Taman Tino Sidin atau Museum Tino Sidin, sebuah museum di Jogja Yogyakarta untuk mengenang sang legenda Melukis & Menggambar



Bagi para pecinta seni rupa seperti lukisan, mengunjungi sebuah miseum atau galeri yang memajang banyak karya seni menarik adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Di Yogyakarta ada beberapa museum atau taman yang memang memiliki tema seni rupa. Jika anda berada di Pusat kota jogja maka anda bisa berkunjung di museum affandi, dan di tempat lain terdapat sebuat museum dan jug ataman yangh bernama Taman tino sidin. Taman ini bukan taman biasa karena ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan oleh pengunjung. Anda bisa melihat-lihat banyak koleksi menarik yang tentunya memiliki cirri khas tersendiri karena biasnaya karya seni sangat menyesuaikan karakter dari pentiptanya.

Taman tino sidin ini menjadi salah satu peninggalan dari seorang seniman yang bernama Pak Tino Sidin. Beliau adalah juru gambar yang sangat profesional dan pernah snagat terkenal pada tahun 80 an. Dahulu Pak Tino ini memandu sebuah acara gemar menggambar di stasiun TV TVRI. Beliau memiliki bakat menggambar yang luar biasa sehingga banyak menjadi inspirasi bagi siapa saja yang juga memiliki hobi gambar dan melukis. Meksipun beliau sudah tidak ada, karyanya masih sangat banyak tersimpan di museum dan juga Taman tino sidin. Anda yang dulunya penggemar dari Pak Tino sebaiknya berkunjung ke Taman tino sidin dan melihat-lihat begitu banyaknya koleksi yang masih tersimpan rapid an terawatt dengan sangat baik.

Taman dan musem Tino sidin ini dibangun dan dibuka oleh Prof. Mohammad Nuh (Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI) pada 4 Oktober 2014. Museum ini dibangun untuk engenang sepak terjang seorang seniman legendaries tersebut. bangunan museum kini berada di Rumah Pak Tino yang sudah ada sejak lama namun kini memang sudah dialih fungsikan menjadi sbuah museum yang sangat menarik.


Alamat
Jika anda ingin melihat langsung banyaknya hasil karya seni langsung di Taman tino sidin atau museum ini maka anda bisa datang langsung ke alamat Jalan Tino Sidin 297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Lokasi ini tidka jauh dari pusat kota Yogyakarta. Anda hanya akan membutuhkan waktu kurang dari 1 jam dari pusat kota untuk sampai ke taman atau museum tersebut.

Konsep dari bangunan museum ini masih berupa rumah asli pak Tino Sidin. Hanya saja telah ditambahkan beberapa ruangan sebagai tempat untuk memajang banyak karya seni yang telah diciptakan oleh Pak Tino Sidin. Di dalam museum anda bisa melihat banyak sekali koleksi mulai dari topi baretnya yang sangat khas, kacamata, kuas, cat, karya lukis, sketsa, buku, memorabilia, dan juga bahkan arsip pribadi.

Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan dan melihat-lihat berbagai macam koleksi lain seperti foto-foto, kliping, surat, sertifikat pengahrgaan dan banyak karya lukisan yang sangat penuh dengan kenangan. Di dalam museum ini memang banyak dipajang berbagai macam koleksi lama yang menjadi sebuah kebanggan pada masanya. Anda yang merupakan penggemar dna pecinta karya seni semacam ini bisa mendapatkan inspirasi baru untuk karya anda yang selanjutnya.



Mjika anda ingin datang ke museum atau Taman tino sidin ini maka anda sebaiknya datang pada jam mulai dari 09.00 pagi hingga 16.00. bagi yang datang dengan rombongan sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu dengan pengelola. Perlu anda ketahui juga, pengunjung yang datang tidak akan dikenakan biaya atau tket masuk. Hanya saja setiap pengunjung wajib untuk mengisi buku tamu yang disediakan disana.

Ketika memasuki museum atau Taman tino sidin ini maka anda bisa menjelajahi ruangan dan melihat banyak koleksi menarik yang memanjakan mata. Ada banyak fasilitas yang tersedia di Taman tino sidin beberapa diantaranya adalah seperti Galeri lukisan karya Pak Tino Sidin, Galeri lukisan karya anak-anak pemenang lomba, Ruang memorabilia, Koleksi peninggalan barang-barang kesayangan Pak Tino Sidin, Ruang pelatihan, Sanggar menggambar, Ruang diskusi, Perpustakaan, Ruang audio visual dan lain sebagainya. Jadi apabila ingin datang kesana maka anda bisa langsung ke alamat yang telah disebutkan. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi liburan anda. selamat berlibur.

Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA