Belajar Proses Pembuatan Kerajinan Bambu di Desa Wisata Brajan Minggir



Perjalanan berlibur di Yogyakarta bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Hal inj dikarenakan ada banyak sekali objek wisata menarik yang bisa dikunjungi ketika anda berada di kota pelajar yang satu ini. Bukan hanya terkenal akan objek wisata sejarahnya saja, jogja juga dikenal sebagai kota dengan banyak desa wisata menarik. Anda jika sedang mengunjungi jogja sebaiknya jangan hanya mengunjungi malioboro dan keraton saja. Namun sempatkan juga untuk mengunjungi salah satu desa wisata yang ada disana.

Desa wisata yang ada di jogja memang sangat banya. Di setiap desa wisata yang ada pengunjung bisa menemukan ciri khas yang berbeda. Salah satu objek wisata yang cukup menarik dan banyak menjadi tujuan wisata baik oleh wisatawan lokal atau luar daerah adalah desa wisata brajan.


Desa wisata yang satu ini bisa menjadi objek wisata yang tepat untuk anda yang memang sedang merencanakan liburan. Tempat ini cocok dikunjungi dengan teman, keluarga atau dengan grub anda. Nantinya, di desa wisata ini anda akan menemukan banyak hal menarik dan dapat melakukan banyak kegiatan menyenangkan.


Di desa wisata Brajan ini pengunjung bisa melihat proses dari pembuatan kerajinan dari bambu. Meskipun desa Brajan merupakan desa kecil, namun kerajinan yang dihasilkan tidak bisa dianggap remeh. Kerajinan bambu di desa ini bukan hanya dipasok di daerah sekitar saja namun sudah menjangkau pasar internasional.




Desa wisata Brajan ini berada di Sendang Arum, Minggir, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.  Asal mula nama desa ini diambil dari nama  Kyai Brojo Setiko. Meskipun Brajan hanayalah sebuah desa kecil, namun masyarakatnya telah memiliki karya yang tidak hanya ada di Indonesia namun telah sampai menembus pasar Internasional. Karya yang khas dari Desa Brajan ini adalah kerajinan bambu.

Masyarakat di desa Brajan ini memang sebagian besar merupakan pembuat kerajinan dari bambu. Ada banyak jenis kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat di desa wisata ini antara lain seperti wakul, besek, pincuk dan lain sebagainya. Hingga saat ini ada sekitar 20 jenis kerajinan bambu yang bisa dibuat oleh masyarakat di desa wisata Brajan.

Hiasan dari bambu
Awalnya masyarakat di desa wisata ini hanya bisa membuat 3 jenis kerajinan saja seperti besek, wakul dan pincuk. Namun saat ini mereka sudah banyak membuat kerajinan yang lebih variatif misalnya saja sepeti hiasan dinding, hiasan gantung, hiasan meja dan lain sebagainya. Pengunjung yang datang ke desa wisata Brajan bisa melihat-lihat langsung proses pembuatan kerajinan bambu dab nantinya juga bisa membeli kerajinan yang disukai untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.




Kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin di desa wisata ini memiliki kualitas yang sangat baik sehingga mampu menjadikan desa wisata semakin berkembang. Hasil kerajinannya juga sudah mampu merambah pasar luar negeri. Jadi para wisatawan tidak akan menyesal jika membeli kerajinan bambu dari desa wisata Brajan.

Di desa wisata ini, pengunjung bukan hanya bisa melihat proses pembuatan kerajinan bambu saja namun juga bisa melihat kesenian tradisional yang ada di desa Brajan. Ada beberapa kerajinan tradisional yang bisa dinikmati oleh para pengunjung seperti kesenian kuntulan, karawitan, solawatan dan juga campur sari. Hal ini membuat desa wisata brajan semakin menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan yang datang berasal dari berbagai wilayah. Pada hari libur, pengunjung yang datang cukup ramai dan banyak dari para pengunjung yang datang secara berombongan.

Desa wisata brajan juga menarik dari segi pemandangan alam dan suasana yang ditawarkan. Pemandangan alam yang ada di desa wisata ini tentu saja akan membuat anda merasa betah berlama lama karena masih sangat sejuk dan alami. Suasana desa yang penuh keramahan juga merupakan daya tarik istimewa. Setiap pengunjung nantinya bisa beinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar dan bisa juga ikut serta dalam proses pembuatan kerajinan dari bahan bambu.

Belibur di desa wisata Brajan tentu mampu memberikan pengalaman liburan yang bukan hanya menyenangkan saja melainkan ada banyak pelajaran baru yang didapatkan terutama mengenai proses pembuatan kerajinan bambu. Jika anda pecinta kerajinan semacam ini maka bisa datang langsung ke Desa Brajan. Selamat berlibur.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366


Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA