Grojogan Watu Purbo, Air Terjun 7 Tingkat Di Jogja


Destinasi wisata di Jogja seakan tak ada habisnya, dan selalu ada yang baru terus. Tak heran jika banyak wisatawan yang selalu menjadikan Jogja sebagai pilihan tempat liburan. Warganya yang ramah kepada setiap orang dan biaya hidupnya yang murah, membuat siapapun ingin selalu kembali ke Jogja.

Grojogan Watu Purbo yang terletak di Dusun Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman menjadi destinasi yang tengah viral beberapa waktu terakhir. Grojogan Watu Purbo merupakan dam yang memiliki 7 tingkat.

Dam Lahar Dingin Merapi

Dam 7 tingkat ini dibuat untuk menahan lahar dingin yang mengaliri aliran Sungai Krasak, salah satu sungai yang berhulu di Merapi. Grojogan Watu Purbo dibuat menjadi 7 tingkat supaya kuat dan mampu menahan laju aliran material lahar dingin. Dam tersebut kini nampak seperti air terjun 7 tingkat yang mempesona.

Saksi Bisu Keganasan Gunung Merapi

Pada 2010 lalu, Gunung Merapi meletus dahsyat. Volume material yang dikeluarkan sangat banyak. Saat musim hujan material lahar membanjiri aliran-aliran sungai yang berhulu di Merapi. Salah satunya Kali Krasak.

Grojogan Sewu Purbo yang ada di Kali Krasak pun tak luput dari terjangan lahar dingin. Meskipun sudah berumur cukup tua, tetapi mampu dan kuat menahan laju lahar dingin. 

Tahun 2017 warga sekitar menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata. Saat itu belum banyak pengunjung dari luar daerah. Baru pada tahun 2019, Grojogan Watu Purbo dibuka untuk umum.

Pemandangan Eksotis di Grojogan Watu Purbo

Pemandangan Grojogan Watu Purbo yang sangat eksotis menyedot perhatian banyak orang. Setiap tingkat dam mempunyai ketinggian 3 meter hingga 7 meter. Pengunjung pasti akan tertegun melihat arsitektur bangun dam ini.

Sebaiknya datang ke destinasi wisata baru Jogja ini saat musim penghujan, karena aliran airnya begitu deras. Aliran air yang jatuh dari setiap dam menghasilkan keindahan air terjun yang indah dan eksotis. Air terjun yang menghantam permukaan air di bawah dam menghasilkan seperti uap. Membuat pemandangan Grojogan Watu Purbo kian mempesona setiap mata yang melihat.




Spot Foto Terbaik Jogja

Salah satu spot foto terbaik di Jogja salah satunya adalah Grojogan Watu Purbo. Sudah banyak para para pemburu foto instagrammable, fotografer yang mengabadikan keindahan dam 7 tingkat ini. Banyak juga yang mengambil tempat ini sebagai latar foto pre wedding mereka. Apabila anda ingin foto yang berlatarkan keindahan alam yang asri dan mempesona, Grojogan Watu Purbo bisa anda jadikan pilihan.

Liburan Murah Nan Indah di Jogja

Pengunjung tak perlu mengeluarkan uang tiket masuk untuk menikmati keindahan air terjun 7 tingkat di Sleman. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja, itupun sangat terjangkau. Sepeda (Rp. 2.000), sepeda motor (Rp. 5.000), mobil (Rp. 10.000), bus (Rp. 20.000).

Sangat murah kan? Liburan murah di Jogja kita sudah mendapat kepuasan yang akan menjadi kenangan indah. Keindahan alam, keindahan budaya yang dimiliki Jogja tidak ternilai harganya, namun kita semua bisa merasakannya.

Asal-Usul Nama Grojogan Watu Purbo

Setiap nama mempunyai asal-usulnya sendiri, demikian juga dengan Grojogan Watu Purbo. Semua kata berasal dari Bahasa Jawa, ‘Grojogan’ memiliki arti air terjun, ‘watu’ adalah batu, sedangkan ‘purbo’ artinya purba atau sangat tua. Banyak batu di sekitar dam 7 tingkat Sleman ini yang berusia sangat tua. Jadi dinamakan Grojogan Watu Purbo, yang mana di sekitar air terjun banyak batuan yang usianya sangat tua.

Dam 7 tingkat tersebut dibangun pada tahun 1975, sudah cukup lama. Fungsinya untuk menahan aliran lahar dingin atau hasil erupsi Merapi yang melewati Sungai atau Kali Krasak.

Rute Menuju Lokasi

Destinasi wisata Jogja Grojogan Watu Purbo terletak di Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, tepatnya ada di Dusun Bangunrejo. Dari Kota Jogja, pengunjung bisa menuju ke arah Jalan Magelang. Sampai di lampu merah Tempel, ambil jalan ke arah utara atau belok ke kanan. Pengunjung akan melihat gapura Desa Merdikorejo dan penunjuk jalan ke arah Grojogan Watu Purbo. Tempat wisata Jogja ini buka dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB