Pantai Wohkudu, Pantai yang Berada di Antara Dua Tebing Indah


Pantai Wohkudu merupakan pantai istimewa yang berada di wilayah Gunung Kidul. Keistimewaannya membuat pantai ini selalu dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan daerah dan luar daerah. Bahkan wisatawan mancanegara juga berkunjung ke pantai Wohkudu.
Pantai Wohkudu namanya masih belum setenar pantai lainnya di Gunung Kidul. Pantai-pantai di Gunung Kidul yang lebih dulu dikenal masyarakat antara lain, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, Pantai Krakal dan Pantai Wediombo. Namun, soal keindahan Pantai Wohkudu mempunyai daya pikat sendiri. Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus mengunjungi Pantai Wohkudu.
Ada Apa di Pantai Wohkudu?
1.         Surga Para Pemancing
Pantai Wohkudu tak hanya menyajikan keindahan alamnya. Namun juga menjadi tempat yang tepat untuk memancing ikan laut. Wisatawan yang hobi memancing sudah tak asing dengan Pantai Wohkudu. Spot mancing di Pantai Wohkudu merupakan spot favorit bagi pemancing. Banyak terdapat lobster di spot yang berada bagian timur. Lobster dan ikan hasil pancingan bisa dijadikan santapan dan lauk ketika anda camping di sana.
2.         Tempat Terasyik untuk Camping
Tak hanya menjadi surganya para pemancing, area Pantai Wohkudu juga asyik untuk camping atau kemah. Anda dan kawan-kawan bisa mendirikan tenda dan menyalakan api unggun. Makin asyik apabila sambil bakar ikan laut hasil pancingan. Camping di Pantai Wohkudu seperti di pantai milik sendiri. Sebab pantai ini belum terlalu ramai.
3.         Dekat dengan Wisata Pantai Lainnya
Pantai Wohkudu letaknya cukup strategis. Tak jauh dari pantai ini terdapat dua pantai; pantai Celeng Tibo dan Pantai Kesirat. Apabila pengunjung berlibur di Pantai Wohkudu, bisa sekalian mengunjungi kedua pantai tersebut.
4.         Pantai Berpasir Putih yang Eksotis
Meskipun pengunjung belum terlalu ramai, pantai ini menawarkan keindahan yang mengesankan para pengunjungnya. Pemandangan alamnya yang indah semakin cantik dipadu dengan hamparan pasir putihnya. Pengunjung tidak akan menyesal jika berlibur di pantai ini.
Pantai ini memang tidak terlalu luas. Ada rerumputan hijau yang tumbuh di kawasan pantai ini. Keadaannya masih asri dan bersih, dengan pasir putih membuatnya semakin enak dipandang.

Fasilitas di Pantai Wohkudu      
Pantai Wohkudu terletak di antara dua buah tebing pegunungan. Belum banyak yang mengekspos keberadaan pantai ini. Disebabkan fasilitas dan sarana-prasarana belum sangat lengkap. Di sana belum ada warung makan yang menjual aneka makanan laut. Persewaan pancing saat ini belum ada. Bagi wisatawan yang ingin mancing, disarankan untuk membawa alat pancing sendiri dari rumah.
Meskipun fasilitas yang sudah disebutkan belum ada, sudah ada fasilitas umum yang dibangun. Di Pantai Wohkudu sudah ada fasilitas umum berupa toilet dan mushola.
Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, diharapkan keeksotisan pantai Wohkudu semakin dikenal masyarakat luas. Orang-orang yang sebelumnya belum tahu tentang Pantai Wohkudu akan tahu melalui unggahan foto di media sosial. 
Lokasi dan Rute
Lokasi Pantai Wohkudu berada di Dusun Wiroso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Ciri khas dari pantai ini yaitu diapit oleh dua buah tebing yang menakjubkan. Pantai ini dekat dengan pantai-pantai seperti Pantai Kesirat dan Pantai Celeng Tibo.
Lama perjalanan yang ditempuh dari kota Jogja sekitar 1,5 hingga 2 jam. Untuk sampai ke Pantai Wohkudu, terdapat dua rute yang bisa dilewati wisatawan.
Rute pertama, melalui Jalan Wonosari. Pertama, menuju Jalan Wonosari menuju ke Piyungan lalu Patuk. Sesampai di Lapangan Terbang Gading, ambil arah kanan menuju Pasar Playen. Dilanjutkan menuju Paliyan, lalu Girikarto, dan terakhir sampai Pantai Wohkudu.
Rute kedua melalui Banguntapan. Rutenya, Banguntapan-Imogiri-Siluk-Panggak-Girikarto-Pantai Wohkudu.
Dengan kedua rute tersebut perjalanan anda akan cepat sampai. Setiba di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari area parkir. Lelah anda akan dibayar dengan panorama pantai Wohkudu yang sensasional.
Biaya Tiket Masuk
Biaya masuk ke kawasan Pantai Wohkudu sangat murah, hanya Rp. 3.000 untuk kendaran roda dua, dan Rp. 5,000 untuk kendaraan roda empat. Harga parkir kendaraan pribadi sama dengan biaya masuk ke Pantai. Dengan biaya yang murah tersebut, anda bisa berkeliling ke Pantai sekitar yang dekat, seperti Pantai Kesirat dan Pantai Celeng Tibo. 


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA