Sensasi Unik Berwisata Di Pantai Parang Racuk Gunung Kidul


Liburan selalu dihubungkan dengan senang-senang dan juga pergi berwisata. Pergi berlibur di tempat wisata dilakukan sebagai pemanfaatan pada sumber daya alam. Wisata budaya digunakan sebagai pengenalan kebudayaan setempat. Pantai termasuk salah satu dari wisata alam.

Akan banyak pantai yang dapat kita jumpai dan juga kunjungi untuk mengisi waktu luang. Salah satu diatara beberapa pantai indah yang berada di daerah Gunung Kidul yaitu Gunung Parang Racuk.

Pantai Parang Racuk ini lokasinya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata alam ini tidak begitu jauh dengan pantai Baron tepatnya terletak disebelah barat pantai tersebut, kurang lebih 3 km.

Hamparan Pasir Luas

Pantai ini dikenal tidak memiliki hamparan pasir yang begitu luas, tetapi memiliki sebuah tebing yang tinggi kurang lebih sekitat 15 meter. Jika anda berkunjung di pantai Parang Racuk, maka dapat sekaligus melihat jajaran pantai yaitu seperti pantai Baron, pantai Kukup, dan juga pantai Sepajang. Suara deburan ombak yang menghantam bukit yang menjulang tinggi tersebut memberikan pemandangan yang menakjubkan.

Untuk anda yang memiliki hoby fotografi, berkunjung di pantai ini pastinya akan mendapatkan angle-angle yang sangat menarik. Bisa didapatkan dari sebuah pemandangan pantai dari ketinggian, ombak-ombak yang menghantam bukit, ataupun aktifitas para pemancing, karena di pantai Parang Racuk juga sering dijadikan spot utuk memancing juga.




Memiliki Banyak Spot Memancing

Pantai ini memiliki beberapa spot memancing yang favorit karena cukup dikenal dengan ikan-ikannya yang berukuran besar. Tidak hanya itu saja, namun dipantai ini juga kaya akan biota lautnya.

Jika anda mengagendakan liburan di pantai Parang Rucuk tidak akan menyesal, karena akan diberikan paket lengkap wisata. Pemandangan alam yang begitu indah yang dihiasi dengan pegunungan yang berada di sekitar pantai tersebut.

Air yang memiliki warna biru dan juga bertemu dengan birunya langit dan putihnya awan akan memanjakan mata anda. tidak hanya itu saja namun juga ditambah dengan deburan gelombang air laut yang bertemu dengan tebing-tebing menambah keramaian pantai ini.

Pantai Parang Rucuk ini cukup sepi, maka hal itu akan memberikan kesempatan untuk wisatawan supaya dapat mengeksplore seluruh sudut pantai ini. Pengunjung dapat menjelajahi indahnya alam disekitar dan potensi-potensi yang dimiliki pantai ini seperti halnya ikan-ikan laut yang ada, kerang-kerang, rumput laut ataupun landak laut yang dapat anda temui disini.

Jalan untuk menuju ke pantai Parang Rucuk atau sering disebut dengan pantai Sanglen saat ini akan semakin dipermudah dengan adanya sebuah google map. Dengan adanya google map ini pengunjung akan semakin dimudahkan untuk menemukan pantai Parang Rucuk tersebut.

Rute Menuju Lokasi

Jika dari rute kota Yogyakarta, anda dapat menuju ke jalan Wonosari lalu ke Piyungan hingga ke bukit Patuk Gunung Kidul. Pada bukit ini anda pun bisa menyempatkan melihat-lihat pemandangan yang dimiliki sebelum untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Sambiptu dan juga Hutan Bunder. Setelah itu dilanjutkan perjalanan ke Playen dan juga pasar Wonosari. Sebelum Polres ambil kanan dan menuju jalan Baron.

Selanjutnya pada SMK Pelayaran lurus terus hingga sampai di Kemadang. Sebelum pertigaan atau sebelum pantai Baron ambil kanan dan ke kiri hingga sampailah di objek wisata pantai Parang Rucuk Gunung Kidul.

Saat ini pada penggunakan energi alternatif memang sepat didegungkan. Hal tersebut dikarenakan sumber energinya tidak diperbarui dan akan membuat lama kelamaan menjadi habis. Sekarang pemanfaatan energi terbarukan pada umumnya memanfaatkan sumber daya alam seperti air, angin, sinar matahari, air laut, pasang  dan gelombang yang berasal dari air laut dan masih banyak lagi.

Tidak hanya sebagai objek wisata pantai saja, namun pantai Parang Rucuk ini juga dijadikan sebuah potensi sumber energi alternatif yang pada khusunya menggunakan  sebuah sinar dari matahari dan juga gelombang air laut, karena ombak yang dimiliki pantai ini dikenal cukup besar.

Pantai ini mempunyai beberapa bukti potensi energi alternatif dengan adanya prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan menggunakan solar cell-nya. Prototipe ini dibangun pada tahun 2002 dan juga dimanfaatkan sebagai pengembangan energi alternatif yang menggunakan tenaga surya atau sinar matahri.

Tidak hanya itu saja, namun juga adanya prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang (PLTG) . pada prototipe ini dimanfaatkan sebagai pengembangan energi alternatif dengan menggunakan gelombang air laut atau ombak laut. Dengan adanya kedua prototipe tersebut dan juga berbagai peralatan mendukung seperti kincir angin juga memberikan pemandangan yang unik dan menarik.

Semoga artikel yang membahas mengenai Pantai Parang Rucuk menambah pengetahuan dan juga dapat menambah list untuk mengisi liburan Anda.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store