Desa Wisata Puton Watu Ngelak


Desa Wisata Puton Watu Ngelak

Ketika liburan telah tiba, Anda tentu ingin menghabiskan waktu untuk bersenang-senang atau berlibur bersama dengan orang tersayang. Yogyakarta menjadi tempat yang menarik karena menyediakan banyak sekali objek wisata istimewa. Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta dan layak untuk menjadi pilihan liburan  adalah Desa Wisata Puton Watu Ngelak.

Lokasi Desa Wisata Puton Watu Ngelak

Objek wisata yang satu ini berada di Desa puton, Jetis, Bantul, Yogyakarta. Seperti kita tahu bahwa kabupaten Bantul menjadi salah satu kabupaten yang menyediakan banyak objek wisata bagi para wisatawan. Para pengunjung wisata Bantul bukan hanya dari wilayah Jogja saja akan tetapi banyak juga yang berasal dari luar daerah.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa objek wisata ini memang berada di dusun Puton yang memiliki luas sekitar 70 hektar. Di sana terdapat sekitar 1280 jiwa penduduk yang terbagi dalam 393 KK. Objek wisata yang ada di dusun ini yaitu desa wisata Puton.

Anda mungkin saja belum pernah mendengar mengenai Desa Wisata Puton Watu Ngelak ini karena memang tidak sepopuler objek wisata modern yang ada di pusat kota Jogja. Meskipun demikian objek wisata ini tetap layak untuk Anda kunjungi karena memiliki keistimewaan tersendiri.

Sejarah Watu Ngelak

Salah satu hal yang membuat objek wisata ini memiliki keistimewaan adalah pada sejarahnya. Desa Wisata Puton Watu Ngelak memiliki sejarah yang unik yaitu tentang kisah Sultan agung dari Keraton Plered yang melakukan perjalanan. Sultan agung berjalan menyusuri sungai opak yang lokasinya berada di desa Puton menuju ke ke laut kidul. Tujuannya adalah untuk melakukan semedi. Dalam perjalanan, Sultan agung meraba-raba sebuah bukit batu yang disebut dengan gremeng.

Pada bukit batu tersebut Sultan agung merasa haus lalu diberi minum berupa air kelapa oleh seorang anak yang mencari ikan. Dikarenakan hal inilah Desa puton memiliki sebuah bukit batu yang disebut dengan Watu ngelak. Sedangkan nama Puton sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya cucu.

Cucu yang dimaksud adalah anak kecil yang memberikan air kelapa kepada Sultan agung. Anak kecil tersebut merupakan cucu dari janda desa Dadapan.

Potensi Wisata

Selain memiliki sejarah yang unik, Desa Wisata Puton Watu Ngelak ini juga memiliki banyak sekali potensi wisata yang menarik. Setiap pengunjung bisa menikmati berbagai macam potensi wisata di dusun Puton selain adanya Watu ngelak. Beberapa potensi wisata yang cukup menarik di desa wisata ini antara lain seperti kesenian tradisional, peternakan, perikanan, potensi budaya, pemancingan, rumah makan, kerajinan masyarakat, arung jeram sungai opak dan berbagai macam hal menarik lainnya.

Anda yang berkunjung ke desa wisata ini bisa melakukan beragam kegiatan bersama dengan masyarakat asli dari dusun Puton. Apabila sudah selesai melakukan liburan di desa wisata ini Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa kerajinan asli dusun Puton. Beberapa kerajinan asli dari dusun Puton yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh antara lain kerajinan kayu, batik, seni lukis, pahat batu, sudi takir dan bahkan terdapat kerajinan gedebog pisang yang unik.

Anda juga bisa menikmati berbagai macam kesenian menarik yang sering diadakan di dusun Puton ini. Beberapa contoh kesenian tradisional yang sering diadakan adalah seperti ketoprak remaja, karawitan, wayang kulit, tarian tradisional, sholawatan, hadroh, pertunjukan band, gejog lesung dan berbagai macam kesenian khas Jogjakarta lainnya.

Anda juga akan merasa puas ketika berlibur di desa wisata ini karena banyak kuliner menarik yang membuat Anda semakin betah berlama-lama di sini. Setiap pengunjung dapat menikmati kuliner khas dusun Puton seperti sego wiwit, kacang sangan, masakan ikan segar, makanan tradisional yang dijual di pondok wisata dan berbagai macam menu istimewa lain.

Fasilitas Desa Wisata

Desa Wisata Puton Watu Ngelak ini memiliki fasilitas yang juga terbilang lengkap. Fasilitas yang tersedia bagi setiap pengunjung antara lain seperti arena bermain, pemancingan, panggung tempat kemah, gazebo, joglo, mushola, sarana kesenian, homestay, sepeda wisata, andong, dan fasilitas lainnya.

Demikian beberapa keunikan dan keistimewaan dari Desa Wisata Puton Watu Ngelak yang akan membuat Anda semakin tertarik untuk mengunjunginya. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi liburan Anda di Jogjakarta.