Menu Sarapan Delicate nan Sederhana Ala Jogja, Soto!


Salah satu menu sarapan favorit di Jogja adalah soto. Mungkin bagi sebagian orang, menyantap soto untuk sarapan terasa sedikit aneh. Namun bagi warga Jogja dan sekitarnya, sarapan dengan menu berkuah satu ini sudah menjadi kebiasaan yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah warung soto di Jogja yang dimana sebagian besar dari warung-warung tersebut hanya buka di pagi hari hingga menjelang siang. Warung-warung ini pun seakan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Jika Jakarta memiliki soto Betawi yang kental, Jawa Timur memiliki soto lamongan yang dilengkapi koya dan soto madura yang penuh daging, maka Jogja memiliki jenis soto sendiri. Soto di Jogja memiliki kuah yang bening serta rasa yang delicate atau sederhana. Kuah soto sendiri terbuat dari kaldu yang diberi bumbu. Cara penyajiannya ialah nasi hangat, diberi suwiran daging ayam atau potongan daging sapi, diberi taoge dan cacahan kubis, lalu disiram dengan kuah kaldu. Anda bisa memesan nasi terpisah jika anda lebih menyukai varian ini.



Makan soto tidak akan puas tanpa menikmati side dish-nya. Ada berbagai macam menu sampingan seperti tempe yang digoreng tipis dengan tepung, sate telur puyuh, sate jeroan ayam, atau tahu bakso. Anda juga bisa menikmati soto dengan es the atau es jeruk untuk mendapatkan kesegaran yang hakiki.

Berbicara tentang warung soto yang paling enak di Jogja, akan sulit bagi Jogja Wisata untuk memilihnya. Hal ini karena saking banyaknya warung soto yang enak. Tiap warung juga memiliki ciri khas masing-masing. Namun Jogja Wisata akan merekomendasikan beberapa warung. Pembaca bisa mampir ke warung soto Pak Nanto di sekitaran UGM jika ingin menikmati soto dengan harga ramah di kantong, atau jika anda kebetulan sedang berada di daerah lempuyangan, anda bisa mampir ke soto Pak Breng. Jika pembaca merupakan penggemar daging sapi, silahkan mampir ke warung Soto Pak Fa’I di Jalan Magelang. Ulasan selengkapnya tentang tiap warung di atas akan Jogja Wisata bahas di artikel selanjutnya. Nantikan terus ya!
  
Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA