Kuliner Legendaris di Kulon Progo, Sate Kambing Mbah Margo Sejak tahun 1965


Selain wisata budaya dan alamnya yang sangat mengesankan, Jogja juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner. Aneka kuliner mulai dari bakpia, sate, hingga gudeg sangat mudah dijumpai di Jogja. Setiap jenis kuliner memiliki rasa yang spesial.

Salah satu kuliner yang sudah melegenda di Yogyakarta, di Kulon Progo pada khususnya, yaitu Warung Sate Kambing Mbah Margo. Kuliner kambing Mbah Marga menawarkan menu olahan daging kambing; sate dan tengkleng.

Melegenda Sejak Tahun 1965

Sate Mbah Margo begitu terkenal di Kulon Progo dan sekitarnya. Tak jarang, konsumen dari luar daerah pergi ke Kulon Progo hanya untuk mampir kulineran di Warung Mbah Margo. Tak heran banyak yang suka dengan olahan daging kambing Mbah Margo. Sudah sejak tahun 1965 kuliner sate Mbah Margo dirintis.

Sekarang warung sate ini dikelola oleh anak dan cucunya. Dengan bumbu-bumbu khas yang turun temurun hingga tiga generasi, kuliner kambing Mbah Margo tetap menjadi magnet bagi penyuka petualang wisata kuliner.

Di warung makan sederhana ini, terkadang Mbah Margo dengan pakaian Jawanya duduk sambil melihat pembeli yang datang. Karena umurnya yang sudah tua, Mbah Margo sudah tidak membantu di dapur. Sudah ada anak dan cucunya serta beberapa karyawan yang mengurusi bagian dapur. Namun cita rasa kuliner sate dan tengkleng kambing tetap sama dengan racikan Mbah Margo sejak beliau merintis usaha kuliner tersebut pada tahun 1965.

Sate Kambingnya Empuk

Di sini, sate kambing sewaktu dibakar ditusuk menggunakan jeruji besi. Karena ditusuk menggunakan jeruji besi inilah, daging kambing matang sampai bagian dalam. Sate kambing dibentuk seperti potongan dadu. Saat sudah selesai dibakar, sate disajikan tanpa menggunakan jeruji besi. Sate daging kambing yang dijadikan bumbunya meresap dan teksturnya dagingnya empuk karena matang luar dalam.


Seporsi sate daging kambing disajikan dengan ditambahi bumbu-bumbu dan penyedap seperti, kecap, irisan tomat, irisan bawang merah, irisan kubis dan cabai. Potongan sate yang dibuat seperti dadu sangat pas di mulut ketika dilahap. Disajikan dengan nasi pulen yang asapnya masih mengepul membuat orang-orang sangat menikmati sate kambing Mbah Margo yang legendaris ini.

Menu Andalan: Tengkleng Kambing

Warung Mbah Margo tak hanya menawarkan menu sate, ada banyak lainnya seperti tengkleng, tongseng, gule, dan lain sebagainya. Masakan tengkleng menjadi salah satu menu favorit pembeli. Menu tengkleng dihidangkan dengan kuah kental yang gurih. Daging kambingnya empuk dan terasa bumbunya. Siapapun pasti akan ketagihan dengan tengkleng Mbah Margo ini. Sangat pas apabila menjadi menu makan siang anda.

Warung Mbah Margo sangat sederhana tetapi selalu ramai setiap saat. Warung makan ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Untuk menu tengkleng yang jadi andalan kadang sudah habis duluan ketika waktu makan siang tiba. Jika anda ingin menyantap menu tengkleng yang gurih dengan daging kambingnya yang lembut, lebih baik datang sebelum jam makan siang.

Harga Menu Kambing Mulai dari Rp. 25.000

Warung Kuliner kambing Mbah Margo sudah berdiri sejak tahun 1965. Soal cita rasa menu kambingnya sudah sangat berpengalaman. Racikan bumbu sudah turun temurun dan sudah terjamin kemantapannya.

Bagi yang sudah pernah jajan ke sini pasti tahu betapa terjangkaunya harga menu yang legendaris ini. Dengan harga mulai dari Rp. 25.000 anda sudah bisa merasakan warisan kuliner yang luar biasanya cita rasanya. Berbagai macam kuliner olahan daging kambing siap menemani anda. Menu-menu tersebut adalah sate, tengkleng, tongseng, gulai, dll.

Lokasi Warung Makan Mbah Margo

Warung Mbah Margo berlokasi di Desa kembang, Kecamatan nanggulan, Kabupaten kulon Progo. Dari Kota Jogja bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Untuk menuju ke lokasi apabila dari Kota Jogja, pertama anda harus menuju Jalan Godean. Susuri terus jalan godean kearah barat hingga melewati jembatan kali Progo. Selanjutnya anda akan sampai di perempatan Kenteng, Nanggulan. Ambil jalan ke arah kanan. Tidak lama lagi akan sampai di Warung Mbah Margo. Letaknya ada di sebelah kanan jalan kalau dari arah perempatan Kenteng. 


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA