Pesona Pantai Sarangan Diampit Dua Bukit Yang Sangat Indah


Hal yang menjadi daya tarik wisatawan yang dimiliki pantai-pantai di daerah Gunung kidul yaitu pemandangan alam disekelilingnya yang sangat mempesona. Jika wisatawan pergi berlibur dipantai-pantai yang berada di Gunung kidul pasti akan mendapatkan bonus pemandangan sebuah pegunungan ataupun area pertanian milik warga setempat. Hal itulah yang menjadikan sebuah keistimewaan, yaitu pantai-pantai yang dikelilingi dengan sebuah pegunungan. Pemandangan tersebut tidak hanya dimiliki oleh pantai-pantai yang ramai pengunjungnya, tetapi dipantai-pantai yang sepi pengunjung juga. Belakangan ini pantai-pantai yang sepi pengunjung kerap banyak diburu, salah satunya yaitu pantai Sarangan yang berada di Gunung kidul kota Yogyakarta ini.

Tentang Pantai sarangan

Pantai Sarangan terletak di desa yang bernama Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta. Pantai Sarangan merupakan pantai yang dibilang masih sepi pengunjung dan juga suasananya masih alami sehingga layak untuk dijadikan referensi tempat wisata yang harus dikunjungi. Keindahan yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi, lokasi pantai tersebut persis berada dibagian barat Pantai Krakal. Jika Anda sedang mengunjungi Pantai Krakal tidak ada salahnya jika mendatangi pantai ini.

Pantai ini memiliki suara ombak dan juga hembusan angin yang membuat suasana menjadi tenang dan juga nyaman. Suasana pantai yang seperti itu tidak akan menyebabkan kebosanan. Jadi, banyak pantai yang masih baru tetapi banyak yang memburunya.

Keunikan yang Dimiliki Pantai Sarangan

Tidak sama dengan Pantai Watu Bolong yang memiliki batu karang yang bolong atau berlubang-lubang, sedangkan keunikan pantai sarangan yaitu lokasinya diampit dengan dua bukit yang memberikan keindahan tersendiri. Pantai ini memiliki garis pantai sekitar 200 meter yang memiliki bentuk melengkung atau lekukan dan juga diampit dengan dua bukit yang terletak di kanan kiri pantai.



Dengah adanya dua bukit tersebut menambahkan pesona di pantai Sarangan, memberikan kesan nyaman untuk dipandang sembari menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi. Suasana yang sepipun memberikan kesan tenang. Di pantai sarangan ini juga memiliki spot foto yang menarik untuk pengunjung yang dibuat berada diatas bukit tersebut.

Rute perjalanan menuju pantai sarangan.

Pantai sarangan ini lokasinya sekitar 70 kilometer dari arah kota Yogyakarta yang memiliki jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Untuk anda yang ingin mengetahui arah jalan menuju pantai, anda dapat menggunakan google maps sebagai pembantu pengarah jalan.

Perlu diingat lokasi pantai sarangan ini tidak jauh dari pantai krakal, anda perlu mengikuti rute atau petunjuk jalan yang menuju ke pantai krakal. Selain itu pantai sarangan ini juga masih searah dengan perjalanan menuju ke pantai Sepanjang. Jadi anda tidak perlu khawatir atau kesulitan untuk menemukan pantai sarangan ini.

Fasilitas pendukung

Maka perlu di ingat jika mengunjungi pantai di Gunung kidul belum semua pantai yang ada sudah memiliki fasilitas yang mendukung. Banyak yang sudah memiliki fasilitas yang memadai, seperti sudah ada kamar mandinya, mushola, warung makan bahkan toko souvenirnya. Ada juga yang masih memiliki kamar mandi saja dan juga ada pantai yang belum memiliki fasilitas sama sekali. Jika wisatawan mengunjungi pantai trenggote bisa juga fasilitasnya berbeda dengan fasilitas yang dimiliki pantai sarangan. Jadi sebaiknya wisatawan tidak lupa membawa perlengkapan pendukung supaya memudahkan bagi anda jika sedang berlibur, seperti membawa bekal makanan dan juga minuman sendiri.


Pantai yang semakin banyak atau ramai pengunjungnya biasanya juga akan berpengaruh kepada kebersihan lingkungan disekitarnya. Apalagi jika dipantai tersebut belum memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti ketersediaan tempat sampah.

Kurangnya fasilitas seperti tempat sampah tentu dapat menyebabkan banyak sampah yang berserakan disekitar pantai. Hal itu pasti akan memberikan kesan kotor, merusak pemandangan, kenyamanan bahkan dapat merusak lingkungan. Jadi jika dipantai tersebut tidak ditemukan tempat sampah disarankan bagi pengunjung atau wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan, yaitu dengan cara membawa sampahnya kembali ketika masih berada dipantai. Jangan sampai dengan adanya sampah yang berserakan tersebut mengganggu keindahan pantai.

Demikian artikel yang membahas mengenai Pantai Sarangan di Gunung Kidul. Semoga memberikan informasi untuk Anda yang ingin berkunjung di Gunung Kidul khususnya di pantai Sarangan ini. Sekian dan terima kasih.


Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store