Belajar tentang kerajinan wayang kulit di Desa wisata Pucung



Ada banyak sekali hal menarik yang bisa kita jumpai jika berkunjung di Yogyakarta. Anda tentu saja sudah sangat mengenal dan familiar dnegan kota yang satu ini. Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Jogja juga dikenal sebagai kota budaya yang memiliki banyak sekali ragam budaya yang mampu menarik banyak wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan juga wisatawan mancanegara. Apabila anda sedang bingung untuk memilih tempat liburan yang menarik dan asyik, kota Jogja tidak akan membuat liburan anda terasa hampa. Akan ada banyak sekali objek wisata menarik yang bisa anda kunjungi mulai dari keraton, taman sari, malioboro, beragam monument, museum dan juga ada banyak sekali desa wisata.

Jika anda mengiginkan liburan yang penuh dengan ketenangan di tempat yang masih alami, memilih  desa wisata sebagai pilihan liburan bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Salah satu desa wisata yang bisa anda pilih adalah Desa wisata Pucung.desa wisata yang satu ini sangat menarik karena menawarkan pemandangan alam yang masih sangat alami. Pengunjung bisa menikmati suasana khas pedesaan di desa wisata yang satu ini.



Desa wisata Pucung merupakan desa wisata yang dikenal sebagai desa para pengrajin wayang kulit. Wayang kulit adalah produk kerajinan khas dari Indonesia yang bahkan sudah banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Desa pucung menjadi sentra pembuatan wayang kulit dengan kualitas yang sangat baik. Sebagian besar masyarakat di desa wisata ini memang berprofesi sebagai pengrajin wayang kulit. Keahlian membuat kerajinan ini memang sudah dimiliki warga Desa wisata Pucung sejak lama. Sejak tahun 1930 masyarakat di desa wisata ini sudah membuat kerajinan wayang kulit sehingga hingga saat ini keahliannya semakin baik dari generasi ke generasi.

Hingga saat ini, ada sekitar 250 pengrajin wayang kulit yang masih aktif membuat kerajinan. Bagi anda yang cinta akan seni wayang kuli tentu akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan ketika berkunjung ke desa wisata ini. Anda bisa melihat proses pembuatan wayang kulit secara langsung dan bahkan bisa juga ikut serta belajar membuat wayang kulit dari masyarakat di Desa wisata Pucung tersebut. Proses pembuatan wayang kulit bisa dikatakan cukup rumit. Tidak semua orang bisa membuat detail wayang yang sempurna. Namun di tangan para pengrajin di desa wisata ini, kulit yang polos bisa diubah menjadi wayang yang sangat indah dan dapat digunakan untuk pertunjukan dan bahkan juga sebagai hiasan.


Showroom wayang kulit
Pengunjung yang datang ke desa wisata ini bisa melihat banyak wayang kulit hasil karya dari para pengrajin di sebuah bangunan yang menjadi showroom wayang kulit. Pemkab bantul membangun showroom ini sebagai tempat pameran dan juga untuk memajang wayang yang sudah siap untuk dijual. Anda dapat melihat banyak sekali karakter wayang terpajang di dalam sebuah banguan yang menjadi showroom dari Desa wisata Pucung ini.

Generasi di desa wisata ini makin hari makin berkurang minatnya untuk membuat kerajinan wayang kulit. Para pemuda banyak yang lebih memilih untuk bekerja ke liar kota atau bekerja di pabrik. Namun masih ada beberapa pemuda yang memiliki misi untuk terus mengembangkan desa agar tetap menjadi desa wisata wayang kulit yang bisa dikenal oleh banyak orang.  Di sana terdapat paguyupan pemuda yang tetap aktif berdiskusi dan berusaha membangun desa agar semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan.



Jika anda berkunjung ke desa wisata ini, nantinya bukan hanya bisa melihat proses pembuatan wayang kulit saja namun jika membeli paket wisata dari Desa wisata Pucung aka nada beberapa kegiatan menarik lain. Beberapa kegiatan lain yang bisa diikuti antara lain seperti kelas filososfi wayang kulit, kelas memahat, kelas mewarnai, telusur kampung wayang, mengikuti pertunjukan wayang, belajar memainkan gamelan, melakukan trekking, ,meracik wedang uwuh, membuat uba rampe jamur menginap di Homestay dan lain sebagainya.

Desa wisata Pucung sudah menyediakan homestay yang nyaman bagi para pengunjung yangdatang. Selain iut juga terdapat area outbond yang tentu saja bisa menjadikan masa liburan anda terasa semakin menyenangkan. Banyak wisatawan atau pengunjung yang datang ke Desa wisata Pucung berasal dari kalangan pelajar, kelompok bermain, mahasisawa dan lain sebagainya.  Banyak juga yang mengunjungi desa wisata ini bukan hanya untuk satu hari namun untuk beberapa hari. Homestay yang disediakan cukup banyak sehingga mampu menampung banyak wisatawan yang datang berombongan. Ketika akan pulang wisatawan juga bisa membeli hasil kerajinan kulit lain. Sebenarnya bukan hanya wayang kulit saja namun ada banyak kerajinan kulit lain yang bisa dibeli seperti kipas,sekat buku dan lain sebagainya.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA