Goa Jomblang Mempesona, Gunung Kidul


Kota Yogyakarta memang terkenal akan keindahan berbagai destinasi wisatanya. Salah satu kebupaten di Jogja yang memiliki banyak objek wisatanya yaitu Gunung kidul. Didaerah tersebut terdapat beraneka ragam goa yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya. Diantaranya seperti Gua Pindul, Gua Tanding, Gua Kalisuci, dan Goa Rancang Kencono. Salah satu Goa yang tidak kalah menarik di Gunung Kidul, yaitu Goa Jomblang.

Goa Jomblang adalah sebuah objek wisata goa yang memiliki bentuk vertikal. Goa tersebut berbentuk vertikal karena permukaan tanah yang runtuh. Runtuhya tanah dikawasan tersebut tidak membuat tanaman yang tumbuh disekitarnya menjadi hancur namun justru ikut turun ke bawah dan pastinya tumbuh dengan sempurna lalu membentuk sebuah hutan di dalam Goa Jomblang. Hutan yang berada didalam gua itu diberi nama dengan sebutan Hutan Purba.

Goa ini dijadikan sebuah ikon di daerah Geopark Gunung Sewu setelah ditentukan menjadi anggota Geopark Network. Sebelumnya pada tahun 2011 kawasan wisata ini dipakai syuting dalam sebuah acara game show dari negara Amerika. Alasannya karena objek wisata ini memiliki sebuah keindahan dari sinar matahari yang memasuki Gua Jomblang dan membuat para wisatawan menjadi terpukau. Cahaya matahari yang masuk ke dalam Gua tersebut sering disebut Cahaya dari surga.




Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan saat mengunjungi Gua Jomblang Gunung Kidul ini. Diantaranya yaitu melakukan susur gua. Anda dapat melakukan kegiatan tersebut untuk menambah pengalaman yang menyenangkan. Jika Anda berkunjung di objek wisata Goa Jomblang, anda akan menemukan beberapa akses untuk masuk, yaitu terdapat akses viv, akses A,B,dan C. Apabila Anda memilih akses viv, maka anda bisa menyelusuri gua ini dengan berjalan kaki dan setelah itu turun dari ketinggian sekitar 20 meter. Sedang untuk akses A yaitu 80 meter, B 60 meter dan untuk C 40 meter.

Saat anda menyelusuri gua Jomblang, anda tidak perlu cemas dan juga merasa takut, karena disini sudah ada seorang pemandu yang sudah ahli. Pemandu akan memandu anda dengan menggunakan peralatan SRT ( Single Rope Tehnique) yang pastinya aman. Saat anda sudah tiba di dasar gua Jomblang, penganjung  langsung disuguhi pemandangan tumbuhan-tumbuhan purba yang tumbuh di dalam gua tersebut.

tumbuhan yang tumbuh dibagian dinding  goa terlihat begitu hijau dan subur. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa berpetualang untuk menyusuri lorong-lorong yang ada di gua Jomblang. Lorong-lorong tersebut menghubungkan antara Gua Jomblang dengan Gua Grubuk. Jika ingin melihat Gua Grubuk juga, maka anda harus berjalan kaki. Lorong tersebut disusun dengan batu yang memiliki panjang sekitar 300 meter dan di atap goa ini terdapat banyak stalaktit, stalagmite dan juga kristal yang membuat para pengunjung tidak merasa bosan.

Harga tiket

Tiket masuk di Gua Jomblang ini sebenarnya gratis  jika Anda sudah mempunyai peralatan milik sendiri, namun sebelumnya tetap harus meminta izin kepada kepala Dukuh yang ada di daerah tersebut. Tetapi, jika anda membutuhkan jasa operator, maka harus membayar jasa untuk pemandu dan juga peralatannya. Pengunjung bisa membayar Rp 450.000 sampai dengan Rp 1.000.000 tergantung dengan fasilitas yang akan anda dapatkan. Harga tersebut hanya untuk satu orang saja. Harga tersebut memang bisa dikatakan cukup mahal, namun hal itu sebanding dengan pengalaman seru yang akan anda dapatkan saat berada didalam gua Jomblang ini.

Jam buka

Goa Jomblang ini mulai buka pada pukul 08:00 WIB sampai dengan jam 14:00 WIB. Namun, jika anda ingin melihat pemandangan yang begitu luar biasa, sebaiknya berkunjung pada jam 10:00 WIB sampai dengan 12:00 WIB saja, dikarenakan pada jam-jam tersebut sinar matahari yang masuk ke dalam goa begitu sempurna dengan catatan jika hari sedang cerah.

Fasilitas yang ada di Goa Jomblang ini cukup memadai, seperti adanya toilet, kamar mandi, area untuk parkir, dan juga tempat beribadah. Di dekat Gua Jomblang juga terdapat rumah milik Kepala Dukuh, dan biasanya dijadikan sebagai tempat persinggahan sekaligus tempat untuk menitipkan barang-barang sementara.

Sekian artikel yang membahas tentang Goa Jomblang Gunung Kidul. Jika Anda penasaran dengan Goa tersebut berliburlah dan jadikan objek wisata ini menjadi pilihan pengisi waktu liburan anda. Terima kasih

Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store