Serunya berlibur Desa Wisata Gabugan yang asri dan kental akan budaya jawa



Menjelajahi indahnya kota Yogyakarta memang sangat menyenangkan namun anda sebaiknya juga perlu untuk menyempatkan diri datang berkunjung ke bagian lain dari Yogyakarta. Bukan hanya bagianpusat kotanya saja yang menarik namun di wilayah pedesaan di kota ini juga banyak menyimpan keindahan yang luar biasa. Ada banyak sekali desa wisata yang ada di Jogja dan salah satu yang sangat layak untuk dijadikan sebagai desatinasi wisata adalah Desa Wisata Gabugan.

Desa wisata yang satu ini sangat cocok untuk anda yang ingin merasakan sensasi liburan penuh ketenangan. Desa wisata ini masih sangat alami karena terletak pada wilayah desa yang subur dan juga banyak terdapat pepohonan yang rindang. Desa Wisata Gabugan sering disebut juga dengan sebutan DEWIGA. Hal ini dikarenakan desa wisata ini menawarkan konsep liburan ala pedesaan yang alami dan juga masih sangat kental dengan tradisi jawa.

Lokasi
Desa Wisata Gabugan ini berada di Dusun Gabugan, Desa Donokerto, kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta atau sekitar 17 km dari pusat Kota Yogyakarta menuju arah utara. Dari pusat kota Jogja anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk sampai kesana. Mungkin hanya sekitar setengah jam perjalanan saja baik itu menggunakan motor atau mobil.



Ketika anda sampai di Desa Wisata Gabugan nantinya anda bisa menikmati indahnya alam yang masih terjaga serta berkunjung ke agrowisata kebun buah salak. Sleman memang sangat terkenal sebagai kabupaten penghasil salak. Jadi apabila anda berada di desa wisata ini akan dapat menemukan banyak perkebunan salak yang masih sangat produktif. Buah salak yang di budidayakan oleh masyarakat desa wisata ini adalah jenis salak gading. Cirri khas dari buah salak gading adalah rasanya manis dan juga memiliki warna kekuning-kuningan.

Pengunjung yang datang ke desa wisata ini bukan hanya bisa melihat-lihat saja namun juga bisa berkeliling kebun, memanen buah salak sendiri dan memakannya langsung dari perkebunan. Berkunjung ke desa wisata memang menjadi kegiatan yang bukan hanya menyenangkan saja namun aka nada banyak informasi baru yang sesuai dengan konsep desa wisata yang ditawarkan. Pengunjung yang datang nantinya akan dapat banyak informasi mengenai cara budidaya salak dan berbagai jenis salak dan hal lain yang berkaitan dengan salak.

Kegiatan berkebung di perkebunan salak langsung bersama denganw arga sekitar memberikan pengalaman baru bagi anda yang berasal dari wilayah perkotaan. Para pengunjung atau wisataan biasanya juga diajak untuk melakukan kegiatan bercocok tanam untuk menanam buah salak mulai dari mmenyiapkan lahan hingga proses pemanenan.



Belajar tentang perikanan dan peternakan
Di Desa Wisata Gabugan ini pengunjung selain bisa belajar tentang cara berkebun salak juga bisa belajar tentang peternakan dan perikanan. Terdapat beberapa tambak ikan yang cukup luas di desa wisata ini sehingga wisatawan bisa melakukan kegiatan seperti memancing dan kemudian memasak hasil tangkapan ikan. Selanjutnya jika belum puas memancing anda bisa melakukan dipeternakan milik warga. Masyarakat di Desa Wisata Gabugan ini banyak yang membudidayakan burung puyuh untuk diambil telurnya. Anda bisa mendapatkan pelajarang bagaimana cara membudidayakan burung puyuh langsung dari peternaknya mulai dari proses pembibitan, pemeliharaan, pemasaran dab bahkan bagaimana cara pengolahan limbah ternak juga bisa anda ketahui secara jelas.

Kesenian tradisional
Desa wisata ini semakin menarik dengan keikut sertaannya dalam melestarikan berbagai macam kesenian tradisional jawa. Beberapa kesenian tradisional yang sering di tampilkan di Desa Wisata Gabugan ini adalah jathilan, karawitan, dan lain sebagainya. Anda bisa juga belajar mengenai berbagai macam dolanan anak tradisional langsung dari masyarakat sekitar. Bahkan juga terdapat pengrajin batik, pembuat kreasi janur dan juga kerajinan tangan lainnya.

Menelusuri desa wisata juga menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Pemandangan yang di dapatkan bagi anda yang melakukan susur desa tentu akan membuat mata anda terpana. Desa ini sangat alami dan anda bisa melihat pemandangan gunung merapi yang begitu indah. Jika lelah melakukan tracking, anda bisa mencicipi berbagai makanan olehan masyarakat desa wisata ini antara lain seperti mangut lele, sego megono, tiwul slondok, dan berbagai hasil olahan salak. `jadi tunggu apalagi, liburan lengkap dan menyenangkan bisa anda rasakan di Desa Wisata Gabugan.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA