Candi Kadisoka Yang Kental Akan Sejarah


Keunikan Candi Kadisoka yang Kental akan Sejarah

Kota Yogyakarta memiliki banyak peninggalan sejarah yang membuatnya ini semakin menarik. Ada begitu banyak candi yang bisa ditemukan apabila anda berkunjung ke Yogyakarta. Selain candi borobudur dan candi prambanan yang populer di wilayah Jogja, terdapat banyak candi kecil yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu candi yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Candi Kadisoka.

Candi Kadisoka adalah salah satu candi yang bersejarah. Anda bisa menemukan candi ini di Dusun Kadisoka, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbeda dengan candi besar yang sangat terkenal di tengah masyarakat, bangunan candi ini sudah tidak terlihat utuh. Awalnya candi Kadisoka ditemukan oleh seorang penambang pasir di sekitar wilayah tersebut yaitu sekitar tahun 2000. Penambang pasir tersebut akhirnya melaporkan penemuannya ke BP3 Yogyakarta.

Di tahun 2001 terjadilah penggalian bebatuan candi untuk melihat secara lebih detil bentuk bangunan candi tersebut. Setelah dilakukan penggalian akhirnya bisa terlihat bentuk candi secara keseluruhan terutama pada candi bagian timur.

Bangunan candi ini memiliki ukuran sekitar 6,90 M x 6,49 M. Bentuknya sangat identik seperti candi candi yang ada di wilayah Jawa tengah. Seperti bangunan candi lainnya, bebatuan yang tersusun membentuk bangunan candi adalah jenis batuan andesit.

Penggalian dibutuhkan waktu yang cukup lama karena Candi Kadisoka tertutup endapan banjir lahar atau luapan lahar dingin yang berasal dari sungai kuning. Pada bagian timur candi terdapat sungai Kuning sehingga membuat pemandangan candi terlihat sangat asri.

Keunikan Candi Kadisoka

Saat ini apabila Anda berkunjung ke Jogjakarta bisa melihat penampakan Candi Kadisoka yang terlihat hanya bagian kakinya saja. Meskipun demikian di sekitar candi tersebut terdapat taman bunga untuk menghiasi bangunan candi agar terlihat lebih menarik.

Saat penggalian, ditemukan sebuah perigi di bagian tengah candi. Terdapat juga peripih emas berbentuk lempengan segi empat dengan berhiaskan menggambar bunga teratai serta bantuan mulia.

Emas peninggalan ini memiliki ciri khas yang unik dan menunjukkan bahwa Candi Kadisoka merupakan peninggalan dari agama hindu. Anda bisa melihat detail bangunan dari dekat apabila berkunjung ke candi ini.

Akses Menuju Candi Kadisoka

Candi yang ada di wilayah ini memang cukup banyak. Selain anda bisa mengunjungi Candi Kadisoka juga bisa berkunjung ke beberapa candi yang ada di sekitarnya seperti candi Sambisari.

Untuk bisa ke candi ini Anda bisa memakai kendaraan roda dua atau roda empat. Akan tetapi agar lebih mudah sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua. Jalan atau akses untuk sampai ke Candi Kadisoka cukup terjal karena masih berupa bebatuan. Dibutuhkan kendaraan yang prima serta kemampuan mengendara motor yang baik agar selamat sampai tujuan.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogjakarta. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan candi ini apalagi saat ini sudah ada aplikasi google map yang membantu Anda untuk menemukan rute tercepat.

Apabila sudah berada cukup dekat dari lokasi candi, jangan ragu bertanya kepada masyarakat sekitar agar tidak tersesat. Nantinya anda bisa menemukan penampakan bangunan candi yang dihiasi dengan berbagai macam tanaman serta bisa menikmati pemandangan di sekitarnya yang terlihat masih asri.

Mengunjungi Candi Kadisoka bisa menambah pengalaman Anda selama berlibur di Jogjakarta. Meskipun lokasinya cukup terpencil dan aksesnya sedikit susah, akan tetapi setelah sampai di sana Anda akan menemukan sesuatu yang sangat berharga karena memiliki sejarah yang istimewa.

Pengunjung yang datang ke candi ini memang tidak seramai pengunjung di candi Prambanan atau candi Borobudur. Ketika Anda berkunjung ke Candi Kadisoka, Anda akan menemukan suasana yang hening dan tenang. Setiap pengunjung bisa dengan leluasa berpose di antara bangunan candi untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Nantinya apabila belum puas mengunjungi satu candi saja bisa memberi ke beberapa candi lainnya. Candi ini layak untuk dikunjungi apalagi jika Anda adalah pecinta wisata sejarah dan senang mengunjungi tempat-tempat unik di Jogjakarta.

Demikian informasi di tentang Candi Kadisoka. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin merencanakan liburan di Jogjakarta.