Pantai Sinden Gunung Kidul

Wisata Pantai Sinden Gunung Kidul Yogyakarta

Ada begitu banyak pantai yang bisa ditemukan ketika anda berkunjung ke Gunung Kidul Yogyakarta. Salah satu pantai yang cukup menarik dan memiliki keunikan tersendiri adalah Pantai Sinden.

Pantai yang satu ini berada di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Memang kabupaten Gunungkidul terkenal memiliki banyak pantai yang sangat cantik. Ketika wisatawan datang ke Jogjakarta biasanya akan mampir ke kabupaten ini untuk menikmati keindahan pantai yang dimiliki.

Pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Akan tetapi ada beberapa pantai yang masih sangat alami sehingga belum banyak pengunjung yang mengetahuinya. Ciri khas dari pantai Gunung Kidul adalah pasir putih yang cantik dengan air laut yang jernih.

Bagi Anda yang ingin Menikmati keindahan pantai dengan suasana yang belum terlalu ramai maka Pantai Sinden bisa menjadi destinasi wisata ketika berkunjung ke Jogjakarta.

Pesona Keindahan Pantai Sinden

Dari setiap pantai yang ada di Gunung Kidul masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Keindahan dari Pantai Sinden tidak perlu diragukan lagi. Anda akan merasa senang ketika sedang berada di pantai ini karena terdapat pemandangan yang sangat indah. Pantai ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan karena berada di deretan pantai Gunung Kidul.

Ketika Anda sampai di pantai sinden nantinya akan menemukan pantai yang cantik dengan bukit karang yang terlihat gagah. Pesisir pantai ini terdiri dari bukit karang dan juga di sana terdapat sebuah gantole atau jembatan.

Gantole ini merupakan daya tarik yang membuat para wisatawan yang mengunjungi Pantai Sinden. Anda bisa menyeberang ke pulau seberang dengan melalui gantole ini. Panjang gantole kurang lebih 30 meter. Tidak semua orang berani menyerang melalui jembatan ini. Ketika Anda menyeberang gantole maka akan merasakan sensasi bergelayutan di atas laut.

Jembatan ini terbuat dari tali tali dan juga kayu. Para pengunjung sebaiknya mencoba untuk menyeberanginya karena akan mendapatkan sensasi yang luar biasa. Akan tetapi jika Anda tidak terlalu bernyali menyeberangi gantole, sebaiknya mengurungkan diri karena cukup berbahaya.

Bagi yang berani menyeberangi jembatan ini maka bisa merasakan tiupan angin dari atas jembatan dan melihat luasnya laut dengan sangat jelas. Suara gemuruh ombak di bawah jembatan juga sangat menguji adrenalin.

Di ujung jembatan terdapat sebuah pulau yang disebut dengan pulau gelatik. Setelah sampai di pulau Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah dan bisa mengabadikan momen selfie atau groufie bersama teman-teman.

Gantole ini hanya terbuat dari papan papan kayu yang ditali. Alat yang digunakan memang terbilang sederhana sehingga cukup menegangkan apabila dilalui sendiri. Setelah Anda sampai di pantai gelatik maka akan menemukan ribuan kelelawar. Hal ini perlu diketahui agar Anda yang takut dengan kelelawar tidak menuju ke sana sendirian.

Banyak dari para pemancing yang menyeberangi gantole ini untuk mendapatkan ikan. Dari pulau ini memang terdapat spot mancing yang strategis. Anda yang hobi mancing bisa membawa alat pancing dan membuktikan sendiri sensasi mancing dari atas pulau glatik tersebut.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa pantai ini sebenarnya merupakan area tebing terjal. Jika Anda berkunjung ke pantai ini tentu tidak bisa menemukan adanya hamparan pasir putih untuk bermain. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini adalah untuk mencari ikan dan melihat pemandangan dari atas tebing terjal.

Fasilitas

Bila Anda berkunjung ke Pantai Sinden Girisubo Gunungkidul maka nantinya akan menemukan fasilitas seperti area parkir, alat penyeberangan dan tempat istirahat. Fasilitas di pantai ini masih sangat minim karena belum banyak pengunjung yang datang.

Saat Anda memutuskan berlibur ke pantai ini sebaiknya membawa perbekalan seperti makanan dan minuman. Di sini Anda tidak akan menemukan warung makan karena memang belum banyak pengunjung yang datang. Perlu untuk diperhatikan mengenai keamanan dalam berlibur. Perjalanan menuju ke pantai ini cukup berat sehingga Anda harus memiliki kendaraan yang prima. Gunakan pakaian yang nyaman dan membuat Anda dapat bergerak bebas. Setelah berlibur di pantai ini Anda bisa juga mampir ke pantai lain yang memiliki pantai pasir putih. Anda bisa bermain di pinggir pantai sambil bermain pasir dan air laut.

Itulah informasi tentang keistimewaan Pantai Sinden Gunung Kidul. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi liburan anda.