Wisata Goa Gajah Yogyakarta


Wisata Goa Gajah Yogyakarta yang Menantang

Bagi yang senang berkunjung ke objek wisata alam serta menyukai tantangan, berlibur ke Goa Gajah Yogyakarta bisa menjadi hal yang sangat menarik. Objek wisata yang satu ini memang tidak terlalu terkenal seperti gua lainnya yang ada di Yogyakarta. Akan tetapi gua ini memiliki keistimewaan tersendiri yang akan membuat liburan Anda terasa istimewa.

Ketika Anda ingin mengunjungi sebuah tempat wisata tentu perlu untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan keunikan yang dimiliki. Dengan mengetahui keunikan dari Goa Gajah maka Anda akan semakin bersemangat untuk merencanakan liburan ke sana.

Goa yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang senang untuk melakukan susur goa. Panjang dari pintu masuk hingga pintu keluar goa adalah sekitar 200 meter saja. Meskipun tidak terlalu panjang akan tetapi Anda akan menemukan banyak keindahan di dalamnya.

Goa ini tidak terlalu sulit untuk dikunjungi karena akses menuju ke sana cukup mudah. Setiap pengunjung akan merasa terkagum-kagum dengan kondisi goa yang terlihat masih sangat alami. Belum ada pengelolaan yang baik sehingga goa ini terlihat seperti goa alam yang belum banyak pengunjung. Meskipun demikian, masyarakat di sekitar goa tetap berusaha untuk menjaga keindahan goa agar selalu terawat.

Perawatan dan juga pengelolaan yang dilakukan masyarakat tentu hanya sebatas kemampuan mereka. Tidak ada pembangunan yang signifikan sehingga membuat goa terlihat seperti tempat wisata yang ramai pengunjung.

Harga Tiket Masuk Goa Gajah

Apabila Anda tertarik untuk menyusuri goa anda, Anda tidak perlu menghabiskan biaya yang mahal. Tidak ada biaya retribusi atau tiket masuk, sehingga siapa saja yang ingin menikmati indahnya bisa masuk secara gratis.

Di dalam goa, Anda dapat menikmati bebatuan yang terlihat sangat alami serta melihat cahaya yang indah. Sinar matahari yang masuk ke dalam goa membuat pemandangan yang sangat mengagumkan. Banyak pengunjung yang mengatakan Jika cahaya tersebut adalah cahaya dari surga.

Waktu yang Tepat Mengunjungi Gua Gajah

Untuk bisa Menikmati keindahan cahaya dari surga di dalam goa, Anda sebaiknya mengunjungi gua ini sekitar tengah hari atau sekitar jam 12 siang. Pada jam tersebut sinar matahari sedang condong ke barat dan akan membuat pancaran indah ke dalam dasar goa.

Meskipun tidak ada biaya tiket masuk akan tetapi Anda tetap harus membayar tiket parkir sekitar Rp2.000 untuk motor. Sedangkan Jika Anda ingin menyewa lampu maka diperlukan biaya sekitar Rp5.000 saja.

Banyak dari para pengunjung melakukan susur goa dengan menggunakan jasa pemandu. Anda tidak perlu merasa khawatir tentang biaya sewa pemandu karena hanya dibutuhkan biaya seikhlasnya. Namun ada juga pemandu yang mematok harga tertentu. Anda bisa melakukan tawar-menawar untuk mendapatkan harga terbaik.

Tips Menyusuri Gua

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan susur goa sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting agar liburan Anda terasa nyaman.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah menggunakan sepatu yang tertutup dan nyaman untuk melakukan susur gua. Hindari menggunakan sendal jepit karena tanah sangat licin dan dapat menyebabkan luka pada kaki apabila terkena bebatuan.

Tips berikutnya sebaiknya Anda juga menggunakan kendaraan yang yang yang memiliki mesin prima karena jalan menuju Goa Gajah cukup terjal dan banyak tanjakan.

Pastikan jika Anda mengisi bensin secara penuh dan memastikan ban motor dalam kondisi bagus. Dengan demikian Anda akan bisa sampai ke lokasi wisata goa gajah dengan selamat.

Rute Menuju Goa Gajah

Untuk bisa sampai ke Goa Gajah Anda perlu melakukan perjalanan melalui terminal Giwangan lalu tinggal lurus hingga sampai ke Imogiri timur. Di jalan Imogiri timur Anda bisa menuju ke pasar Imogiri dan nantinya akan menemukan pertigaan dengan papan petunjuk arah yang menunjukkan makam raja-raja. Dari pertigaan tersebut Anda sebaiknya belok kiri.

Ikuti petunjuk arah yang ada di jalan menuju ke arah Dlingodan Mangunan. Selanjutnya Jika Anda sudah dekat dengan kebun Buah Mangunan maka tinggal ke arah selatan. Nantinya akan menemukan petunjuk arah menuju ke Goa Gajah.

Jarak dari kebun Buah Mangunan sampai ke Goa Gajah adalah kurang lebih 2 km. Setelah sampai di sana Anda bisa menghubungi pemandu wisata untuk melakukan reservasi atau mengantar anda untuk melakukan susur goa.