Mengenal Pesona Wisata Pantai Krokoh Di Girisubo Gunung Kidul Yogyakarta


Sampai saat ini Yogyakarta memang mempunyai banyak wisata alam pantai yang menjadi tempat wisata andalan, khususnya di daerah Gunung Kidul. Pantai-pantai di sana yang mempunyai pasir berwarna putih menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.Di daerah Gunung Kidul memang begitu terkenal akan pantai-pantai yang begitu unik dan juga indah. Diantaranya yaitu seperti Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Pok Tunggal, Pantai Baron dan pastinya masih banyak lagi. Pantai-pantai yang begitu mainstream yang memiliki fasilitas lengkap dan memadai biasanya akan lebih ramai pengunjungnya, apalagi saat hari libur ataupun akhir pekan. Mungkin hal itu tidak menjadi masalah untuk sebagian pengunjung, tetapi ada beberapa wisatawan tidak menyukai suasana pantai yang ramai.

Pantai Masih Asri dan Sepi

Jika Anda salah satu wisatawan yang tidak menyukai suasana pantai yang ramai, maka pantai Krokoh ini bisa menjadi tujuan berwisata. Pantai Krokoh ini berada di daerah Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Krokoh merupakan sebuah pantai yang begitu indah, menarik dan juga cantik. Jika Anda sudah berada atau mengetahui kelurahan Girisubo, dan ingin berkunjung ke Pantai Krokoh hanya menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dari kelurahan tersebut.

Letak pantai Krokoh ini cukup terpencil, dan juga penuh dengan perjuangan saat menempuh perjalanan menuju ke lokasi pantai, namun hal tersebut akan langsung terbayarkan dengan keindahan yang disuguhkan dan juga perjalanan wisata Anda tidak akan terasa sia-sia. Anda akan lagsung melihat pemandangan yang begitu menawan. Rasa lelah perjuangan menuju ke lokasi pantai dan juga penatnya aktivitas sehari-hari akan langusng hilang dan pikiran akan berasa segar kembali.   




Rute Menuju Pantai Krokoh

Jika dari kota Yogyakarta jarak menuju ke Pantai Krokoh adalah kurang lebih 92 kilometer dengan menempuh waktu selama sekitar 3 jam perjalanan. Rute terbaik untuk menuju ke lokasi Pantai Krokoh yaitu dapat melewati jalan utama menuju di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Selanjutkan perjalanan menuju kecamatan Paranggupito. Setelah itu ikuti saja petunjuk arah menuju ke Pantai Sembukan. Kemudian melanjutkan perjalanan melewati jalan desa, sehingga harus membutuhkan bantuan aplikasi Google maps sebagagai petunjuk jalan.

Jalan desa yang dilewati tersebut tidak begitu luas dan hanya terbuat dari cor yang berkondisi sudah halus, namun ada beberapa kondisi cornya yang sudah berlubang. Setelah menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 4,5 kilometer, namun belum langsung sampai di lokasi pantai.

Kendaraan tersebut dapat diparkir di halaman rumah masyarakat setempat dan harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sekitar 500 meter untuk dapat sampai di lokasi pantai Krokoh. Hal tersebut dikarenakan jalan unuk menuju ke bibir pantai belum begitu bagus, jadi akan rawan terperosok jika menggunakan kendaraan.

Menurut masyarakat setempat, jalan untuk menuju ke pantai Krokoh akan diperbaiki lagi. Targetnya jika perbaikan jalan tersebut sudah selesai, maka akan bisa menggunakan kendaraan menuju bibir pantai dengan cepat dan mudah.

Beberapa langkah kaki sudah melangkah, birunya air laut akan mulai terlihat indah dari kejauhan dan juga beriringan dengan suara ombak yang semakin keras terdengar. Terus berjalan, hingga tibalah di pantai Krokoh. Jika sudah tiba di Pantai Krokoh ini akan langsung merasakan ketenangan, karena pantai tersebut bersuasana sunyi.

Keindahan hamparan luas pasir putih dan juga jernihnya air laut langsung menyambut kedatangan Anda. Kesan sebuah pantai yang berada di Gunung Kidul  yang ramai pengunjung akan hilang seketika, pantai Krokoh akan seolah-olah menjadi pantai milik sendiri.

Anda hanya akan mendengar suara deburan ombak air laut dan juga suara angin yang berhembus menerpa pepohonan disekitar pantai. Tidak hanya itu saja namun sesekali anda akan mendengar kicauan burung yang menghiasi pendengaran.

Dua Tebing Tinggi yang Menakjubkan Mata 

Pantai krokoh berada pada dua tebing yang menjulang tinggi dan memiliki ciri khas pantai di daerah Gunung Kidul, yaitu pantai berpasir putih. Susana di pantai tersebut begitu masih asri karena belum ada fasilititas yang dibangun di pantai tersebut. Jika Anda ingin berkunjung dipantai ini disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri, karena belum ada warung-warung makan di sekitar pantai Krokoh tersebut.

Sekian ulasan singkat mengenai wisata alam Pantai Krokoh Gunung Kidul. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan menjadikan inspirasi liburan saat hari pekan atau liburan sudah tiba. Terima kasih.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store