Menikmati alunan musik gamelan dan indahnya wayang kulit khas Indonesia di Desa wisata Grogol



Indonesia begitu kaya akan keindahan alam dan juga budayanya. Hampir di setiap wilayah di Indonesia bisa ditemukan kekayaan alam dan juga budaya yang mampu membuat siapa saja terpesona. Salah satu kota yang terkenal akan kualitas wisata dan juga budayanya adalah kota Yogyakarta. Bukan hanya sebagai kota pelajhar saja namun jogja juga banyak menyimpan keindahan. Tidak heran jika banyak wisatawan baik local hingga manca negara yang senang memilih kota ini sebagai destinasi wisata. Salah satu lokasi atau objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi apabila anda sedang berada di Jogja adalah Desa Wisata Grogol.

Lokasi
Lokasi dari Desa Wisata Grogol terletak di Margodadi, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tidka terlalu jauh dari pusat kota jogja. Anda mungkin hanya akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk sampai di desa wisata tersebut dari pusat kota jogja. Anda bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menggunakan kendaraan umum apabila ingin sampai kesana. Jalan yang harus ditempuh juga tidka terlalu sulit sehingga anda akan tetap merasa nyaman ketika berkendara menuju ke Desa Wisata Grogol tersebut.

Desa pembuat wayang kulit
Desa Wisata Grogol merupakan desa yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pembuat wayang kulit. Selain wayang kulit, produk lain yang dihasilkan oleh para pengrajin di desa wisata ini adalah produk gamelan tradisional. Bagi anda yang senang dengan keindahan dan keunikan dari wayang kulit maka bisa datang langsung ke desa wisata ini untuk melihat bagaimana proses pembuatannya secara langsung.



Anda juga nantinya bisa ikut serta atau mempraktekkan sendiri bagaimana cara pembuatan wayang kulit. Jika diamati,. Proses pembuatan wayang kulit memang tidak mudah. Teknik memahat diatas kulit terbilang rumit dan membutuhkan waktu yang panjang. Selain itu juga nantinya masih ada banyak proses lainnya seperti pewarnaan hingga proses finishing. Anda akan merasa takjub jika bisa melihat langsung pembuatan wayang kulit yang merupakan karya seni asli dari Indonesia.

Melihat pertunjukan seni tradisional
Selain pengunjung atau wisatawan bisa melihat proses pembuatan wayang kulit, kegiatan lain yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Desa Wisata Grogol adalah melihat pertunjukan seni tradisional. Ada beberapa pertunjukan seni yang sering diadakan di Desa Wisata Grogol antara lain seperti kesenian Karawitan, Wayang Kulit/Pedalangan, Campursari, dan musik Keroncong.  Liburan anda akan semakin menyenangkan apabila datang ke desa wisata ini dan bisa menjumpai adanya pertunjukkan seni dari masyarakat sekitar.

Kegiatan lain yang sering diadakan di Desa Wisata Grogol dan menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan adalah adanya upacara Tuk Beduk yang dilaksanakan di sumber mata air yang ada di desa wisata tersebut. Anda bisa ikut serta dalam prosesi acara adat atau bisa juga hanya sekedar melihatnya. Selanjutnya anda juga bisa menjelajahi desa wisata ini karena ada banyak tempat yang cantik dan cocok untuk dijadikan sebagai spot foto.


Keindahan dari Desa Wisata Grogol ini juga semakin lengkap dengan adanya sebuah bangunan kuno yang dahulu digunakan sebagai tempat pembakaran genteng. Masyarakat disana sering menyebutnya sebagai tobong gendeng. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang mampu menghasilkan gambar cukup memuaskan. Anda juga bisa mengunjungi petilasan Sunan Kalijogo yang disebut dengan Ketandan.

Apabila sudah merasa lelah memnyusuri dna menikmati indahnya Desa Wisata Grogol selanjutnya anda bisa mencari kuliner tradisional yang banyak dijajakan di Desa Wisata Grogol. Beberapa makanan yang mudha ditemukan di Desa Wisata Grogol ini antara lain seperti, sego gudangan, chetil, tumpengan dan lain sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Grogol bisa dikatakan cukup lengkap. Tempat parkir yang disediakan juga sangat luas karena mampu menampung sekitar 4 bus, 50 mobil dan juga 300 kendaraan roda dua. Jadi jika anda ingin merasakan sensasi liburan yang lengkap dan juga penuh dengan kenangan bisa mempertimbangan Desa Wisata Grogol sebagai destinasi wisata anda.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA