Kesunyian Pantai Ngeden Membuat Siapapun Merasa Tenang Saat Mengunjunginya



Pantai Ngeden terletak Desa Krambil Sawit, Saptosari, Gunung Kidul. Letaknya dekat dengan Pantai Butuh. Pantainya sama dengan dengan Pantai Butuh, belum ramai pengunjung. Tapi Pantai Ngeden fasilitasnya lumayan sudah lengkap daripada Pantai Butuh. Pantainya yang sepi sangat cocok untuk pecinta alam ataupun anda yang punya hobi camping dan berpetualang.

Pantai Ngeden jaraknya kurang lebih 28 kilometer dari Kota Wonosari. Nada bisa melalui dua jalur untuk menuju ke Pantai Ngeden. Jalur pertama lewat Kota Wonosari, kemudian lewat Kecamatan Panggang. Jalur kedua melewati Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Rutenya melalui Pantai Parangtritis, kemudian naik ke atas. Sudah banyak penunjuk arah menuju Pantai Ngeden, jadi tidak usah khawatir tersasar.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung tidak akan dikenakan harga tiket masuk, melainkan hanya akan diminta tarif kendaraan saja. Untuk sepeda moto tarif parkir sebesar Rp 2.000,- sedangkan untuk mobil sebesar Rp 4.000,- saja. Sangat terjangkau bukan?

Keistimewaan Pantai Ngeden

Pantai Butuh sudah banyak mendapat perhatian dari pemerintah. Bisa dilihat dari sarana dan prasarana yang sudah lumayan lengkap dan memadai. Berikut adalah beberapa keistimewaan dari Pantai Ngeden

Gazebo dan Gardu Pandang Untuk Pengunjung

Pemerintah daerah mengelola Pantai Ngeden dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang bagus. Yang pertama adalah gazebo. Gazebo berguna untuk tempat singgah pengunjung, baik sebagai tempat untuk berteduh atau bersantai menikmati keindahan dan kesunyian pantai Ngeden. 


Pemandangan yang bisa pengunjung nikmati salah satunya adalah pemandangan dua bukit yang ada di samping kanan dan kiri pantai. Di atas puncak bukit tersebut terdapat gardu pandang. Melalui gardu pandang tersebut anda bisa melihat pemandangan yang membuat anda merasa kagum dengan ciptaan Tuhan.

Untuk mencapai puncak bukit, anda harus mendaki melalui jalan setapak yang sudah dibuat permanen oleh pemerintah daerah setempat. Karena jalannya yang agak licin dan juga terjal, anda harus hati dalam melangkah.

Spot Foto Keren yang Instagramable

Pantai Ngeden sangat cocok sebagai destinasi pantai untuk anak muda, terutama mereka yang suka selfie. Sebab, di Pantai Ngeden terdapat beberapa spot keren dan instagramable. Hamparan pasir putih yang luas membuat pengunjung ingin berfoto dengan latar belakang hamparan pasir putih. Ditambah dengan pemandangan laut biru yang luas membuat foto yang dihasilkan jadi terlihat instagrammable.

Tempat yang Cocok Untuk Memancing

Bagi anda yang hobi mancing bisa sekalian memancing saat mengunjungi Pantai Ngeden. Di Pantai Ngeden terdapat banyak ikan kerapu dan lobster yang mendiami di kawasan terumbu karang. Airnya yang cukup tenang juga menjadikan tempat ini sangat enak buat mancing ikan laut. Biasanya pemancing memilih posisi di tepi laut dan di atas batu karang. Pantai Ngeden memang sangat disarankan untuk dikunjungi terutama bagi anda yang berkeinginan memancing di laut.

Tempat Camping

Sangat mengasyikkan apabila camping di tepi pantai ditemani suara deburan ombak laut selatan. Anda bisa merasakan momen seperti itu dengan camping di Pantai Ngeden. Bila anda berencana camping di pantai ini, bawalah peralatan dan keperluan yang akan digunakan selama camping.

Fasilitas Sudah Lengkap

Fasilitas umum di sana sudah cukup lengkap seperti, toilet, mushola, warung makan, tempat parkir, dan lainnya. Dengan fasilitas yang lengkap, anda dan pengunjung lainnya akan semakin nyaman saat menikmati kesunyian dan kesyahduan Pantai Ngeden.

Fasilitas lain yang ditawarkan adalah penyewaan payung dome. Terdapat payung-payung dome yang khusus disewakan untuk berteduh. Ditambah terdapat gazebo-gazebo yang disediakan untuk tempat berteduh dan bersantai.

Menikmati Indahnya Sunrise dan Sunset Pantai Ngeden

Mengunjungi pantai afdolnya ketika pagi hari atau sore hari. Di kedua waktu tersebut pengunjung mempunyai kesempatan untuk menyaksikan sunrise dan sunset di Pantai Ngeden. Anda pasti akan merasakan kekaguman yang luar biasa. Karena fenomena sunrise dan sunset di Pantai Ngeden sangat indah.

Demikian ulasan mengenai Pantai Ngeden, pantai yang indah  dan menentramkan bagi siapapun yang mengunjunginya. Semoga bisa menjadi alternatif liburan pantai yang mengasyikkan bagi anda.


Instagram : @jogjapediaapp
                    @yogyakartawisata


GLORYDUO TOUR TRAVEL JOGJA YOGYAKARTA
WA 085804579333
WA 081328113366

Download Aplikasi JOGJAPEDIA di Android Google Play Store
Klik JOGJAPEDIA