Keindahan Tersembunyi Di Pantai Pringjono


Saat ini sudah banyak pantai yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk berlibur atau berwisata yang tepatnya di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Beberapa pantai yang sudah populer diantaranya yaitu seperti pantai Drini, pantai Pok Tunggal. Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Nglambor, Pantai Jogan dan masing banyak lagi. Jika Anda ingin berlibur di sebuah pantai yang memiliki suasana yang tenang, dan pastinya anti-mainstream, mungkin Pantai Pringjono bisa dijadikan pilihan untuk mengisi waktu liburan.

Lokasi Pantai Pringjono

Pantai Pringjono lokasinya terletak di kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya berada di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Pantai tersebut merupakan sebuah pantai yang kecil yang lokasinya tidak begitu jauh dengan pantai lainnya yang sudah dahulu populer, diantaranya seperti Pantai Nampu yang berada di Wonogiri dan juga Pantai Nguyahan di Gunung kidul. Pantai ini termasuk pantai yang tersembunyi, jadi masih sedikit wisatawan yang datang untuk berwisata di lokasi ini.

Rute untuk menuju pantai ini cukup mudah. Jika dari pusat kota Yogyakarya, anda dapat ke Jalan Wonosari, ke Bukit Bintang, setelah itu lurus pada perempatan Patuk, rest area dan Hutan Bunder, lalu ambil ke kanan pada pertigaan Bandara Gading atau jalan menuju ke Pantai Playen, setelah itu ikuti saja jalan tersebut sampai melewati hutan suaka marga satwa Paliyan dan Anda dapat ikuti petunjuk arah yang menuju ke Pantai Ngobaran.

Jika sudah sampai di Pantai Ngobaran atau dengan Pantau Nguyahan, jangan lupa untuk menyiapkan bekal secukupnya, karena dari titik tersebut Anda masih melakukan trekking atau dengan berjalan kaki menuju ke Pantai Pringjono. Dari sebuah bukit yang berada di sebelah barat pantai Nguyuhan, ada sebuah jalan setapak menuju ke arah selatan, ikuti jalan tersebut.

Jika sudah sampai di atas bukit, Anda akan bertemu dengan jalan setapak dengan bebatuan yang bertumpuk, ikuti jalan tersebut sampai menemukan sebuah jalan rambatan kecil untuk menuju ke bawah arah laut. Sesudah kurang lebih  20 menit berjalan kaki, tibalah Anda di Pantai Pringjono tersebut.




Pesona Pantai Pringjono

Lelahnya setelah berjalan kaki menuju ke Pantai Pringjono ini akan terbayarkan dengan indahnya pesona alam yang disuguhkan khusus untuk Anda. Pantai Pringjono ini merupakan pantai yang masih sepi, belum banyak wisatawan yang berkunjung. Namun akan diramaikan dengan sebuah deburan ombak laut dan juga suara dedaunan yang ditupkan angin yang dapat Anda dengarkan. Pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya yang berada di Gunung Kidul, pantai yang juga memiliki pasir yang berwarna putih dan juga kaya akan biota laut seperti ikan-ikan kecil yang hidup dan sembunyi di sela-sela terumbu karang saat air laut sedang surut.

Terdapat Batu Karang Besar

Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri diantaranya yaitu memiliki sebuah batu karang yang berukuran besar secara berserakan berada di sisi timur. Hal itu dikarenakan hasil patahan yang berasal dari bukit tinggi yang ada di bagian belakang.

Tidak hanya itu saja dipantai ini juga tumbuh pohon kreben, pohon tersebut merupakan pohon yang memiliki bunga dan juga buah yang sungguh unik serta menjadi sebuah pohon yang khas di daerah Yogyakarta. Pohon tersebut dapat Anda jumpai di halaman Keraton Jogja. Pada bagian barat juga terdapat sebuah batu-batu besar yang memiliki bentuk agak bulat yang berserakan, namun hal itu menjadikan keunikan tersendiri dan membuat indah pantai ini.

Jika Anda menginginkan suasana sepi saat berlibur, pantai Pringjono ini sangat cocok dan rekomendasi. Saat berada di pantai tersebut Anda dapat merasakan ketenangan, kedamaian dan pastinya untuk mernyegarkan kembali pikiran dari ritunitas sehari-hari yang begitu melelahkan. Tidak hanya itu saja,namun Anda juga dapat berfoto-foto dengan background  pemandangan yang begitu mempesona.

Pantai Pringjono ini lokasinya tersembunyi dan masih sepi pengunjung, maka pantai tersebut belum memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti warung-warung makan. Jadi sangat disarankan jika Anda ingin berwisata di pantai ini, alangkah baiknya untuk membawa bekal sendiri, terlebih jika Anda ingin melakukan kegiatan kemah disini dan pastinya harus membawa perlengkapannya.

Demikian ulasan singkat mengenai wisata Pantai Pringjono di Gunung Kidul. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga dapat menginspirasi Anda untuk mencoba berwisata di Pantai Pringjono.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store