Pantai Banyu Nibo Keindahan yang Tidak perlu Diragukan


Pantai Banyu Nibo merupakan sebuah pantai yang letaknya berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Keindahan dan juga pesonanya tidak usah diragukan lagi. Sudah begitu populer bahwa pantai yang ada di Gunung Kidul memang begitu indah dan eksotis. Tidak hanya itu juga, kawasan di Gunung Kidu sudah terkenal dengan pesona karangnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Tidak hanya dibagian bibir pantai.

Pantai Banyu Nibo merupakan sebuah pantai dengan air terjun yang indah mungkin dapat menjadikan tempat wisata yang begitu sangat menarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya Pantai Banyu Nibo yang diambil dari Bahasa jawa banyu yang artinya air sedangkan nibo yang memiliki arti jatuh sehingga Banyu Nibo diartikan air yang jatuh atau dengan air terjun. 

Pantai banyu Nibo memang dikatakan belum terlalu terkenal di telinga wisatawan, yang berbeda dengan pantai Indrayanti atau pantai Krakal. Tetapi jika Anda berlibur di pantai tersebut akan merasakan kedamaian dan ketenangan karena pantai Banyu Nibo cukup sepi dan sedikit pengunjung, jadi pantai berasa milik diri sendiri.
Akses dan Lokasi letak Pantai Banyu Nibo.



Pantai Banyu Nibo ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda ingin berlibur atau mengunjungi pantai yang satu ini akan membutuhkan tenaga yang besar atau dengan kerja keras, karena pantai ini letaknya cukup sulit. Untuk bisa ke pantai tersebut paling mudah melewati pantai siung dan setelah itu berjalan ke arah timur mendaki bukit pangilon melalui hamparan padang rumput yang sungguh hijau dan sampailah di pantai Banyu Nibo. 

Jalan yang dilewati merupakan sebuah jalan setapak yang biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk memancing atau pergi berkebun. Kurang lebih besar jalan setapak tersebut hanya sekitar setengah meter. Pemandangan yang dapat Anda nikmati sembari jalan menuju pantai sangatlah menawan, hamparan padang rumput yang begitu hijau subur dan juga eksotisme pantai yang begitu mengagumkan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut dengan mengambil foto dengan beckground pemandangan yang begitu indah. 

Bagi Anda yang mungkin takut tersesat jangan kawatir, anda dapat bertanya dengan warga disekitarnya.  

Pesona pantai Banyu Nibo
Dapat dikatakan bahwa kawasan ini memang mempunyai 2 pesona karena pantai ini diampit dengan dua tempat. Jarak menuju pantai ini yang tidak begitu jauh dengan bibir pantai tersebut, dan juga begitu susah untuk dikunjungi. Untuk para pengunjung yang datang bisa menikmati pemandangan di pantai banyu Nibo ini dari tempat yang lumayan jauh saja. 

Waktu yang sangat tepat jika berkunjung di objek wisata ini yaitu pada sore hari. Hal itu karena matahari tidak akan terlalu panas menyengat. 

Tidak hanya itu saja, ombak yang sudah begitu mengganas menerjang karang dan juga debit air terjun yang turun dengan debit air yang tidak begitu deras akan memberikan sebuah efek yang begitu berbeda. 



Dikawasan ini, bagi pengunjung tidak bisa melakukan kegiatan berenang atau bermain air, cukup hanya bisa diam saja sembari menikmati keindahan pemandangan yang dimiliki Pantai Banyunibo yang biru dan juga menawan. Pengunjung juga dapat melihat karang-karang yang tajam, dan juga merasakan kesejukan saat angin menerpa dikulit.

Sisi Lain Pantai Banyunibo
Sisi lain yang dapat pengunjung nikmati dari objek wisata ini yaitu perbukitan hijau yang begitu memanjakan mata. Dikawasan ini juga menyediakan sebuah area untuk camping. Jadi, saat wisatawan ingin menikmati objek wisata ini bisa melakukan camping. Pengunjung dapat melihat bintang yang ada dilangit luas. Tidak hanya itu saja, jika pagi hari sudah tiba, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pesona indahnya matahari terbit.

Harga Tiket Masuk Pantai
Objek wisata Pantai Banyunibo tersebut tidak dipungut biaya, karena kawasan ini cukup susah untuk dijangkau jika berangkat dari air terjun banyunibo. Para pengunjung hanyak dikenakan tarif parkir sejumlah 5 ribu untuk kendaraan roda empat atau mobil dan juga 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua atau motor.

Jika pengunjung berangkat dari pantai siung, maka akan dikenakan biaya tiket untuk masuk ke pantai sebesar lima ribu rupiah dan juga biaya parkir sebesar 10 ribu untuk mobil dan juga lima ribu untuk motor. Ditambah juga untuk biaya naik bukitnya dikenakan tarif sekitar 2-5 ribu rupiah. 

Sekian artikel tentang wisata Pantai Banyu Nibo, semoga bermanfaat bagi Anda. Datang dan juga nikmati keindahan kawasan Pantai Bayunibo bersama dengan teman atau keluarga.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store