Bukit Karang Gunung Kidul yang Mempesona


Kabupaten Gunung kidul merupakan salah satu daerah berada di Yogyakarta. Gunung kidul mempunyai banyak objek wisata yang sangat indah dan menarik untuk para wisatawan terutama pantai dilaut selatan. Salah satu objek wisata bukit yang populer yaitu bukit Karang.

Bukit karang yaitu merupakan sebuah bukit yang kecil dan sebenarnya keberadaannya sudah lama dan berada dibagian timur pantai Pulang Sawal atau nama populernya kerap disebut pantai Indrayanti. Bukit karang ini bisa dikatakan sebuah tempat wisata alam dan juga wisata pantai, hal itu karena lokasinya terletak dibagian pinggir pantai. Jika anda sudah mengunjungi pantai Indrayanti mungkin juga sudah pernah mengunjungi dan sampai naik ke atas bukit Karang ini, tetapi bisa juga belum pernah tahu karena objek wisata batu karang ini belum terlalu dikelola.

Jika sekarang anda ingin berkunjung di Bukit Karang Gunung kidul ini yang terletak satu lokasi dengan pantai Pulang sawal atau pantai Indrayanti tentunya akan dimanjakan dengan suasana yang berbeda, hal itu dikarenakan lokasi wisatanya sudah dikelola menjadi objek wisata yang indah dan mempesona. Fasilitas yang dimiliki oleh Bukit karang Gunung Kidul ini sudah memadai sehingga jika ingin naik ke atas bukit karang akan lebih mudah dan juga nyaman. Bukit karang ini tidak begitu luas tetapi jika anda melihat pemandangan dari atas bukit, sekilas mata anda akan dimanjakan dengan alam disekitarnya.

Jika pengunjung ingin naik ke atas bukit karang ini akan dikenakan biaya yang cukup murah karena tidak dipatokan jumlah besarnya. Anda cukup membayar seiklasnya saja. Wisatawan akan mendapatkan sebuah pengalaman seru dengan berjalan kaki menuju ke bukit karang ini. Ketika sudah berada diatas bukit tersebut hal pertama yang dapat dilihat yaitu pemandangan pantai Indrayanti yang sungguh luas dan juga keindahan pasir putihnya. Disini juga disediakan gasebo bagi pengunjung yang ingin duduk-duduk santai sembari menikmati keindahan dan suasana yang nyaman sejuk dan asri yang dimiliki pantai Indrayanti dengan keluarga, teman ataupun pasangan.


Untuk dapat sampai dibukit karang pengunjung akan merasakan sensasi tersendiri disaat berjalan melewati rute dan juga per anak tangga. Saat diatas puncak, wisata batu karang menyediakan spot foto bagi pengunjung yang ingin melakukan selfi atau berfotot-foto dengan background pemandangan pandai yang menakjubkan. Tidak hanya diatas Bukit Karang saja, tetapi disepanjang rute menuju puncak pun akan menjumpai banyak hal yang dapat anda lihat dan juga nikmati. Disaat senja sudah menampakan, maka disitulah spot foto yang terbaik untuk mendapatkan momen sunset di Pantai Indrayanti yang begitu indah dan menawan.


Diatas bukit karang ini sudah berfasilitas toilet umum, jadi bagi pengunjung tidak perlu capek-capek untuk turun bukit jika ingin ke toilet.

Lokasi Bukit Karang Gunung Kidul

Bukit Karang ini terletak satu lokasi dengan pantai Pulang Sawal atau sering disebut dengan Pantai Indrayanti yang berada didesa Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Maka dari itu jika mengunjungi pantai Indrayanti tentunya akan melihat Bukit Karang yang dibagian timur pantai.


Tidak hanya keindahan pemandangan pantai saja, namun dikawasan bukit karang atau di pantai Indrayanti wisatawan juga dapat menikmati beragam kuliner seperti gudeg, bakso, soto, nasi goreng, es kelapa muda dan masih banyak lagi. Selain itu wisatawan juga dapat membeli oleh-oleh seperti camilan berupa udang goreng, rumput laut, undur-undur goreng, baju dan aksesoris lainnya.

Sosok yang sudah berjasa dalam mengelola objek wisata Bukit Karang sehingga dapat menjadi tempat wisata indah yaitu warga setempat yang bernama Ashuri dan juga teamnya yang dinamakan dengan “Pekerja Segoro Kidul” yang mungkin dulunya hanya sebuah bukit biasa dan dirubah menjadi bukit yang bersih, terawat dan luar biasa. Untuk pengunjung yang mungkin ingin beristirahat atau menginap dikawasan bukit Karang, disekitar pantai indarayanti juga terdapat beberapa penginapan yang fasilitiasnya sudah cukup memadai. Bagi pengunjung yang suka melihat pemandangan di atas bukit, maka silahkan berkunjunglah di objek wisata Bukit Karang Gunung Kidul.

Cukup sekian artikel mengenai objek wisata Bukit Karang di Gunung Kidul. Semoga bermanfaat.

 Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store