Mempelajari sejarah dan menikmati indahnya alam di Desa wisata Srowolan



Menjelajahi desa wisata yang ada di Jogja memang tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini memang karena ada banyak sekali desa wisata yang ada di Kota Yogyakarta. Desa-desa yang ada di kota istimewa ini memang sebagian besar menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Ketika masyarakat dan juga pemerintah daerahnya peduli dengan potensi yang ada maka sebuha desa bisa dibangun menjadi desa wisata yang mampu menarik banyak wisatawan. Salah satu desa wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Desa wisata Srowolan. Desa wisata yang satu ini cukup menarik karena menawarkan keindahan dan kekhasnnya tersendiri.

Ketika anda berlibur di Desa wisata Srowolan hal yang akan membuat anda merasa betah adalah keramah tamahan dari masyarakat sekitar. Anda bisa dengan mudah berinteraksi dengan masyarakat di Desa wisata Srowolan meskipun baru pertama kali bertemu. Akan ada banyak hal menarik yang bisa anda ketahui dari obrolan yang dilakukan dengan masyarakat sekitar. Biasanya wisatawan akan bertanya mengenai kegiatan masyarakat, sejarah desa, hal-hal yang berkaitan desa serta masih banyak lagi obrolan menarik yang bisa anda lakukan bersama dengan masyarakat Desa wisata Srowolan.

Kesederhanaan masyarakat di Desa wisata Srowolan akan membuat anda merasa betah tinggal disana beberapa hari. Kebanyakan masyarakat di Desa wisata Srowolan ini bekerja sebagai seorang petani salak pondoh namun ada juga yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil dan wiraswasta. Hal yang membuat desa wisata ini menjadi semakin menarik bukan hanya keramahan dari warganya saja namu perkebunan salak pondoh yang luas dan juga keindahan alam yang dimiliki leh Desa wisata Srowolan tersebut.

Desa wisata Srowolan ini ternyata merupakan gabungan dari 3 pedukuhan yang lokasinya berdekatan yaitu Pedukuhan Srowolan Gatep, Pedukuhan Karanggeneng dan Pedukuhan Gandok Kadilobo. Lokasinya berada di Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi anda yang belum pernah datang ke desa wisata ini bisa datang langsung kesana dan membuktikan sendiri betapa indah dan alaminya desa tersebut.

Banyak wisatawan yang mengaku senang berkunjung ke Desa wisata Srowolan karena keindahan alamnya. Selain itu juga ada beberapa tempat bersejarah yang masih terjaga. Anda yang ingin merasakan suasana desa yang penuh ketenangan maka Desa wisata Srowolan ini bisa menjadi pilihan yang menarik.  Keindahan yang dimiliki oleh Desa wisata Srowolan juga mampu memberikan anda kesempatan untuk mengabadikan momen dengan kamera. Hasil foto yang bisa anda dapatkan tidak akan mengecewakan.


Pasar Bersejarah
Jika anda berkunjung Desa wisata Srowolan, disana akan bisa ditemukan sebuah pasar sangat unik. Pasar ini merupakan ikon dari Desa wisata Srowolan.ukuran pasar memang tidak terlalu besar namun memiliki sejarah yan sangat menarik. Konon, pasar srowolan ini menjadi saksi perjuangan para pejuang melawan penjajah pada tahun 1948. Meskipun bangunan pasar pernah dipugar namun masih ada bangunan yang terlihat otentik yakni bangunan yang dahulunya digunakan oleh penjajah Belanda untuk menyimpan garam. Anda bisa menelusuri pasar ini sekaligus berbelanja kebutuhan anda selama berada di desa wisata.

Namun perlu untuk anda ketahui, pasar Srowulan ini hanya berlangsung di hari tertentu saja yakni pada hari pasaran wage. Jadi apabila anda datang berkunjung di desa wisata ini di hari pasaran lain tentu tidak akan melihat kegiatan jual beli di pasar tersebut. Meksipun demikian anda tetap bisa menjelajah

Area pasar dan mengunjungi beberapa banguan bersejarah seperti banguan bekas penyimpanan barang dan bangunan kuni berbentuk rumah sinom. Selain itu juga terdapat bangunan bersejarah lainnya yakni rumah dari penulisnaskah proklamasi republik Indonesia yang bernama Sayuti Melik. Jadi berkunjugn ke desa wisata ini bukan hanya memajakan mata saja namun juga mampu menambah wawasan anda akan sejarah Indonesia di masa silam.

Desa wisata Srowolan ini sangat pas dikunjungi dengan keluarga atau dengan kelompok. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di desa wisata ini adalah menikmati pertunjukan kesenan tradisonal karawitan. Selain itu juga masih sering diadakan acara atau upacara adat seperti nyadran, slametan, dan masih banyak lagi yang lainnya.  Jika anda ingin berkunjung ke desa wisata ini maka jangan lupa untuk menghubungi pengelola untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA