Pantai Ngungap: Pantai dengan Aura Mistis yang Mempesona


Pantai Ngungap merupakan sebuah pantai yang lokasinya berada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta yang memiliki pesona yang mistis dan juga memberikan keindahan dan pesona pantai yang cukup unik.

Pantai Ngungap yaitu salah satu pantai yang indah dari beberapa pantai lainnya yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak sama dengan pantai yang berderet didaerah ini, Pantai Ngungap tersebut mempunyai nuansa berbeda dan juga keunikan tersendiri yang menjadikan para wisatawan ingin berlibur di tempat wisata tersebut.

Keberadaan pantai Ngungap ini berada pada Desa yang bernama Pucung, Kecamatan Girisuba, di Kabupaten Gunung Kidul, Kota Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai Ngungap lama perjalanannya sekitar 2-3 jam jika menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak kurang lebih 80 kilometer jika dari pusat kota Jogja.

Pantai Ngungap ini mempunyai perbedaan cukup signifikan dengan pantai lainnya yang berada di Kota Jogja. Pantai Ngungap memiliki pasir yang tidak berwarna putih, maka jika wisatawan yang mencari pantai yang berwarna putih maka tidak akan menjumpai pantai pasir putih jika berkunjung di Pantai Ngungap. Pantai Ngungap ini berbatasan secara langsung dengan samudra Hindia yang tidak mempunyai pasir yang berwarna putih sedikitpun.


Meskipun pantai tersebut tidak mempunyai pasir yang berwarna putih, namun tidak menghilangkan pesona dan keindahannya. Objek wisata pantai Ngungap masih sangat alami, dan dibilang sepi, sedikit pengunjung yang datang dikarenakan lokasinya yang lumayan sulit untuk dikunjungi. Tetapi bagi sebagian wisatawan, objek wisata tersebut memberikan sebuah kedamaian dan ketenangan untuk siapa saja yang datang dan menikmati pantai Ngungap yang memiliki aura mistis ini.

Sejarah pantai Ngungap

Memiliki sebuah cerita yang menjadi latar belakang dari penamaan dari pantai tersebut. Menurut dari banyak sumber asal mula dari pantai tersebut diperoleh dari kata “Ngungak” yang berasal dari bahasa Jawa. Arti dari Ngungak tersebut adalah “menengok”. Hal itu dikarenakan bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan dan pesona pantai harus terlebih dahulu dengan cara menengok ke bagian bawah dari atas tebing pantai.

Dari sejarah penamaan pantai tersebut, maka dari itu dinamailah dengan sebutan Pantai Ngungap. Pantai tersebut dipercayai masyarakat setempat jika mempunyai aura mistis . Konon pantai tersebut dipercayai digunakan untuk tempat Ratu Laut Selatan atau Nyi Roro Kidul. Dibagian atas tebing terdapat batu dan juga pohon yang memiliki ukuran besar yang dikeramatkan masyarakat sekitar pantai Ngungap tersebut.

Pantai tersebut pertama kali ditemukan dengan seorang geolog dan juga pengarang yang berasal dari negara Jerman bernama Franz Wihelm Junghuhn pada tahun 1856. Pada waktu itu Franz Wihelm Junghuhn sedang berkelana dan menyususuri alam yang berada di Jawa Tengah karena masih sangat liar. Ketika sampai di tempat pesisir pantai selatan Jawa, Franz Wihelm Junghuhn cukup takjub dengan pantai yang mempunyai panorama yang sungguh indah, menawan dan mengagumkan tersebut.  Franz Wihelm Junghuhn lalu singgah pada sebuah pendopo yang sampai saat ini masih ada dan berdiri disekitar pantai. Kekagumannya tersebut setelah itu diabadikan dengan sebuah karya lukisan yang dinamai Sudkuste bel Rongkop. Tetapi, pendopo tersebut saat ini sudah tidak terawat dan juga rusak pada beberapa bagian bangunan tersebut.


Pesona Pantai Ngungap

Pada umumnya pantai-pantai memiliki sebuah garis pantai, namun berbeda dengan pantai Ngungap, objek wisata tersebut tidak memilikinya. Pantai tersebut merupakan pantai yang mempunyai tebing-tebing karang cukup tinggi yang secara langsung berbatasan dengan lautan yang cukup luas dan juga dalam. Pada sekeliling pantai tersebut, tebing karang banyak dipenuhi dengan rerumputan dan juga pepohonan yang hijau dan hal itu membuat pemandangan di pantai terlihat sangat menawan.

Setibanya pengunjung di pantai, akan langsung disuguhkan pemandangan laut yang berwarna biru, dan juga suara deburan ombak yang menghantam karang-karang di dekat pantai secara keras. Dengan adanya tebing-tebing karang disekitar pantai memberikan kesan seperti sebuah benteng sejajar yang melindungi keindahan pantai Ngungap dari sebuah ombak pantai Selatan.

Air laut yang bening dan juga berwarna biru pasti akan memberikan nuansa damai, tenang dan juga santai. Dipantai Ngungap ini sangat masih asri,alami dan juga kelestariannya yang sangat dijaga.

Bagi pengunjung yang ingin mencari pantai dengan nuansa tenang dan juga damai semoga pantai Ngungap ini menjadi salah satu refrensi tempat liburan anda. Terima kasih.

Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store