Bendung Lepen Umbulharjo, Irigasi Kumuh Berubah Menjadi Wisata Nan Cantik


Melihat pemandangan yang cantik mampu membuat perasaan seseorang merasa lebih nyaman dan bahagia. Begitu juga Ketika kita melihat pemandangan yang kotor tentu akan sangat mempengaruhi mood.Jika Anda saat ini sedang butuh melihat pemandangan yang bersih dan indah maka ada banyak tempat wisata yang menawarkan keistimewaannya. Salah satu objek wisata yang saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat Jogja yaitu bendung lepen di Umbulharjo.

Awalnya bendung lepen ini merupakan saluran irigasi yang airnya sangat kotor dan tidak layak untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Akan tetapi kini sudah disulap menjadi tempat wisata yang cantik dan selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan.


Saat ini memang Jogja semakin banyak menyuguhkan tempat wisata baru yang menarik. Semakin hari wisatawan juga semakin ingin mencoba objek wisata baru untuk merasakan sensasi yang berbeda. Wisata ini menjadi tempat yang sangat layak untuk Anda kunjungi karena pemandangan yang indah dengan saluran irigasi yang bersih dan air yang jernih.

Lokasi dari Bandung lapan ini berada di kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo, kota Yogyakarta. Bendung lepen ini lokasinya ada di bagian hulu sungai gajah wong Jogjakarta.

Kesadaran masyarakat sekitar akan potensi wisata di wilayah mereka kini berhasil membuat bendung Lepen menjadi tempat yang sangat layak untuk menjadi destinasi liburan. Saluran ini kini telah diperlebar dan airnya menjadi sangat jernih. Selain itu di dalamnya ada banyak sekali jenis ikan nila dan juga gurameh yang membuat kesan bendungan ini semakin istimewa.

Cocok untuk Foto

Popularitas Bendung Lepen kini semakin menyebar luas karena banyak masyarakat yang mengunggah foto ketika berlibur di sana. Kebanyakan wisatawan senang duduk di pinggir irigasi tersebut sambil memasukkan kaki ke dalam air untuk merasakan segarnya air irigasi yang jernih tersebut.

Jika dilihat perbandingan saluran irigasi sebelum dan sesudah dibuat tempat wisata maka anda akan sangat tercengang melihat perbedaannya. Sekarang Anda tidak akan menemukan limbah di dalam irigasi tersebut. Yang terlihat hanyalah ikan-ikan cantik dengan warna-warna cerah berenang begitu bahagia di dalam air yang jernih.

Jika anda ingin merasakan liburan yang menyenangkan dengan melihat pemandangan sejuk dan segar maka bendung lepen ini sebaiknya dimasukkan dalam daftar liburan anda. Tempat ini juga sangat Instagramable karena terdapat hiasan-hiasan di sekitar irigasi yang membuat tempat ini semakin berwarna.

Menyaksikan Panen dan Sortir Ikan

Apabila Anda datang diwaktu yang tepat nantinya ada kegiatan seru lainnya yang bisa anda temukan. Disini sering kali diadakan acara cara sortir ikan konsumsi atau bahkan penebaran bibit oleh pengelola wisata tersebut. Para pengunjung bisa ikut serta melakukan kegiatan itu. Dan acara ini sangat cocok untuk anak-anak karena mengandung pembelajaran tentang budidaya ikan air tawar.

Pada saat hari libur atau akhir pekan objek wisata Bendung lepen ini akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Peran dari pemuda serta masyarakat di wilayah tersebut benar-benar membuktikan jika sesuatu yang kotor dan kumuh bisa berubah menjadi sesuatu yang sangat indah. Bahkan bisa dikatakan jika pengelola dari wisata tersebut adalah dari masyarakat sendiri atau swadaya. Terdapat sebuah organisasi pemuda yang bernama Mrican Youth yang memiliki peran besar dalam menciptakan objek wisata yang kini telah populer di Yogyakarta.

Kisah Dibalik Perjuangan Para Pemuda

Kita kini bisa menikmati keindahan dari bendung lepen karena jerih payah para pemuda sekitar yang berusaha untuk membersihkan saluran irigasi. Sebelumnya saluran irigasi ini digunakan untuk mengalirkan air ke sawah masyarakat. Masyarakat terutama para pemuda berinisiatif untuk membersihkan irigasi kotor tersebut. Awalnya, para pemuda hanya membersihkan 50 meter saja akan tetapi dilanjutkan hingga 100 m.

Setelah irigasi bersih kemudian para pemuda berinisiatif untuk menebar benih ikan mulai dari 1,2 ton dan kini sudah bisa mencapai 8,5 ton.

Jerih payah para pemuda kini sudah membuahkan hasil yang luar biasa. Para wisatawan yang datang bukan hanya dari masyarakat lokal saja akan tetapi juga banyak wisatawan yang berasal dari mancanegara.

Sudah beberapa kali banyak wisatawan luar negeri yang datang ke Bendung lepen ini mulai dari wisatawan Eropa bahkan hingga wisatawan dari Arab. Bendung lepen mulai perbaiki atau dibuat menjadi objek wisata sejak tahun 2019. Perawatan secara berkala di saluran irigasi ini terus dilakukan hingga hasilnya tampak seperti sekarang.Jika anda ingin menikmati objek wisata ini maka hanya akan dikenakan biaya parkir saja. Lantas bagaimana, Apakah anda tertarik untuk mengunjunginya? Jika ia langsung saja agendakan liburan ke Bandung lepen Umbulharjo Yogyakarta.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store