Puncak Sosok Bawuran, Banyak Aktivitas Seru Bisa Dilakukan oleh Wisatawan di Sini

Bawuran merupakan sebuah desa sekaligus tempat wisata andalan di Bantul. Desa bawuran terletak di sebelah timur Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Di Bawuran terdapat puncak yang terkenal di antara para pelancong wisata, yakni Puncak Sosok Bawuran.

Puncak sosok Bawuran adalah tempat wisata yang mempunyai daya tarik yang begitu tinggi. Meskipun tergolong sebagai sebuah wisata baru, namun pengunjung yang datang sudah banyak.

Lokasi

Puncak Sosok Bawuran beralamt lengkap di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Lokasi tepatnya berada di Jalan Imogiri Timur, atau Jalan Pleret yang mengarah Desa Bawuran. Puncak sosok bawuran letaknya pun tidak jauh dari objek wisata Puncak Gebang.




Rute Menuju Lokasi

Dari kota jogja perjalan bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan empat. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam. Dari Kota Yogyakarta, anda bisa menuju ke daerah pleret dengan melalui jalan Imogiri Timur. Atau anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Puncak Sosok Bawuran

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Puncak Sososk Bawuran. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa anda lakukan di sana.

Mencoba Trek Downhill

Di area Puncak sosok Bawuran terdapat trek downhill. Pengunjung yang membawa sepeda bisa menggunakan trek sepeda yang menuruni bukit. Trek tersebut sangat menantang dan memacu adrenalin siapapun yang mencobanya.

Trek downhill yang menantang tersebut ada yang menggunakan bambu yang dibelah menjadi dua. Trek bambu ini sudah dibuat rapi. Sedangkan dinding yang berfungsi sebagai penyangganya sudah dicor.




Keindahan dari Atas Puncak

Dari atas Puncak Sosok Bawuran pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang luar biasa indah. Dari atas puncak, wisatawan dapat melihat pemandangna hamparan hijau sawah yang ada di sebelah barat. Sedangkan, di sebelah timur yang terlihat oleh mata adalah rumah-rumah penduduk. Di sisi selatan wisatawan dapat melihat Puncak Gebang. Di sebelah utara terlihat sebuah Tempat Pembuangan Sampah (TPA) yang sedikit mengganggu pemandangan.

Camping atau Kemah

Bagi penyuka camping, Puncak sosok Bawuran bisa dijadikan tempat untuk camping. Pengunjung bisa mendirikan tenda di area Puncak Sosok Bawuran. Di malam hari pemandangaa yang disuguhkan makin eksotis dan sangat indah. Pengunjung saat malam hari bisa melihat lampu-lampu di kejauhan, pemandangan sama dengan di Bukit Bintang. Keesokan harinya juga bisa melihat matahari terbit dari Puncak Sosok Bawuran. Matahari terbit dari sana sungguh elok dan membuat siapapun ingin melihat fenomena tersebut.

Menikmati Menu Makanan di Warung-warung

Fasilitas di tempat wisata ini sudah lengkap. Bisa dilihat dari sudah ada beberapa warung makan yang berdiri. Berbagai aneka makanan dan minuman di jual di warung-warung ini. Makanan dan minuman yang dipesan bisa menjadi teman menikmati keindahan pemandangan sore hari.

Makanan yang dijual ini macam-macam, contohnya tahu walik, sempol ayam, bakso tusuk, siomay, sate gajih, cilok krispi, dan jagung bakar. Sedangkan, untuk minumannya yang dijual anatara lain,  jeruk, the dan kopi.

Berfoto di Spot yang Instagrammable

Dengan panoramnya yang sangat indah, sudah pasti Puncak Sosok Bawuran adalah tempat yang sangat cocok untuk berfoto. Berbagai ornamen yang menarik ditambah oleh pengelola supaya hasil foto yang dihasilkan bisa hits atau instagrammable.

Spot foto favorit pengunjung adalah jembatan kayu. Jembatan kayu ini letaknya ada di sebelah barat Puncak Sosok Bawuran. Orang-orang suka foto di sini karena bentuk jembatannya yang unik dengan latar belakangnya pemandangan terbuka.

Menikmati Musik Sambil Bersantai

Di Puncak Sosok, rutin diselenggarakan pementasan musik akustik oleh pihak pengelola. Sudah ada panggung terbuka dengan set peralatan musik. Pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan musik di setiap akhir pekan. Pada malam minggu, pertunjukan musik sudah mulai dari sore hingga malam hari. 

Harga Tiket Masuk

Wisatawan yang berkunjung ke Puncak sosok bawuran tidak dikenai biaya masuk. Mereka hanya akan diminta kontribusi seikhlasnya saja. Kontribusi tersebut digunakan untuk menambah fasilitas dan mempercantik kawasan wisata Puncak Sosok Bawuran. Untuk tarif parkir, per kendaraan dikenakan biaya Rp 3.000.


Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store