Wisata Alam Plunyon Kalikuning, Penjelajahan yang Aman dan Menyegarkan

 


Gunung Merapi, gunung yang sangat terkenal di Indonesia. Kabarnya gunung ini sempat Meletus pada tahun 2010. Namun siapa sangka, saat ini memiliki keindahan yang mampu memanjakan mata. Untuk Anda yang menyukai penjelajahan, Wisata Alam Plunyon Kalikuning menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Wisata alam yang indah ini beralamat di Cangkringan, Kedungsriti, Sidorejo, Umbulharjo kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisinya yang jauh dari pusat Yogyakarta membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 50 menit untuk menuju lokasi. Sekalipun beberapa jalan masih berupa tanah dan bebatuan, namun lokasi masih tergolong mudah ditemukan.  Sekalipun perjalanannya membutuhkan perjuangan Anda tidak perlu khawatir karena akan sebanding dengan panorama keindahan alamnya.

Berikut keistimewaan wisata alam Plunyon Kalikuning yang wajib Anda ketahui

1.    Jembatan Kayu

Untuk Anda yang Gila foto, ini spot foto yang sangat cocok untuk Anda membuat koleksi foto Anda semakin menarik. Asri nan hijau membuat yang memandanginya teracuni ingin datang.  Dibawah jembatan kayu terdapat aliran sungai yang jernih dan segar, melihatnya saja mampu membuat pikiran menjadi refresh Kembali.

 


2.    Jembatan Gantung

Spot foto kedua yang tak kalah bagus dengan jembatan kayu. Untuk Anda yang Gila foto sangat bagus hasilnya berfoto disini. Selain cahayanya yang tepat, keindahan alam yang menjadi background Anda akan terlihat sangat alami dan terlihat sangat professional.  Selain itu tempat ini juga sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari spot untuk foto wedding karena terlihat romantis.

 

3.    Panorama Alam Luar biasa

Keindahan gunung memang luar biasa. Seperti yang ada pada wisata alam Plunyon Kali Kuning ini. Udara yang segar hutan alami dipercaya mampu merefresh otak. Pohon-pohon pinus tegak berdiri disekitar tempat ini menambah keindahan alam. Sekalipun sempat terjadi kerusakan saat erupsi tahun lalu namun pemerintah dan warga berupaya memperbaikinya kembali.

 Selain dapat menikmati panorama Gunung Merapi, Anda juga dapat menikmati kicauan burung di sepanjang jalannya.

 

Suara kicauan burung yang dipadukan dengan keindahan alam banyak yang percaya bahwasannya sangat berdampak bagi psikologis seseorang. Salah satunya mampu meningkatkan kemampuannya bekerja atau kata lainnya mampu membuat seseorang berpikir kreatif. Selain itu kicauan burung juga dikaitkan dengan kenangan atau kesan seseorang terhadap suatu tempat. Untuk kebenarannya Anda yang dapat merasakannya sendiri ya.

 

Nah untuk Anda yang hobi berenang, disini juga disediakan kali untuk berenang yang aman ya. Oya, perlu dicatat ya airnya disini sangat dingin ya. Untuk Anda yang tidak kuat dengan dingin lebih baik jangan coba-coba berenang ya, karena nanti bisa berujung sakit. Namun untuk Anda yang punya fisik kuat tempat ini sangat menyegarkan dan membuat Anda ketagihan untuk berenang disini.

 


4.    Gazebo, tempat nyaman untuk bersantai

Gazebo berwana coklat dengan desain yang unik dan kokoh ini juga sangat bagus untuk dijadikan spot berfoto. Selin dijadikan tempat berfoto, Anda juga bisa beristirahat disini sambil menikmati kesegaran udara dan pemandangannya yang luar biasa.

 

5.    Sumber kali kuning

Nah, perlu diketahui air yang jernih dan menyegarkan ini bersumber dari mata air umbul lanang dan umbul wadon. Mata air ini memiliki ketinggian sekitar 1.250 Mpl. Mata air ini merupakan hulu dari daerah aliran air sungai atau yang disingkat menjadi DAS diantaranya DAS Opak, DAS Progo dan DAS Oya.

 

Nah bagaimana menarik bukan. Selain dapat menikmati keindahan alam ini, untuk Anda yang menyukai camping, tempat ini sangat cocok untuk menambah pengalaman berlibur Anda. Selain tempatnya yang aman juga terdapat banyak fasilitas mulai dari tempat outbound, playground, mushola dan toilet. Jangan khawatir dengan harganya ya, karta tiket masuknya sangat murah hanya 10 ribu rupiah. Sangat ramah kantong kan?

 

Yuk kunjungi wisata alam Plunyon Kali Kuning, jangan lupa bawa kamera dan perlengkapan lainnya ya. Kamera menjadi yang sangat penting untuk mengabadikan momen yang luar biasa. Sangat sayang sekali bila tidak diabadikan. Untuk menambah keseruannya jangan lupa ajak teman dan keluarga ya.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store