Tubing Anak Cageran: Wisata Seru, Aman, dan Murah


Dunia anak memang sangat seru dan mengasyikkan. Usia mereka memang sedang dalam masa pertumbuhan baik fisik maupun psikologi. Para orang tua harus selalu memperhatikan perkembangan pada diri mereka.
Pertumbuhan anak yang positif bisa dikembangkan melalui berbagai macam aktivitas. Salah satunya dengan berinteraksi dengan alam sekitar. Ada banyak aktivitas menarik yang bersinggungan dengan alam.
Kegiatan wisata yang dekat dengan alam menjadi salah satu kegiatan yang baik untuk pertumbuhan anak-anak. Sudah banyak wisata seru yang cocok untuk anak-anak. Salah satunya adalah tubing air.
Tubing air biasanya disukai oleh anak-anak. Dengan memanfaatkan aliran sungai, anak-anak akan menyusuri sungai menggunakan ban atau tubing. Kegiatan ini merupakan tantangan yang seru bagi kebanyakan anak-anak.
Di Jogja sendiri ada beberapa tempat wisata tubing, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Wisata tubing di Jogja yang cukup bagus untuk usia anak-anak adalah Tubing Anak Cageran.
Lokasi Tubing Anak Cageran
Tubing Anak Cageran terletak di Dusun Cageran, Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Dari pusat Kota Jogja, lokasi tubing anak tidak terlalu jauh. Perjalanan memakan waktu kira-kira 30 sampai 40 menit saja.
Awal Mula Tubing Anak Cageran
Tubing anak Cageran dibuka sejak September 2018. Tubing Anak Cageran merupakan hasil pemikiran yang kreatif oleh pemuda-pemuda desa setempat. Para pemuda awalnya ingin mengembangkan potensi yang dimiliki oleh desa mereka. Namun, sedari awal mereka sudah menyadari bahwa desa mereka hanya memiliki potensi yang sedikit untuk dikembangkan.
Keterbatasan kadang membuat orang-orang bisa berpikir lebih kreatif. Itulah yang terjadi pada para pemuda dusun Cageran, Desa Tamanmartani. Kreativitas yang mereka aplikasikan yaitu menggunakan saluran irigasi yang melintasi desa menjadi tempat wisata andalan.
Tanpa mengalih fungsikan saluran irigasi tersebut, para pemuda dibantu dengan masyarakat sekitar menyulap saluran irigasi menjadi sebuah wisata tubing yang sangat seru dan menarik.
Wisata yang Aman dan Murah
Wisata tubing anak di dusun Cageran ini sudah didesain sedemikian rupa agar nyaman dan aman digunakan oleh anak-anak. Kegiatan tubing di dusun Cageran sangat menyenangkan bagi anak-anak. Anak-anak bisa menyusuri aliran air sambil menaiki ban karet yang disediakan oleh pengelola wisata tubing.
Tempat wisata tubing ini memang sangat disarankan bagi anak-anak yang ingin merasakan serunya bermain tubing air. Setiap anak yang ingin bermain tubing akan dikenakan dengan biaya yang sangat terjangkau, Rp. 5.000 saja. Jumlah biaya tersebut sudah termasuk untuk sewa ban dan helm. Untuk warga setempat, setiap anak dikenakan biaya Rp. 3.000

Tubing Anak Cageran Tak Pernah Sepi Pengunjung
Destinasi wisata yang masih tergolong baru di Jogja ini sangat ramai dikunjungi. Apalagi pada hari Sabtu dan Minggu, banyak anak-anak serta orang tua yang datang ke tubing anak Cageran. Memang, sejak dibuka pada tahun 2018 tempat ini selalu ramai oleh anak-anak yang menghabiskan waktu akhir pekan atau liburan.
Di hari biasa pengunjung mencapai 50 sampai 80 orang, belum termasuk para orang tua yang mengantar anak-anaknya. Pada akhir pekan, sabtu dan minggu, pengunjung bahkan bisa menyentuh angka 100-200 orang.
Jam operasional pada hari biasa hanya di waktu sore saja. Sedangkan di hari libur dan akhir pekan, dari pagi sudah mulai beroperasi.
Persiapan Sebelum Melakukan Tubing
Setiap pengunjung yang mayoritas memang anak-anak akan menyusuri sungai dengan ban sejauh 100 meter. Bukan jarak yang pendek bagi seumuran mereka. Sebelum melakukan kegiatan tubing ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh anak-anak.
l  Persiapan fisik
Persiapan fisik meliputi bagaimana kondisi badan anak. Pastikan kondisi badan anak dalam keadaan fit dan sehat. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum ikut tubing.
l  Persiapan Pakaian
Para orang tua harus memperhatikan pakaian yang akan di pakai si anak ketika hendak melakukan tubing. Sebaiknya pakailah pakaian yang ringan saat terkena air. Hindari memakai pakaian berbahan jeans. Untuk menghindari tergores atau semacamnya, pakailah kaos dan celana yang panjang.
l  Selalu Pakai Helm
Helm harus selalu dipakai ketika melakukan wisata  di tubing. Karena Helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan. 


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata
GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA