Pemandian Air Panas Parang Wedhang


Pemandian Air Panas Parang Wedang Yogyakarta

Siapa bilang jika Yogyakarta tidak memiliki tempat wisata pemandian air panas. Masih banyak yang belum mengetahui jika di kota istimewa ini terdapat sebuah objek wisata pemandian dengan air hangat. Apabila Anda ingin berlibur ke objek wisata yang menarik dan memanjakan diri dengan pemandian yang nyaman maka Pemandian Air Panas Parang Wedang Yogyakarta bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi Pemandian Air Panas

Apabila Anda ingin menikmati suasana yang syahdu sembari berendam di pemandian air panas maka bisa datang ke objek wisata air panas parang wedang Yogyakarta. Lokasi dari objek wisata ini sangat dekat dengan pantai Parangtritis yang terletak di kabupaten Bantul.

Jadi apabila anda sedang berlibur ke pantai Parangtritis, sebaiknya jangan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi objek wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang.

Kawasan pantai Parangtritis ini sudah memiliki daya tarik yang sangat tinggi karena lokasinya yang berada di dekat perbukitan. Di antara perbukitan dan pegunungan yang ada di wilayah tersebut terdapat mata air yang mengandung belerang atau sulfur. Hal inilah yang menjadikan wilayah Parangtritis memiliki objek wisata menarik yang berupa pemandian air panas.

Keistimewaan Pemandian Air Panas Parang Wedang

Meskipun di sana terdapat sebuah perbukitan yang menyediakan mata air mengandung belerang, akan tetapi untuk pemandian parang wedang tidak mengandung belerang. Pemandian ini memiliki bentuk seperti kolam renang. Airnya berasal dari air tanah yang melewati daerah panas bumi sehingga mengeluarkan air dengan suhu yang cukup tinggi.

Objek Wisata Pemandian Air Panas Parang Wedang memiliki sejarah yang sangat menarik. Dahulu konon Sri Sultan Hamengkubuwono ke enam memiliki sebuah kesaktian. Ketika Sri Sultan akan mandi di wilayah Pesanggrahan balaikencur beliau merasa kedinginan lalu kemudian ingin mandi dengan menggunakan air hangat. Ketika itu Sri Sultan berusaha mencari tempat yang menyediakan kolam air hangat dan tidak menemukan kolam yang diharapkan.

Selanjutnya beliau pun berusaha untuk membuat sendiri kolam yang berisi dengan air hangat. Kesaktiannya ternyata mampu menciptakan sebuah mata air yang menghasilkan air panas. Hingga saat ini mata air tersebut masih tetap ada dan diberi nama Parang Wedang.

Arti nama parang adalah karang sedangkan arti wedang artinya air hangat atau air panas. Anda bisa menikmati hangatnya pemandian ini jika sedang berkunjung di wilayah Parangtritis.

Kenyamanan Pemandian Air Panas Parang Wedang

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini akan merasa nyaman ketika mandi di kolam air panas. Tempat ini sangat cocok untuk relaksasi. Mandi di kolam air panas memiliki banyak manfaat seperti mengatasi pegal linu, membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan lain sebagainya.

Manfaat yang didapatkan ketika mandi di kolam air panas ini ternyata sangat menarik. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik yang membuat para pengunjung ingin mencoba padi di kolam air panas tersebut.

Untuk bisa menikmati pemandian air panas ini anda bisa datang setiap hari. Kolam air panas ini buka mulai dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Apabila pengunjung yang datang sangat banyak biasanya akan dibatasi.

Biaya untuk menikmati pemandian air panas ini juga terbilang murah. Setiap pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp5.000 per orang. Anda juga perlu untuk membayar biaya parkir mulai dari Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas yang Tersedia

Lokasinya yang dekat dengan pantai Parangtritis membuat Anda mudah untuk menemukannya. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain seperti penginapan di dekat pantai Parangtritis. Objek wisata ini juga tersedia beberapa ruangan. Tersedia sekitar 12 ruangan untuk pemandian. Ada 6 kamar untuk pemandian air panas dan 6 kamar untuk pemandian air tawar biasa.

Apabila Anda ingin mendapatkan pengalaman liburan yang semakin tak terlupakan, selanjutnya setelah puas mandi dengan air panas di pemandian Perang Wedang bisa melanjutkan perjalanan ke pantai Depok. Di pantai ini terdapat tempat penjualan ikan. Anda dapat membeli berbagai macam hasil laut mulai dari ikan, kerang, kepiting, lobster dan yang lainnya kemudian dibawa ke warung sekitar untuk diolah di sana.

Demikian informasi tentang pemandian air panas parang wedang. Semoga informasi ini menginspirasi anda.