Jogja Agro Tekno Park, Tempat Eduwisata Seru di Yogyakarta



Yogyakarta memang selalu tidak pernah kehilangan keindahan dan juga pesonanya. Dari masa ke masa, objek wisata baru satu per satu telah dibuka. Salah satunya yaitu objek wisata yang lokasinya berada di kabupaten yang ada di bagian barat Yogyakarta yaitu Kulon Progo.

Jogja Agro Tekno Park merupakan objek wisata yang beralamatkan di kemiri, Wijimulyo, Kulon progo. Jogja Agro Tekno Park adalah sebuah taman wisata edukasi yang didirikan di atas tanah yang memiliki luas sebesar 100 hektar pada rangka modernisasi pertanian dan juga untuk mewujudkan industri pertanian bagi wilayah tersebut. Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulon Progo Tri Hidayatullah di Kulon Progo pada hari sabtu, mengatakan  Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo sudah mempresentasikan sebuah konsep pengembangan Agro Tekno Park kepada Pemda Yogyakarta , Universitas Gajah Mada, dan juga Kementrian Pertanian.

Jogja Agro Tekno Park juga salah satu bagian dalam suatu pemberdayaan petani,dikarenakan hal itu merupakan bagian yang sudah terintegrasi dalam sebuah pembangunan nasional. Jogja Agro Tekno Park merupakan aspek yang cukup penting untuk kemandirian ekonomi dan juga pemerataan pembangunan yang berkeadilan, perberdayaan secara gabungan kelompok tani atau disingkat dengan gapoktan dan juga sebagai kebijakan yang pro kemiskinan, pro pekerjaan dan pro petumbuhan.




Jogja Agro Tekno Park adalah basis teknologi yang untuk memfasilitasi pecepatan alih fungsi teknologi yang didapatkan dari sebuah lembaga penelitian dan juga perusahaan pertanian. Dengan dikembangkan Jogja Agro Tekno Park tersebut bertujuan untuk menjadi pusat suatu penerapan teknologi pada bidang pertanian, peternakan dan juga perikanan yang dimulai dari sub yang bersistem hulu sampai dengan hilir.

Dengan adanya Jogja Agro Tekno Park akan dapat membangun sebuah penerapan teknologi yang khususnya dibidang pertanian, yaitu meliputi prapanen, pascapanen terdiri pemasaran yang berasal dari hasil yang sudah diterapkan untuk ekonomi dan juga pembangunan diseminasi tekonologi serta tempat advonasi pertanian dan juga menerapkannya sebuah sistem pertanian yang bersifat modern yang memperlihatkan industri pertanian tersebut.

Hal yang Didapat Saat berkunjung

Jika sudah memasuki objek wisata taman Jogja Agro Tekno Park, pengunjung akan disembut dengan sebuah taman bunga dan juga taman sayur. Pada bagian tengah-tengah taman pada bagian timur, akan ada sebuah patung hewan kerbau yang dapat pengunjung jadikan tempat berfoto yang unik dan menyenangkan. Setelah itu, pada bagian tengah ada patung yang berbentuk hewan sapi juga. Di bagian sebelah barat akan nampak patung bentuk hewan kambing, dan untuk sebelah utara patung hewan kerbau ada beberapa patung miniatur berbentuk tugu Jogja yang dijadikan sebagai ikon dari propinsi Yogyakarta. Pada salah satu sudut lahan disediakan pendopo yang dapat digunakan sebagai sarana kegiatan.




Pada sisi yang lainnya juga ada beberapa sepeda onthel tua dan juga sebuah becak yang colourfun.

Tata ruang tanaman dan juga spot kendaraan tersebut dibuat secara menarik. Pada setiap sudut taman ini akan disuguhkan sebuah pemandangan yang indah dan cantik

Pada bagian utara akan ada sebuah gedung yang berukuran besar yang tidak memiliki atap ( beratap tembus pandang atau transparan ) dimana gedung tersebut sebagai tempat untuk budidaya tanaman sayur yang bisa pengunjung petik sendiri. Tanaman yang dapat dipetik sementara ini yaitu sayuran tomat,sayur terong dan juga cabai. Untuk sayur tomat yang berwarna hijau perkilonya diberi harga sejumlah Rp. 4000 sedangkan untuk tomat yang berwarna merah seharga Rp. 5000. Harga tersebut dibilang cukup murah, sayuran tersebut masih segar karena langsung dipetik sendiri dari pohonnya.

Harga Tiket Masuk ke Jogja Agro Tekno Park

Sementara sampai saat ini Jogja Agro Tekno Park belum mematokan tarif yang pasti untuk masuk. Tetapi, ada sebuah kotak yang berdekatan di pos security yang sudah tersedia untuk pengunjung yang ingin memberikan dana perawatan seikhlasnya.

Jadi, sangat disarankan bagi pengunjung yang ingin berlibur di taman ini. Taman ini cukup ideal untuk anak-anak mengenai budidaya tanaman, berkebun atau bertani. Tidak hanya itu, ditaman ini juga sekaligus dapat dijadikan spot foto yang menarik dan pastinya menyenangkan. Jogja Agro Tekno Park ini dibuka jam enam pagi sampai jam enam sore.

Kebun yang bersifat edukasi ini sangat cocok sebagai sarana belajar bagi masyarakat pada khususnya untuk anak-anak. Dengan begitu pengunjung dapat mengajak teman-teman, keluarga dan rombongan untuk berlibur ke taman Jogja Agro Tekno Park ini. Terima kasih.



Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store