Menjelajahi indahnya Desa Wisata Tunggul Arum di lereng Merapi Sleman Jogja Yogyakarta



Liburan yang seru menjadi sesuatu yang bisa dilakukan apabila hari libur telah tiba. Di Yogyakarta ada banyak sekali tempat menarik yang cocok untuk dikunjungi di hari libur anda. biasanya para wisatawan yang datang ke jogja akan langsung menentukan tujuannya di keraton dan malioboro serta skeitarnya namun sebenarnya ada banyak objek wisata menarik lain yang tersebar di wilayah Yogyakarta. Seperti yang telah diketahui, Yogyakarta terdiri dari beberapa kabupaten seperti gunung Kidul, Kulon progo, bantul, Selman, dan Yogyakarta sendiri. di setiap kabupaten tersebut terdapat objekw isata menarik yang menjadikan setiap kabupaten tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalahy Desa wisata tunggul Arum. Desa wisata menjadi objek wisata yang menarik karena pengunjung yang datang bukan hanya bisa menikmati keindahan lokasinya saja namun juga bisa belajar banyak hal dari desa wisata tersebut. setiap desa wisata tentunya menawarkan kunikan dan keistimewaannya tersendiri. Desa wisata tunggul Arum inimerupakan desa wisata yang menjadi tempat konserfasi berbagai macam flora dan fauna.

Lokasi wisata
Desa wisata iniberada di kawasan lereng barat dari gunung Merapi, tepatnya terletak di Padukuhan Tunggul Arum, Desa Wonokerto Kecamatan Turi, Sleman. Pengunjung yang datang tentu saja akan merasakan suasana alam desa yang begitu sejuk dan ala mi karena berada di lereng gunung. Selain itu pemandangan alam yang disuguhkan di Desa wisata tunggul Arum ini juga tidak akan membuat anda merasa kecewa. Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang terlihat gagah dari jarak yang cukup dekat.




Pemandangan yang indah di Desa wisata tunggul Arum ini menjadi daya tarik yang sangat luar biasa. di hari libur banyak pengunjung yang datang untuk melakukan berbagai kegiatan seru di desa wisata tersebut. bukan hanya bisa melihat pemandangan alam yang mempesona saja disana namun juga bisa melakukan banyak kegiatan lain di Desa wisata tunggul Arum tersebut.

Di Desa wisata tunggul Arum terdapat hutan yang menjadi tempat untuk konserbasi berbagai macam tumbuhan dan juga hewan. Disana biasanya dilakukan ritual yang banyak menarik wisatawan. Ritual yang dilakukan memang sangat menarik sehingga banyak wisatawan yang mengikuti acara ritual tersebut. kegiatan semacam ini dilakukan di beberapa tempat yang sacral di daerah lereng seperti di gua Semar, Sendang pancuran, Kedung cuwo, pring wali, dan juga Batu tunggang. Upacara atau ritual yang dilakukan ini biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu. Di bulan sapar juga sering dilakukan upacara Mertibumi yang dilakkan di petilasan kapten Haryati. Jika anda ingin melihat acara semacam ini maka sebaiknya datang di bulan sapar atau menghubungi pengelola untuk mengetahui secara pasti tanggal dan waktunya.

Merti bumi yang dilakukan di desa ini merupakan acara kirab keris dan juga kenduri. Selain itu juga ada tumpeng dan juga dawet cuwo. Wisatawan yang datang bisa engikuti secara langsung kegiatan adat ini dan nantinya juga bisa menikmati tumpengan serta dawet yang diarak. Momen seperti ini juga bisa menjadi tempat yang menarik untuk berfoto. Anda bisa berfoto diantara kirap dengan background tumpeng dan juga banyak pernik yang dibawa oleh masyarakat. Kegiatan adat seperti ini memang tidak diadakan setiap hari sehingga pengunjung perlu untuk mengetahui tanggal dan waktunya apabila ingin melihat secara langsung.




Desa wisata tunggul Arum berada pada ketinggian sekitar 800meter diatas permukanan laut. A karena lkasinya cukup tinggi maka desa ini sangat cocok untuk ditanami berbagai macam tanaman. Pengunjung atau wisatawan yang datang kesini bisa menemukan banyak sekali perkebunan salak pondoh. Anda yang berkunjung kesana bisa membeli salak pondoh yang manis langsung dari para petaninya. Bahkan anda juga bisa ikut serta dalam kegiatan petani salak seperti memanen dan juga proses penyerbukan bunga salak.

Hal menarik lainnya yang daitawarkan oleh Desa wisata tunggul Arum ini adalah ada beberapa objek yang akan membuat liburan anda semakin berkesan. Di objek wisata ini terdapat tempat yang menarik seperti watu tunggang, watu growing, taman anggrek, goa semar, sendang pancuran, sungai krasak, dan lain sebagainya. Jadi anda tidka akan cepat bosan untuk menjelajahi desa wisata yang satu ini. berlibur di desa wisata ini bukan hanya membuat anda merasakan liburan yang menyenangkan saja namun juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai flora dan fauna yang ada di desa wisata tersebut.

Fasilitas yang tersedia di desa wisata ini juga cukup lengkap. Pengunjung bisa datang kesini untuk melakukan berbagai kegiatan seperti outbond, melakukan pertemuan dan lain sebagainya. Jika ingin melakukan pertemuan, di Desa wisata tunggul Arum ini sudah terdapat sebuah aula atau gedung pertemuan dengan atap joglo yang cantik. aula ini juga snagat nyaman karena terletak di tempat yang sangat asri dan memiliki udara yang masih sangat segar.t\  +
Jika anda datang diwaktu yang tepat, di desa wisata ini juga sering diadakan pertunjukan kesenian tradisional seperti kubro siswo. Selain itu desa wisata ini juga semakin menarik dengan adanya sebuah monument Tunggularum berbentuk tugu bambu runcing di atas pondasi segi empat dengan dasar berbentuk bintang. Pada bagian dinding terdapat relief senjata dan topi tentara yang menghiasi.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA