Berburu Jajanan Pasar di Jalanan Kota Jogja Yogyakarta


Jogja adalah kota dengan mayoritas penduduknya merupakan suku Jawa. Sama seperti daerah lainnya, Jogja juga memiliki beragam jajanan pasar yang menarik untuk dicicipi. Olahan jajanan ini kebanyakan merupakan jajanan tradisional khas suku Jawa. Sungguh cocok sebagai teman mengobrol di kala santai, atau sekedar sebagai pengganjal perut di kala lapar.

Di pagi hari, anda bisa berburu jajanan tradisional ini di pasar tradisional atau di kios-kios pinggir jalan. Di Jalan Kaliurang km 5 misalnya. Anda bisa menemukan sentra penjual jajanan basah di dekat jalan raya. Letaknya berseberangan dengan klinik kecantikan dan terlihat jelas dari jalan raya. Jajanan yang dijual disini memiliki harga mulai dari Rp 1000 hingga Rp 10.000 rupiah tergantung jenisnya. Kios ini hanya buka di pagi hari, mulai dari pukul setengah enam hingga pukul setengah sepuluh pagi. Untuk mendapatkan pilihan makanan yang lengkap, Anda perlu kemari lebih awal dari pelanggan yang lainnya agar tidak kehabisan.



Pusat penjual jajanan basah lainnya di Jogja terdapat di Jalan Magelang km 2. Sama seperti kios sebelumnya, kios-kios di Jalan Magelang ini berada di pinggir jalan dan terlihat jelas dari jalan raya. Kisaran harganya juga hamper sama dengan kios sebelumnya. Namun kios di sini memiliki lebih banyak penjual sehingga pilihannya semakin banyak.

Jika anda pergi berburu jajanan pasar tersebut di pagi hari, cobalah untuk membeli arem-arem. Makanan berbungkus daun pisang ini harganya hanya berkisar dari seribu hingga tiga ribu rupiah. Terdiri dari nasi yang diolah seperti lontong yang berisi tempe atau daging ayam. Atau anda juga bisa mencicipi tahu bakso. Gorengan yang terdiri dari tahu goreng yang berisikan olahan daging ayam dan tepung kanji, yang kemudian digoreng berbalutkan tepung. Harganya hanya berkisar tiga ribu rupiah saja. Recommended!

Mencicipi jajanan sebuah hingga beberapa buah di pagi hari akan dengan mudah menghalau lapar anda. Dapat pula anda jadikan sebagai pengganti sarapan atau sekedar teman jalan-jalan. Jadi, sudah ada rencana beli jajanan?

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA