Pantai Busung Menawarkan Pesona yang Kaya dan Memanjakan Mata


Pantai Busung Gunung Kidul adalah sebuah pantai yang terletak di daerah Gunungkidul lebih tepatnya yaitu terletak di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Gunungkidul memang tidak mempunyai potensi jenis pertanian yang cukup tinggi tetapi mempunyai potensi dalam wisata alam, budaya dan juga kuliner yang cukup unik dan pastinya menarik.

Lokasi pantai tersebut berada pada zona bagian selatan yang berada di sebuah ketinggian 0 – 300 mdpl. Disitu cukup banyak batu kapur yang memiliki ciri khas bukit-bukit berbentuk kerucut yang dapat pengunjung temui saat berada di lokasi ini. Di lokasi wisata alam ini mempunyai banyak sumberdaya alam berupa tambang yang dapat dijumpai yaitu seperti batu kapur, batu apung, kalsit, zeolit, bentonit, tras, kaolin dan juga pasir kuarsa. Gunung-gunung pada kawasan tersebut pun banyak ditambang yaitu dengan diambil batu kapurnya. Tidak hanya itu saja pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini sangat luas, yaitu terdapat kurang lebih 65 km dari kecamatan Purwosari sampai kecamatan Girisubo. 


Indahnya Pantai Busung Gunung Kidul

Jika Anda merasa penasaran dengan tempat wisata ini maupun keindahan pantai Busung maka alangkah baiknya jika  segera mencari jadwal kosong dan mengagendakan waktu untuk menuju ke desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini. Karena belum banyak pengunjung yang mengunjungi pantai ini akan membuat Anda menjadi seseorang yang memiliki banyak info dan juga pastinya sebagai sumber informasi tentang bagaimana keindahan pantai Busung tersebut. Atau setidaknya menjadi salah satu orang yang sudah mengetahui bagaimana lokasi menuju Pantai Busung Gunung Kidul.

Jika ini adalah kali peryama anda mengunjungi pantai ini maka anda harus banyak bertanya kepada warga mengenai lokasi desa Purwodadi serta mengikuti sebuah petunjuk yang sudah ada agar bisa sampai ke pantai tersebut. Jika anda ingin berkunjung, segera saja agendakan waktu liburan dan segera datang di pantai tersebut. 

Mengunjungi Pantai Busung Gunung Kidul

Agar anda tidak merasa sulit dan juga merasa berat dalam melakukan perjalanan maka alangkah baiknya jika mengajak banyak teman ataupun keluarga. Selain supaya liburan menjadi semakin ramai dengan banyak teman pastinya akan semakin seru dan menyenangkan. Keindahan alam yang dimiliki Pantai Busung Gunung Kidul dijadikan sebagai wisata alam yang berada di kawasan Gunung Kidul.


Pantai ini dikatakan masih perawan dan  menawarkan keunikannya tersendiri yang tidak dapat anda jumpai pada pantai lain. Pasir pantainya yang berwarna putih bersih dan air laut yang berkilau karena terkena papara  sinar matahari dapat menjadi background foto yang unik dan menarik. Bagi pengunjung yang juga ingin belajar mempelajari budaya ataupun bahasa masyarakat sekitar. Pengunjung pun dapat  menginap di rumah penduduk sekitar. Namun Anda terlebih dahulu harus meminta ijin kepada pemilik rumah.

Pantai Busung dan Kuliner khasnya

Jika Anda berlibur di objek wisata Pantai Busung Gunung Kidul maka anda dapat mencoba salah satu makanan yang sangat khas dan unik di kawasan ini yaitu  nasi thiwul. Nasi thiwul tersebut berbahan dasar dari gaplek.

Gaplek merupakan sebuah umbi ketela pohon atau sering disebut dengan singkong yang terlebih dahulu sudah dikeringkan. Artinya sesudah dikupas, ketela pohon itu langsung dijemur dengan secara berkali-kali. Jika ketela pohon sudah kering hal selanjutnya yaitu ditumbuk. Setelah itu dapat dimasak menjadi macam-macam bahan makanan yang khas, unik dan pastinya menarik yaitu salah satunya nasi thiwul. Nasi thiwul dapat dibuat dalam rasa gurih untuk menjadi makanan pokok, tetapi juga dapat dibuat dengan rasa manis sebagai camilan. Jika penasaran dengan makanan nasi thiwul maka Anda wajib mencicipi. Didaerah pantai Busung di Gunung Kidul terdapat banyak toko oleh-oleh yang menjualnya. Sehingga pengunjung dapat membelinya baik untuk dimakan secara langsung atau bisa juga sebagai oleh-oleh.

Gunungkidul mempunyai banyak pantai. Jumlah pantai yang dapat anda kunjungi yaitu kurang lebih ada 30 pantai. Anda mungkin perlu mencatat dan mengagendakan pantai mana  yang pernah dikunjungi dan juga pantai mana  yang belum pernah dijelajahi.

Sampai saat ini sebagian besar bagi pengunjung masih banyak yang berlibur ke pantai Baron, Kukup, Indrayanti, dan Drini. Tetapi masih banyak juga pantai-pantai lain yang mungkin belum cukup dikenal dan juga didatangi. Saat ini belum banyak orang yang mengenal dan juga mengetahui tentang keindahan alam yang dapat dinikmati saat berada di pantai Busung ini. Jadi tunggu apalagi, segara datang ke Gunung Kidul dan buktikan sendiri keindahan dari Pantai busung.

Sekian artikel yang menceritakan sekilas mengenai Pantai Busung Gunung Kidul, semoga Anda tertarik untuk berlibur di pantai ini. Terima kasih

 Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store