Wisata Goa Kalisuci Gunung Kidul


Gunung Kidul yang dulu terkenal akan wilayah yang tandus dan gersang saat ini sudah beranjak menjadi sebuah daerah yang kaya dengan objek wisata yang begitu luar biasa indahnya. Kemajuan dalam bidang pariwisata membuat ekonomi warga sekitar Gunung Kidul kini juge semakin baik. Tidak hanya menyuguhkan deretan berbagai pantai-pantai yang begitu indah, namun Gunung Kidul juga memiliki sebuah spot berfoto yang begitu unik dan juga dikatakan langka didunia. Salah satu objek wisata yang kini sedang populer akan dengan keindahan dan keunikannya yaitu Cave Tubing Goa Kalisuci. Di dunia ini hanya terdapat dua objek wisata yang sejenisobjek wisata Cave Tubing Goa Kalisuci ini yaitu dinegara Mexico dan New Zealand.

Jika Anda berkunjung di Goa Kalisuci ini akan mendapatkan sensasi yang luar biasa. Mengunjungi objek wisata ini akan menjadi petualangan yang seru. Pengunjung dapat melakukan aktivitas menyusuri goa dan juga body rafting di Goa. Kegiatan wisata in dikenal dengan sebutan Cave Tubing, dan di dunia ini hanya ada tiga lokasi, yaitu di Mexico, New Zealand dan juga di Gunung kidul. Objek wisata ini terdapat aliran sungai yang bentuknya berkelok-kelok yang airnya mengalir dari ketinggian. Air yang mengalir juga dimilikinya warna biru kehijauan dan berpadu dengan warna coklat tanah, dedaunan dan tebing.

Sensasi di dalam goa

Begitu Anda sudah masuk di Goa Kalisuci ini suasana akan langsung berubah. Saat dilihat dari bagian luar anda akan melihat aliran sungai yang terbuka, setelah masuk ke dalam gua maka anda akan merasakan suasana remang-remang cukup gelap. Seketika itu juga anda akan merasakan suasana yang sejuk dan juga dingin. Gua Kalisuci memiliki langit-lagit yang dihiasi dengan stalaktit yang banyak bergelantungan dan hal itu memberikan kesan tersendiri. Di dalam gua terdapat banyak hewan kelelawar sehingga pengunjung bisa merasakan kesan alami dan penuh dengan sensasi ketika liburan kesini.

Karena aliran sungai yang berada di bawah tanah ini begitu berkelok-kelok, maka akan membuat petualangan Anda semakin menyenangkan. Tebing-tebing yang dimiliki gua ini begitu eksotis, keindahannya begitu seperti tidak ada bandingnya. Pengunjung tidak perlu khawatir jika ingin melakukan kegiatan cave tubing ini, karena disini juga ada pemandunya yang akan menemani petualangan untuk masuk ke dalam gua.




Objek wisata yang populer hingga manca negara

Kini Cave Tubing di Kalisuci ini sudah populer dan terkenal sampai ke luar negeri. Objek wisata ini merupakan sebuah perpaduan arung jeram dan juga kegiatan susur gua yang begitu mempesona. Tidak hanya itu saja, bahwa kini Gua Kalisuci diakui menjadi salah satu warisan dunia melalui dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1993. Mulai dengan tanggal 6 Desember 2004 objek wisata Goa Kalisuci sudah diresmikan menjadi kawasan Eco Kars oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jalur penyusuran ini memiliki total panjang 600 sampai dengan 700 meter, untuk melakukan kegiatan itu akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam.

Jalur yang harus dilewati dilewati ketika melakukan kegiatan cave tubing di goa ini antara lain Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan akan berakhir di Gua Mburi Omah. Kedalam yang dimiliki sungai ini tidak sama rata atau bervariasi, antara 1 sampai dengan 3 meter. Meskipun untuk menyusuri goa ini membutuhkan waktu pejalanan yang lama, namun tidak akan terasa karena Anda akan disuguhkan pemandangan gua yang indah sambil mendengarkan pemandu wisata bercerita mengenai sejarah Kalisuci ini.

Lokasi dan Rute Wisata Ga Kalisuci

Kawasan wisata Cave Tubing Goa Kalisuci ini letaknya berada di desa Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dengan kota Jogja ini hanya sekitar 60 KM atau butuh waktu perjalanan selama 2 jam.

Jika Anda berangkat dari Jogja maka anda bisa melewati jalur menuju Piyungan- patuk-Sambipitu-Hutan Rest Area Bunder-Pertigaan Lanud TNIU AU Gading. Lalu Anda ambil arah jalan lurus saja ke Siyono ke arah alun-alun Wonosari. Setelah itu arah ke Baleharjo menuju Jembatan Jirak Semanu, jika sudah sampai ke perempatan timur jembatan maka bisa langsung ambil kanan ke Pasar Semanu. Tiba di pertigaan Tri Wana Sakti ambil kanan, dan sekitar 800 meter akan memasuki kawasan wisata Kalisuci.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, bisa ikut dari terminal Giwangam dan turun ke simpang lima Wonosari. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot menuju ke Kecamatan Semanu.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Gua Kalisuci

Objek wisata Gua Kalisuci ini mulai buka pada pukul 08:00 sampai dengan jam 16:00 WIB. Harga tiket masuk ke obejk wisata ini dipatok sebesar Rp 5000. Sedangkan jika ingin berkegiatan cave tubing harga tiketnya sebesar Rp 70.000 per orang. Untuk sekali berangkat, minimal anggotanya adalah sekitar 5 orang. Fasilitas yang disediakan di lokasi ini sudah cukup memadai. Antara lain adanya toilet, area parkir,dan juga banyak warung-warung makan. 

Jika Anda sudah begitu penasaran akan keindahan Gua Kalisuci ini dan ingin mencoba melakukan Cave Tubing segera agendakan untuk mengisi waktu liburan. Sekian dan terima kasih.

Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store