpangan lalu Anda perlu melakukan perjalanan menuju ke arah goa Cerme.

Lokasi dari Goa Nagasari tidak terlalu jauh dari Selopamioro. Anda bisa bertanya ke masyarakat sekitar mengenai lokasi goa ini. Apabila ingin masuk ke goa sebaiknya menghubungi juru kunci yaitu itu Mbah Slamet siswodihardjo. Hal ini penting sekali dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian informasi tentang Wisata Goa Nagasari Yogyakarta. Semoga informasi ini menginspirasi Anda yang sedang merencanakan liburan di kota istimewa ini.