Wisata Petilasan Makam Nyi Ageng Serang Kedungombo


Menariknya Wisata di Petilasan Nyi Ageng Serang Kedungombo

Di Jawa tengah terdapat banyak tempat wisata unik dan bahkan santai yang kaya akan nilai sejarah. Bagi yang senang berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dengan cerita yang unik maka perlu untuk mengetahui tentang Petilasan Nyi Ageng Serang yang berada di waduk Kedung Ombo.

Bagi masyarakat Jogjakarta dan jateng, nama dari sosok Petilasan Nyi Ageng Serang sudah sangat terkenal karena menjadi salah satu pahlawan kebanggaan. Tokoh yang satu ini banyak memberikan sumbangsih demi kemerdekaan Indonesia.

Salah satu bentuk untuk menghargai apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan, masyarakat berusaha untuk menjaga setiap peninggalan dan bahkan melestarikan petilasannya. Dengan menjaga serta melestarikan napak tilas dari tokoh perjuangan, generasi selanjutnya mampu mengambil pelajaran serta mengingat sejarah kepahlawanan.

Waduk Kedung Ombo adalah salah satu waduk yang berada di wilayah Boyolali, Jawa tengah. Tempatnya memiliki keindahan serta daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan. Bagi pengunjung yang datang ke sini nantinya bukan hanya bisa menikmati pemandangan berupa waduk Kedung Ombo yang cantik, akan tetapi bisa sambil mengunjungi petilasan nyi Ageng Serang.

Waduk Kedung Ombo memiliki ukuran yang sangat luas sehingga Anda bisa melihat pemandangan air yang melimpah dan dikelilingi dengan perbukitan hijau. Di tengah waduk Kedung Ombo terdapat sebuah petilasan yang dibuat sedemikian rupa untuk mengenang mengapa tilas dari pahlawan nasional Nyi Ageng Seran.

Lokasi Petilasan Nyi Ageng Seran

Lokasi dari waduk kedung ombo yang di sana terdapat sebuah Petilasan Nyi Ageng Serang ada di Dusun Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Di bagian tengah waduk terdapat sebuah gubuk atau bangunan kecil yang seolah-olah mengapung di tengah air.

Bengunan tersebut terlihat seperti rumah kecil yang sudah dilengkapi dengan pintu masuk. Di samping bangunan terdapat dua buah bendera Indonesia sebagai tanda bahwa tempat tersebut adalah petilasan dari Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi atau lebih sering disebut Nyi Ageng Serang.

Perlu untuk diketahui bahwa Nyi Ageng Serang merupakan seorang putri dari pangeran bernama Natapraja yaitu seorang panglima perang dari Sultan Hamengkubuwono  I. Nyi Ageng Serang adalah seorang pahlawan nasional yang memiliki peran sangat besar dalam melawan penjajahan Belanda.

Petilasan yang Dulunya Makam

Perlu untuk Anda tahu bahwa awalnya sebenarnya petilasan ini adalah makam nyi Ageng Serang. Akan tetapi sekarang makam tersebut sudah dipindahkan ke Yogyakarta. Meskipun sudah bukan lagi makam Nyi Ageng Serang akan tetapi banyak wisatawan yang tetap datang untuk berziarah di sana.

Pada saat bulan Muharram, petilasan ini semakin ramai dikunjungi oleh peziarah. Meskipun lokasinya berada di tengah waduk, petilasan ini tetap bisa dikunjungi karena pengunjung bisa menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola.

Di pinggir waduk terdapat perahu yang bisa digunakan untuk menuju ke petilasan nyi Ageng Serang. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tengah waduk adalah sekitar 30 menit. Waduk Kedung Ombo sangatlah besar. Sehingga dibutuhkan perahu serta waktu yang cukup lama untuk sampai ke petilasan tersebut.

Tidak dibutuhkan biaya yang besar Apabila Anda ingin menyewa perahu. Setiap pengunjung hanya akan dikenakan biaya seikhlasnya saja. Uang tersebut sebaiknya diberikan kepada orang yang akan mengantar Anda menggunakan perahu. Meskipun tidak dipatok biaya tertentu akan tetapi setiap pengunjung diharapkan untuk memberikan sumbangan yang kiranya pantas, karena untuk mengantarkan pengunjung sampai ke tengah petilasan dibutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama.

Mengunjungi Jawa tengah akan semakin seru dan berkesan apabila anda mampir ke petilasan nyi Ageng Serang yang lokasinya berada di tengah waduk Kedung Ombo. Disini anda akan dimanjakan dengan pemandangan waduk yang sangat indah dan luas sambil berziarah dan mengenang kepahlawanan nyi Ageng Serang.

Saat ini tidak sulit untuk bisa sampai ke waduk Kedung Ombo. Setiap pengunjung bisa menggunakan kendaraan mobil atau motor. Kayaknya sudah sampai di waduk Kedung Ombo bisa menyewa perahu yang sudah disediakan.

Jangan ragu untuk datang ke waduk Kedung Ombo, karena di sini ada banyak sekali hal menarik yang bisa anda temukan termasuk adanya petilasan nyi Ageng Serang.