Desa Wisata Sendari, Berwisata Sambil Melihat Produk Kerajinan Bambu Terbaik



Di Kabupaten Sleman, Yogyakarta terdapat salah satu desa wisata yang yang memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik tersebut tentu berbeda dengan desa wisata lainnya. Nama desa wisata ini adalah Desa Wisata Sendari.
Sebagai salah satu destinasi wisata di Jogja, desa wisata Sendari memiliki berbagai potensi wisata unggulan. Salah satu potensi wisata yang ditawarkan yaitu kerajinan bambu. Desa Wisata Sendari memang terkenal dengan kerajinan bambunya.
Tak hanya kerajinan bambunya yang menarik wisatawan, tetapi juga keunikan kebudayaan dan tradisi masyarakat sekitar. Wisatawan bisa belajar menganai budaya masyarakat setempat dan merasakan suasana alam pedesaan.
Desa Wisata Sendari bisa menjadi alternatif tujuan wisata anda. Saat anda sudah biasa pergi berwisata ke pantai, pegunungan, dsb. Banyak hal yang bisa anda dapatkan di desa ini; pengalaman baru dan pelajaran mengenai budaya masyarakat. Desa wisata memang mengusung konsep wisata edukasi. Anda tidak akan kecewa ketika sudah berkunjung ke desa Sendari.
Lokasi dan Rute
Mengenai lokasi Desa Wisata Sendari, objek wisata ini tak begitu jauh dari pusat Kota Jogja. Desa wisata ini terletak di Jalan Cebongan No.15, Sendon, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.
Untuk menuju ke sana dari Kota Jogja sangat mudah. Pertama anda harus menuju ke Jalan Godean. Setelah melewati ring road jalan godean ke arah barat, nanti akan menemui perempatan Bantulan. Setelah  itu ke barat sedikit kira 100 meter, ada papan penunjuk ke lokasi. Ambil ke arah kanan atau utara, ikuti terus jalan ke utara. Nanti anda akan sampai ke Desa Wisata Sendari.
Perjalanan dari kota jogja memakan waktu sekitar 15 menit dengan jarak kurang lebih 13 km. Kondisi jalan sangat baaik bisa dilalui oleh kendaran roda dua atau empat.

Sejarah Desa Wisata Sendari
Sudah dari dulu desa wisata sendari menjadi pusat kerajinan bambu khususnya di wilayah Sleman. Memang di daerah tersebut banyak tumbuhan bambu. Oleh sebab itu kerajinan bambu sudah ada secara turun temurun.
Kerajinan bambu dari daerah ini macam-macam, seperti kursi, tempat tidur, dan meja. Produk kerajinan bambu desa wisata Sendari memiliki kualitas yang sangat tinggi. Terbukti dari produk-produknya yang sudah di ekspor ke mancanegara.
Potensi wisata yang Ditawarkan
Setiap desa wisata menawarkan potensi wisata yang menarik wisatawan datang berkunjung. Begitu pula dengan Desa Wisata Sendari. Desa wisata ini memiliki potensi-potensi wisata yang menarik. Sebelum anda datang mengunjungi, wajib tahu lebih dulu apa saja potensi wisata yang ditawarkan. Berikut adalah pemaparannya:
1. Suasana Alam
Anda akan merasakan suasana alam yang sejuk seperti kehidupan alam pedesaan pada umumnya. Ditambah dengan kerajinan bambunya yang bagus-bagus. Membuat setiap oranng betah berlama-lama di sini.
2. Tradisi Budaya yang Unik
Budaya serta adat istiadat masyarakat desa Sendari juga bisa menjadi pengetahuan baru bagi anda. Ada beberapa adat istiadat dari masyarakat desa ini yang masih dilestarikan, misalnya pernikahan, kelahiran, dan acara selamatan bagi orang yang meninggal. Di Desa wisata Sendari juga masih ada budaya dan tradisi sholawatan, tahlilan, ruwahan, kenduri, dan lain sebagainya.

3. Kesenian
Pengunjung bisa menikmati kesenian asli Yogyakarta dengan melihatnya di Desa Wisata Sendari. Yogyakarta memiliki banyak sekali keistimewaan, terutama dari bidang seni budayanya. Saat mengunjungi Desa Sendari, pengunjung akan disuguhi berbagai kesenian dan budaya yang masih dilestarikan oleh penduduk setempat. 
4. Produk Kerajinan Bambu
Apabila sedang mengunjungi Desa Wisata Sendari jangan lupa untuk membeli produk-produk kerajinan bambu yang sangat cantik dan berkualitas. Terdapat beberapa art room yang memang khusus untuk menjual produk kerajinan bambu. Pengunjung bisa melihat hasil kerajinan, mulai dari kursi, meja, tempat tidur, tempat lampu, dan aksesoris rumah lainnya.
Rumah akan terlihat lebih artistik dan bergaya modern dengan diberi aksesoris kerajinan bambu. Kualitas sudah bagus, dan dijamin awet dipakai bertahun-tahun. Prosuknya sudah mencapai pasaran Eropa, Amerika, dan Asia.
5. Bangunan
Anda akan menjumpai bangunan berbentuk limas. Bangunan ini menjadi ciri khas di Desa Wisata Sendari. Banyak pengunjung yang berfoto di depan bangunan limas ini. Rumah limas memberi kesan bahwa desa ini masih sangat kental dengan adat istiadat dan budaya jawa. 
Instagram : @jogjapediaapp

                    @yogyakartawisata

GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA